pake mobil pribadi aja
Iklan

Pakai Mobil Pribadi, Tinggalkan Transportasi Massal

Pakai mobil pribadi dan memilihnya ketimbang transportasi massal, seperti sudah jadi new normal di era pandemi COVID-19.

Photo of author

Oleh: tmtimes oto

Saya demen banget nulis otomotif. Tema ini adalah jalan ninjaku.

the Monkey Times – Terus terang saya hati saya agak trenyuh begitu membaca kabar: industri otomotif di Indonesia terpukul, dengan penjualan retail bulan April hanya mencapai 24.276 unit mobil pribadi.

Kabar itu menghambur di udara dan menyebarkan pesimisme tentang industri otomotif nasional yang pastinya butuh waktu lama untuk pulih. Di tengah pandemi COVID-19 yang berkepanjangan, industri otomotif termasuk salah satu sektor yang terkena pukulan paling berat.

advertisement

Tapi mungkin ada satu hikmah yang bisa diambil dari bencana pandemi skala nasional seperti sekarang. Salah satunya adalah: kita jadi punya lebih banyak kreativitas menghadapi pandemi.

Dalam kaitannya dengan kepemilikan mobil pribadi, tentu lebih bijak rasanya memakai kendaraan milik sendiri ketimbang bepergian kemana-mana memakai transportasi umum. Sebab kendaraan pribadi tentu lebih aman.

Anda tidak perlu takut dengan ancaman penularan. Tak ada suara bersin dari orang asing yang perlu ditakuti. Dan Anda jelas tidak perlu takut duduk bersebelahan dengan istri, anak, atau saudara.

Jangan jual mobil pribadi, kecuali kepepet

Saya paham diantara pembaca selalu ada yang berpikiran: ini saat yang paling pas untuk menjual mobil saya. Syahdan, Kompas pernah melaporkan tentang kelakuan ganjil: orang lebih banyak menjual mobil ketimbang membeli mobil. Hasilnya, harga mobil bekas anjlok drastis.

Saya tak tahu kenapa pemilik kendaraan pribadi memilih menjual mobilnya di masa pandemi. Tapi dugaan saya, mereka melakukannya karena kepepet alias butuh dana segar. Bisa jadi saya salah.

Lepas dari masalah kepepet atau tidak, poinnya sederhana: jangan jual mobil pribadi kecuali kepepet. Sebab ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan mobil Anda di tengah pandemi. Peduli setan apakah industri otomotif sedang lesu atau tidak.

Nah, ini dia tips memanfaatkan mobil pribadi walau masih ada pendemi diluar sana:

  • Menjadikan mobil pribadi sebagai kantor kemana saja
  • Memakai mobil pribadi sebagai sarana untuk beramal
  • Memakai mobil pribadi untuk pergi ke tempat kerja

Menjadikan mobil pribadi sebagai kantor kemana saja

Mobil sebetulnya bisa jadi pilihan paling bagus, yang bisa saja disulap jadi kantor kecil ketika Anda merasa bosan dengan konsep bekerja dari rumah (perlu diingat, bekerja dari rumah juga rentan stress loh!). Benda-benda yang dibutuhkan untuk menyulap mobil jadi kantor kecil juga sederhana: Wi-Fi, sekaleng kopi, dan meja kecil yang bisa dilipat.

Supaya mobil berfungsi sebagai Wi-Fi hotspot berjalan, Anda bisa menggunakan MiFi. Lalu sekaleng kopi – dan makanan ringan lainnya – bisa Anda simpan kotak penghangat/pendingin elektrik berkapasitas 14L yang bisa ditemukan di Amazon.

Dan untuk meja kecil, Anda bisa membeli meja setir yang juga dijual di …. Amazon. Membuat kantor kecil di dalam mobil tidak susah!

Baca Juga: Obsesi China terhadap bus Listrik, yang Menjalar ke Barat

Memakai mobil pribadi sebagai sarana untuk beramal

Anda punya MPV Premium sekelas Toyota Alphard? Atau sekelas Mercedes Benz Vito atau V-Class? Nggak? Yah, Toyota Avanza – atau MPV sejenis lainnya – juga bolehlah.

Intinya, Anda bisa menggunakan mobil Anda untuk beramal. Caranya gampang. Bawa mobil Anda ke pusat belanja, lalu belilah beberapa jenis Sembako. Kemudian bagi sembako yang sudah Anda beli ke dalam beberapa paket.

Nah, masukkan paket-paket semabko itu ke dalam kabin mobil.Bawa mobil berkendara ke lokasi tertentu yang menurut Anda banyak kaum papa yang tidak beruntung. Anda bisa membagikan sembako dari dalam mobil, sembari berjalan pelan-pelan di lokasi tersebut. Saya yakin masih banyak kaum papa yang membutuhkan sembako di era pandemi seperti sekarang.

Baca Juga: Fakta Toyota Corona Terlengkap yang Penting Diketahui Pada 2020

Memakai mobil pribadi ke tempat kerja

Mungkin kantor Anda masuk ke dalam golongan tempat kerja yang masih tetap boleh beroperasi selama PSBB. Kalau ya, dan kalau Anda masih punya mobil pribadi, sebaiknya Anda menggunakannya untuk pulang-pergi dari/ke kantor.

Cara itu jauh lebih aman ketimbang menggunakan transportasi umum. Selain itu resiko penularannya juga jauh lebih kecil. Hanya saja ada satu pesan dari saya: jangan lupa bersihkan kabin mobil pribadi sebelum Anda memakainya untuk segala macam kepentingan.

advertisement
Berita Terkini:
kereta bogowonto

Kereta Bogowonto menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam 40 menit dari Jakarta Pasar Senen hingga Lempuyangan

advertisement
Artikel Terkait:
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen
Harga Yamaha XSR 155
Review dan Harga Yamaha XSR 155, Pesaing Kawasaki W175
Rem ABS
Rem ABS: Kelebihan, Kekurangan dan Cara Merawat
penjualan mobil baru
GAIKINDO: Penjualan Mobil Baru di Indonesia Turun 31 Persen
ilustrasi Honda Indonesia
Honda Indonesia Mengumumkan Recall 94 Ribu Unit Mobil Bermasalah
Tesla sekarang model X
Tesla sekarang bisa Memantau Kemampuan Pengemudi
advertisement
Bagikan artikel ini