Wisata Horor di Malang, Sudah Pernah Nyoba?

Hampir setiap tempat menyimpan tempat yang masuk dalam urban legend, termasuk Malang.


tempat wisata horor di Malang

Ilustrasi tempat wisata horor di Malang (Foto : Udi Almog/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Malang adalah salah satu kota yang kaya akan tempat wisata. Datang ke wisata yang sudah terkenal mungkin biasa, tapi apakah kamu berani mengunjungi beberapa tempat angker di kota tersebut?

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Sebenarnya tidak heran jika ada beberapa wisata horor di Malang, karena hampir setiap daerah pasti juga ada tempat-tempat yang masuk urban legend.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi lokasi seram di Malang, aku kasih beberapa rekomendasinya di bawah ini. 

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Wisma Tumapel 

Kalau aku ditanya, tempat mana yang paling angker di Malang, mungkin akan ku jawab Wisma Tumapel.

Penginapan yang sudah lama kosong ini sempat masuk ke salah satu acara misteri di televisi. Pada saat disiarkan pun aku menontonnya di rumah bersama keluarga. 

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Wisma Tumapel dulunya adalah sebuah hotel mewah pada zaman penjajahan. Mungkin bisa juga dikatakan sebagai saksi bisu pergantian kekuasaan dari Belanda, ke Jepang dan Indonesia. Sudah pasti banyak kejadian yang ada di wisma yang satu ini. 

Wisma ini sebelumnya bernama Hotel Splendit dan berdiri semenjak tahun 1928. Pada masa peralihan penjajahan dari Belanda ke Jepang, konon ada pembantaian besar-besaran di sini. Ada juga kabar bahwa hotel ini pernah dibakar habis karena diledakan. 

Cerita-cerita inilah yang membuat nama Wisma Tumapel menjadi angker. Apalagi semenjak tahun 2009, sudah tidak digunakan lagi. Walau sekarang wisma sudah diperbaiki dan lebih bersih, tapi karena masih belum difungsikan tetap saja seram. 

Kata warga sekitar, ketika mengunjungi Wisma Tumapel tidak boleh berteriak, membuat gaduh apalagi berkata kasar.

Apabila aturan ini dilarang, maka bisa jadi terjadi hal-hal mistis seperti diganggu oleh para hantu orang Belanda yang meninggal di sana.

Banyak juga yang mengatakan bahwa ada Noni Belanda yang memiliki wajah rata dan suka muncul di salah satu lorong dalam wisma ini.  

Wisma Erni 

Satu lagi penginapan yang katanya juga angker di Malang, namanya Wisma Erni. Lokasi wisma ini akan selalu kamu lihat jika ingin ke Jalan Lawang. Kalau lewat pasti akan menemukan sebuah bangunan besar dan mewah tapi tidak terawat. 

Rumah ini dibilang angker karena ada satu cerita miris yang tersebar. Katanya, wisma ini dulunya ditinggali Erni dan juga keluarganya.

Tapi, suatu hari Erni beserta keluarganya dibunuh secara sadis. Bahkan seluruh pekerja di tempat ini pun juga ikut tewas. 

Tapi ada juga versi lain dari cerita Wisma Erni ini. Ada yang mengatakan bahwa Erni adalah istri kedua dari seorang pengusaha Tionghoa dan meninggal bunuh diri.

Entah mana yang benar, namun karena bangunan ini tidak pernah difungsikan lagi, sudah pasti angker. 

Tidak ada informasi lebih siapa yang membunuh Keluarga Erni dan seluruh pegawainya. Namun, adanya cerita ini membuat rumah tersebut tidak pernah ditempati lagi.

Mulai dari sinilah banyak warga yang mengatakan sering melihat hantu Erni lalu lalang di sekitar rumah tersebut. 

Kereta di Museum Brawijaya 

Museum Brawijaya menyimpan koleksi senjata, dokumen-dokumen TNI dan barang-barang bersejarah lainnya.

Sebagian besar koleksi yang ada di museum ini memang berhubungan langsung dengan beberapa alat perang yang digunakan untuk melawan penjajah. 

Salah satu peninggalan yang ada di museum ini adalah sebuah gerbong kereta. Konon katanya gerbong ini digunakan pasukan Belanda untuk mengangkut 100 orang pejuang Indonesia.

Jika kamu lihat, gerbong kereta ini sangatlah sempit dan tidak mungkin mampu mengangkut 100 orang. 

Maka tidak heran pada saat itu, separuh dari 100 pejuang tewas mengenaskan. Dari sinilah banyak beredar cerita, kalau sering kali terdengar suara rintihan kesakitan, minta tolong dan tangisan dari gerbong tersebut. Biasanya suara-suara ini akan muncul di tengah malam. 

Hotel Niagara 

Nah, ini juga salah satu lokasi yang terkenal angker di kota Malang. Bahkan beberapa waktu lalu sempat viral.

Bangunan dari hotel ini cukup kental dengan gaya arsitektur Belanda. Hingga saat ini hotel ini juga masih beroperasi dan menerima tamu. 

Ada satu cerita yang beredar tentang hotel yang terletak di kota Lawang, Malang ini. Katanya, pernah terlihat ada yang mengadakan pesta di lantai tiga di hotel tersebut. Tapi, setelah dicek tidak ada satupun yang berada di lantai tersebut. 

Konon, hotel yang sudah berdiri semenjak 100 tahun lalu ini pernah orang yang bunuh diri karena melihat kekasihnya berselingkuh di pesta.

Entah cerita ini benar atau tidak, tapi Hotel Niagara menjadi lokasi yang dibilang angker hingga saat ini. 

Itulah beberapa tempat wisata horor di Malang. Jika dilihat dari beberapa cerita yang beredar, sangat erat kaitannya dengan masa penjajahan dulu.

Mulai dari hantu Belanda dan juga pejuang Indonesia. Jadi, berani gak kamu mendatangi tempat-tempat ini?

Artikel ini diperbarui pada:
Temukan artikel menarik lainnya di topik: wisata kota

Bagikan artikel ini