Wisata Cantik dan Tersembunyi di Bogor: Curug Ngumpet

Ada dua air terjun Curug Ngumpet yang bisa didatangi wisatawan dalam satu kawasan yang sama.


Keindahan Curug Ngumpet

Pesona keindahan Curug Ngumpet.


Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Bogor tidak hanya menjadi kawasan konservasi fauna dan flora saja, tapi juga memiliki wisata alam yang sangat layak untuk dikunjungi.

Salah satu hal menarik yang ditawarkan adalah air terjun yang bersumber dari Gunung Salak, yakni Curug Ngumpet.

Ada dua air terjun Curug Ngumpet yang bisa didatangi wisatawan dalam satu kawasan yang sama, hanya saja lokasi kedua lebih disebut dengan nama Curug Kondang.

Curug Ngumpet memiliki ketinggian 45 meter dan menawarkan kesegaran udara hutan rindang.

Air yang mengalir di air terjun terasa dingin dan segar. Sesuai dengan namanya, lokasi air terjun ini sedikit tersembunyi.

Sehingga para wisatawan yang ingin melihatnya langsung harus berjuang lebih banyak.

Sebelum memutuskan pergi ke objek wisata dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini, sebaiknya Anda simak dulu review Curug Ngumpet Bogor dan keunikan yang dimilikinya berikut.

Pesona Curug Ngumpet

Ada banyak wisata alam favorit di Bogor yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya air terjun.

Objek wisata alam ini cukup sering dijumpai di wilayah tersebut dan kebanyakan berada di kawasan Gunung Salak.

Sebut saja curug Cigamea, Curug Cihurang, Curug Kirana, Curug Pangeran, dan masih banyak lagi curug yang berjajar indah yang dapat dijadikan objek wisata keluarga favorit.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang Curug Ngumpet yang punya pesona tersendiri.

Meskipun belum sepopuler curug-curug lainnya, curug yang juga berada di kawasan Gunung Salak Endah ini dapat disebut sebagai surga tersembunyi di Bogor. 

Curug Ngumpet terdapat di dua lokasi, yang pertama disebut dengan Curug Ngumpet 1, dan satunya disebut juga dengan Curug Kondang.

Ketinggian yang dimilikinya hanya sekitar 45 meter saja, tapi curug ini punya keindahan yang luar biasa.

Sangat patut dikunjungi, terutama saat weekend ataupun liburan panjang. Curug Ngumpet menghasilkan air yang tergolong bersih karena berasa dari Gunung Salak langsung.

Di sekeliling curug terdapat tebing tinggi berlumut yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon pakuan, membuat suasana menjadi adem.  

Eksotisme pemandangan curug ini semakin bertambah dengan adanya bebatuan berwarna coklat kehitaman di bagian bawah yang juga ditumbuhi oleh lumut hijau.

Meskipun perpaduan warnanya terlihat indah, para pengunjung diharapkan dapat menjaga keselamatan dan berhati-hati karena lumut tersebut dapat membuat tempat Anda berpijak menjadi licin.

Baca Juga:  Daftar Makam Ulama yang Cocok jadi Tujuan Wisata Religi Jawa Timur

Keindahan air terjun Curug Ngumpet adalah kondisinya yang masih alami dengan air yang sangat jernih.

Ada sebuah kolam di bawah aliran air terjun yang menjadi spot favorit wisatawan. Hal menarik lainnya dari Curug Ngumpet adalah pemandangan bunga terompet yang bermekaran. Anda bisa melihatnya jika sedang beruntung.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Ngumpet

Tarif tiket yang ditawarkan cukup murah, yakni hanya Rp. 10 ribu per orang maka Anda sudah bisa menikmati suguhan pemandangan luar biasa dari Curug Ngumpet.

Sedangkan untuk jam buka dimulai dari pagi sampai sore hari jam 06.00 – 18.00 WIB.

Untuk waktu kunjungan dapat dilakukan pada hari apapun, hanya saja untuk sementara ini kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak masih tutup karena ada pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.  

Beragam Aktivitas Wisata Curug Ngumpet

Air terjun satu ini cocok dijadikan tujuan wisata keluarga karena punya akses jalan yang ramah wisatawan.

Apalagi sudah tersedia beberapa fasilitas yang menunjang kegiatan para pengunjung di objek wisata ini.

Karena lokasinya masuk dalam kawasan wisata Gunung Salak Endah, maka para wisatawan harus berjalan sejauh 2 km dari pintu gerbang menuju air terjun tersebut.

Tidak perlu mengeluh karena selama perjalanan akan ada suguhan pemandangan hutan belantara yang teduh dan sejuk untuk dipandang.

Untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan wisatawan, pihak pengelola Curug Ngumpet telah memasang pagar besari si pinggir area jalan kaki.

Sambil menikmati keindahan Curug Ngumpet, para wisatawan dapat bermain air, berenang, bahkan menyelam di kolam alami yang ada di bawah aliran air terjun setinggi 45 meter tersebut.

Airnya sangat segar dan jernih, para wisatawan juga dapat mengajak anak-anak bermain di area yang dangkal. Untuk aktivitas menarik lainnya adalah berkemah di area Curug Ngumpet dan berfoto berlatar air terjun.

Fasilitas dan Lokasi Curug Ngumpet

Area wisata ini berada di kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tepatnya pada wilayah konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jaraknya dari kota Bogor kurang lebih 30 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Sedangkan untuk fasilitas yang tersedia cukup memadai, mulai dari gazebo, mushola, dan pelataran yang luas.

Akses parkir dan jalan menuju objek wisata juga cukup baik. Wisatawan yang berkunjung sudah dilindungi oleh asuransi Jasa Raharja, dan area ini selalu dipantau oleh Petugas SAR setempat.

Baca Juga:  Wisata Pantai Kesirat Jogja yang Punya Senja Memikat

Bagaimana, tertarik mengunjungi Curug Ngumpet di Bogor? Nah, supaya lebih seru Anda dapat mengajak teman-teman atau keluarga untuk liburan bersama.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: Curug Ngumpet, wisata di Bogor

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial