Merawat mobil dengan cat putih
Mobil dengan bodi cat putih memang selalu terlihat lebih elegan. (Foto: Pexels)

Begini Cara Mudah Merawat Mobil dengan Cat Putih

Merawat mobil dengan cat putih sebetulnya mudah. Kamu bisa memulainya dengan membangun garasi tertutup, misalnya.

Photo of author
Saya demen banget nulis otomotif. Tema ini adalah jalan ninjaku.
advertisement

the Monkey Times – Elegan dan minimalis. Dua alasan ini mungkin jadi faktor yang membuat mobil bercat putih jadi sangat populer. Paling tidak kita sering melihatnya seliweran di jalanan di berbagai kota di Indonesia. 

Jadi kamu punya mobil dengan cat putih juga? Selamat. kamu termasuk orang yang senang sesuatu yang minimalis lagi elegan. 

Hanya saja mobil bercat putih membutuhkan perawatan yang lebih intens ketimbang mobil dengan warna cat lain. Alasannya karena cat putih pada mobil bisa berubah menguning, sehingga terlihat kusam. 

Pertanyaannya: bagaimana sih cara merawat cat mobil putih agar tidak cepat kusam atau menguning?

Tidak Dicuci Ketika Masih Panas

Mobil putih dengan cat yang menguning biasanya terjadi karena pemilik mobil sering mencuci mobil dalam kondisi bodi mobil panas atau berada langsung dibawah paparan sinar matahari.

Dalam kondisi macam itu, air di atas permukaan mobil lebih cepat kering sehingga meninggalkan bercak air atau water spot. 

Kalau dibiarkan berlarut-larut, tanpa pemilik mobil melakukan coating, wajar bila cat putih jadi kusam dan lama kelamaan menguning. 

Mobil Tidak Pernah Dibersihkan

Wajar bila sebuah kendaraan penuh dengan debu dan kotoran, serta air yang menempel di bodi. Yang tidak wajar bila kamu malas membersihkannya. 

Debu dan air yang dibiarkan pergi sendiri justru buruk bagi bodi mobil berwarna putih. Karena itu solusi paling baik untuk mencegah hal tersebut adalah rajin membersihkan mobil, terutama sehabis dipakai. 

kamu bisa menerapkan rumus ⅓ hari. Yakni satu kali membersihkan mobil setiap tiga hari sekali. Tidak perlu melakukan pembersihan total. Cukup bersihkan permukaan mobil memakai kain microfiber guna menyingkirkan air dan kotoran yang tertinggal.

Tidak Diparkir di Tempat Terbuka

Keseringan memarkir mobil di tempat parkir terbuka berakibat buruk pada cat bodi. Jadi kalau kamu tidak punya garasi tertutup, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk membuatnya. 

Bodi cat yang menguning sebetulnya jadi wajar, dengan catatan perubahan itu terjadi 3-5 tahun setelah kamu membeli mobil bercat putih. 

Jadi kalau mobil jadi menguning setelah dipakai selama enam bulan, artinya kamu terlalu malas merawat mobil. Yuk, mulai disayang lagi mobilnya dengan perawatan kendaraan yang mudah tapi efektif sampai jangka panjang.

Berita Terkini:
Bagian depan Stasiun Tangerang

Foto-foto suasana Stasiun Tangerang yang diambil pada Sabtu, 19 November 2022.

advertisement
Artikel Terkait:
Merawat mobil dengan cat putih
Begini Cara Mudah Merawat Mobil dengan Cat Putih
Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
jenis power steering
Dua Jenis Power Steering yang Bikin Hidup Pengendara jadi Lebih Mudah
mengemudi pakai alas kaki
Mana yang Lebih Aman: Mengemudi sambil Pakai atau Nggak Pakai Sepatu?
konsentrasi mengemudi
5 Cara Mudah Menjaga Konsentrasi Selama Mengemudikan Mobil
asap keluar dari knalpot
Ini Dia Penyebab Asap Hitam/Putih Keluar dari Knalpot Motor
advertisement

Logo the Monkey Times

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia.

Bagikan artikel ini