Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu, Healing dan Ekstrim

Aku sendiri cukup terkejut dengan banyaknya wahana yang disediakan di lokasi ini.


wisata bukit Sekipan Tawangmangu

Tour Jeep di Bukit Sekipan (Foto : Tmtimes)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Baru-baru ini aku menyempatkan diri untuk menikmati wisata bukit sekipan Tawangmangu.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Sudah banyak yang tahu kalau Tawangmangu memang menyimpan keindahan alam yang sangat indah. Dimana Bukit Sekipan bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi. 

Perjalanan ke Bukit Sekipan dari Yogyakarta

Pada mulanya, aku dan teman-teman ingin menghabiskan waktu 2 hari 1 malam di Bukit Sekipan ini. Tapi, karena rencana dilakukan pada akhir minggu, jadi tidak ada satu penginapan yang bisa kami sewa.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Semuanya penuh. Jadi, aku sarankan untuk memesan penginapan jauh-jauh hari bila ingin datang ke Bukit Sekipan. Sehingga kami memutuskan berangkat di hari Minggu

Perjalanan diawali dari Yogyakarta menggunakan mobil dan aku berangkat pukul 6 pagi. Dimana butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai ke Bukit Sekipan.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Tapi, kami sempat mampir sarapan dulu di Soto Mbok Giyem, Klaten. Jadi, kalau kamu ingin lebih sempat sampai, mungkin bisa sarapan terlebih dahulu di rumah. 

Selama perjalanan, jalanan tidak terlalu padat, mengingat kalau akhir pekan biasanya macet.

Tapi, untuk kali ini perjalanan cukup lancar. Kemudian, kami sempat mampir sebentar ke Solo untuk membeli cemilan lumayan terkenal yaitu Kroket Zaza. Lalu, kami pun melanjutkan perjalanan. 

Kami sampai ke Bukit Sekipan sekitar jam 10 kurang dan cuaca sedang sedikit mendung.

Meski begitu keindahan alam dari lokasi wisata yang satu ini sendiri tidak bisa ditutupi apapun. Indah sekali.

Ketika sampai kami pun beristirahat sebentar dan menikmati suasana yang tenang dan udara yang sangat sejuk. 

Menikmati Aneka Wahana di Bukit Sekipan 

wisata bukit Sekipan Tawangmangu 1
Suasana di Bukit Sekipan Tawangmangu. (Foto: Tmtimes)

Ternyata di Bukit Sekipan ini ada beberapa wahana yang bisa kamu nikmati. Aku sendiri cukup terkejut dengan banyaknya wahana yang disediakan di lokasi ini.

Ada beberapa villa juga yang bisa kamu sewa di sepanjang jalan Bukit Sekipan. Berikut ini adalah beberapa wahana yang tersedia: 

  1. Rumah Halloween 

Sering juga disebut Kampung Halloween, disini kamu akan diajak untuk mendatangi lokasi yang berisi patung-patung yang dibuat seram.

Mulai dari pocong sampai kuntilanak ada di tempat ini. Walaupun aku tidak masuk, tapi dari luar saja sudah terlihat isi dari wahana ini. 

  1. Waterboom 

Kalau kamu kuat dingin, bisa mengunjungi waterboom yang ada di Bukit Sekipan ini.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pintu masuk. Ada banyak sekali wahana lain di dalamnya juga. Tapi, aku memutuskan untuk tidak masuk ke waterboom, suhu terlalu dingin dan mendung saat itu. 

  1. Landmark beberapa negara 

Jika kamu ingin berfoto, tidak ada salahnya mengunjungi wahana ini. Banyak miniatur landmark terkenal dari berbagai negara. Sebut saja Menara Eiffel, Menara Pisa, Colosseum, Taj Mahal dan masih banyak lagi. 

  1. Outbound 

Kalau ingin mencoba wahana yang lebih ekstrim, mungkin bisa mengunjungi lokasi outbound di Bukit Sekipan ini. Ada banyak sekali pilihan aktivitas yang bisa kamu pilih, dari flying fox, trampoline, jembatan goyang dan lain-lain. 

Uniknya, di dalam lokasi outbound ada miniatur Ka’bah juga dan kamu bisa melempar jumroh. Cocok sekali untuk mengajak anak-anak agar bisa memahami tentang pentingnya melempar jumroh. 

  1. Lokasi camping 

Nah, jika kamu tertarik menghabiskan waktu di tengah alam selama semalaman, bisa juga menyewa tempat untuk camping. Pada saat aku datang ke sini, melihat ada beberapa tenda yang pasang. 

Naik Jeep Ekstrim yang Cukup menegangkan

Dari seluruh wahana yang disebutkan, aku sendiri tidak ikut semuanya. Tapi ada satu kegiatan yang membuatku sangat tertarik, yaitu menaiki mobil jeep.

Walaupun wahana yang satu ini sendiri terbilang mahal, tapi kamu bisa menikmati sebuah pengalaman yang berbeda. Untuk sekali naik jeep, kamu harus mengeluarkan uang Rp. 400.000 per satu trip. 

Tapi, waktu liburan dengan naik jeep ini sendiri cukup lama yaitu sekitar 1 jam dan satu mobil hanya bisa dinaiki maksimal 2 hingga 3 orang saja.

Pada saat ingin naik jeep aku dan teman-teman sempat ragu karena hujan sangat deras. Namun, karena kami penasaran, akhirnya menunggu hingga hujan berhenti. 

Aku dan teman-teman pun diberikan jas hujan dan helm untuk pengaman tambahan dan supaya tidak basah.

Tapi, aku sempat khawatir karena kami hanya diberikan pengaman helm saja. Tidak ada sabuk pengaman. Nyatanya malah bagian ini yang paling seru. 

Rute pertama kami harus naik terlebih dahulu di jalan aspal biasa dan masuk ke area perkemahan. Barulah disini perjalanan menggunakan jeep dimulai. Tikungan terjal, tanjakan dan turunan curam kami lewati. Selama perjalanan aku hanya bisa teriak dan tertawa

Paling berkesan dari tour jeep di wisata bukit Sekipan Tawangmangu ini sendiri adalah kamu akan melewati pemandangan yang sangat indah sekali. Tidak ada rasa sesal sama sekali saat kamu menikmati jeep ini. 

Artikel ini diperbarui pada:
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Review tempat wisata

Bagikan artikel ini