Penulis: Panji

Mengenal Tipe Vespa Matic yang ada di Indonesia

Sejatinya sudah ada rangkaian model Vespa matik yang pernah hadir di Indonesia sejak dua dasawarsa sebelumnya.

the Monkey Times – Nama Vespa seakan sudah menjadi brand yang sudah amat familiar bagi banyak orang Indonesia. Mulai dari tipe vespa klasik sampai tipe Vespa matic.

Sudah sejak lebih dari setengah abad terakhir tipe skuter buatan Piaggio ini sudah wara-wiri di aspal Tanah Air. Mulai dari tipe klasiknya, hingga versi modernnya, yang kemudian sering disebut Vespa matik.

Meski begitu, kalau merujuk ke penamaan Vespa matik itu sendiri, sebenarnya telah tertoreh sejarah yang cukup panjang akan kehadiran merk skuter asal Italia yang bertransmisi otomatis.

Jika banyak orang Indonesia mengenal Vespa matik setidaknya hampir sepanjang dekade terakhir ini, sejatinya sudah ada rangkaian model yang pernah hadir lebih dulu sejak dua dasawarsa sebelumnya.

Untuk itu, coba kita bedah terlebih dahulu jenis Vespa matik yang pernah dijual di Indonesia.

Cikal Bakal: Vespa Corsa

Jauh sebelum motor bertransmisi CVT (Continuous Variable Transmission) menyemut di jalanan tanah air, sebenarnya sudah ada beberapa motor matik serupa yang sudah hadir dan dijual di sini. Vespa Corsa salah satunya.

Tipe Vespa matic satu ini menjadi skuter matik pertama yang dijual secara resmi lewat APM (Agen Pemegang Merek) PT. Danmotors Vespa Indonesia (DVI) sejak 1991 silam.

Vespa Corsa muncul saat APM skuter yang cukup senior ini masih ramai menjual Vespa bertransmisi manual.

Kehadirannya cukup fenomenal saat itu. Tanpa mekanisme kopling dan girboks manual, menjadi senjata andalan untuk merayu kaum hawa karena menawarkan kemudahan berkendara.

Meski di luar negeri tipe Vespa matic yang kurang lebih sama, mengandalkan kode PK125 ini sudah lebih dulu dijual, namun tetap saja ini menjadi pembaruan yang menarik.

Mekanisme transmisi otomatis Vespa Corsa juga cukup unik karena masih tersedia opsi gigi netral untuk mencegah bodi motor meloncat saat di-starter.

Meski begitu, secara penjualan, Vespa Corsa agaknya masih kurang populer dibanding tipe skuter manual kala itu.

Era tipe Vespa matik Modern Pertama

Di sekitar awal 2000-an PT. DVI kembali melengkapi tipe Vespa matic. Namun, di era ini, skuter-skuter otomatis dihadirkan dengan sejumlah tipe, tak hanya yang bermerek Vespa.

Untuk yang bermerek Vespa sendiri, yang kemudian diluncurkan adalah Vespa ET4 berkapasitas 150 cc.

Di negara tempat merek ini lahir, Vespa ET4 bisa dibilang adalah tipe Vespa matic modern pertama yang keluar dari kebiasaan Piaggio dalam mengembangkan merek yang satu ini.

Desain bodinya baru dan menjadi acuan bentuk Vespa modern di tipe-tipe berikutnya. Begitu pula dengan sejumlah unsur teknis di bagian lain.

Sayangnya, penjualan Vespa ET4 150 di Indonesia juga terhitung tidak cukup fantastis. Bisa dilihat dari jumlah unitnya yang cukup langka ditemui di jalan.

Kurun waktu penjualannya pun tak lama. Biarpun begitu, hal inilah yang justru membuatnya menjadi salah satu incaran kolektor Vespa matik sekarang ini.

Infografis vespa matik di Indonesia
Adakah kamu punya Vespa matik? (Grafis: Rika)

Masa Setelah Danmotors

Setelah PT. DVI berhenti memegang penjualan skuter Piaggio pada sekitar 2006, merek ini kemudian berpindah ke grup Sun Motor. Di masa ini, Vespa matik kemudian dijual kembali dengan tipe yang lebih baru, seperti LX 150. Ada pula seri GTS dan GTV.

Vespa LX 150  di era ini ini konon berbeda dengan tipe yang sama yang dijual di tahun di atas 2011. Konon, Vespa LX di bawah tahun 2010 merupakan produk yang diimpor utuh dari Italia. Tak heran harga barunya kala itu terhitung lebih tinggi.

Piaggio Indonesia

Perusahaan asal negeri Pizza ini kemudian melebarkan sayapnya lagi dengan membuka agen penjualan di Indonesia yang lebih berjejaring di tahun 2011.

Di masa ini, beberapa tipe Vespa  matik diperkenalkan ulang, seperti GTS. Begitu pula dengan Vespa LX dihadirkan lagi dengan pilihan kapasitas mesin 125 dan 150 cc. 

Meski nama tipenya sama, namun harga Vespa LX bisa jauh lebih murah saat memasuki masa keagenan ini. Vespa-vespa itu didatangkan dari salah satu pabrik Piaggio yang ada di Vietnam.

Mulai di tahun inilah, kita jadi sering menemui Vespa matik berkeliaran di jalan. Apalagi, kemudian disusul datangnya tipe lain seperti Vespa S di tahun 2012, Primavera pada 2014, Sprint di 2015 dan sejumlah tipe edisi spesial seperti 946 dengan berbagai flagship, Sei Giorni lalu yang terakhir menjadi beberapa waktu silam, Primavera Sean Wotherspoon.

Dengan perjalanan yang lumayan panjang tersebut, sebenarnya dapat menjadi peluang bagi penggemar Vespa matik untuk melengkapi koleksi motornya.

Ada cukup banyak tipe Vespa matic yang telah diluncurkan. Belum lagi tipe yang sama namun dijual APM yang berbeda dan ternyata terdapat sejumlah perbedaan.

Photo of author
Pria botak penyuka otomotif dan underground culture.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen
Harga Yamaha XSR 155
Review dan Harga Yamaha XSR 155, Pesaing Kawasaki W175
Rem ABS
Rem ABS: Kelebihan, Kekurangan dan Cara Merawat
penjualan mobil baru
GAIKINDO: Penjualan Mobil Baru di Indonesia Turun 31 Persen
ilustrasi Honda Indonesia
Honda Indonesia Mengumumkan Recall 94 Ribu Unit Mobil Bermasalah
Tesla sekarang model X
Tesla sekarang bisa Memantau Kemampuan Pengemudi

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini