merger bank di Indonesia
Ilustrasi bank di Indonesia. (Foto: Getty Images lewat Canva)
Iklan

Tiga Bank Syariah dimerger, BRIS jadi Induknya

BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan BNI Syariah bergabung dalam satu entitas. Mereka dimerger, guna memuluskan visi tentang pusat ekonomi syariah.

Photo of author

Oleh: tmtimes news

Penanggung jawab bagian penulisan warta berita. Menulis dengan cepat, tangkas, hemat dan cerdas.

the Monkey Times – Penggabungan bank, atau yang dikenal dalam istilah keuangan sebagai ‘merger’, pada Selasa ini (13/10/20) ditetapkan. Sebagai hasilnya, BRI Syariah jadi entitas yang menerima penggabungan tiga bank syariah yang berstatus BUMN.

advertisement

Dua bank lain yang bergabung dalam mekanisme merger tersebut adalah Bank Syariah Mandiri dan dan Bank BNI Syariah.

Dalam rilis yang dicantumkan manajemen BRI Syariah lewat keterbukaan informasi di situs resminya, bank tersebut menerima penggabungan. Sedangkan pemegang saham BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri akan menjadi entitas pemegang saham yang menerima penggabungan.

Ke depannya, penggabungan ketiga bank syariah BUMN tersebut baru akan efektif setelah otoritas menyetujui rencana tersebut.

Visi tentang pusat ekonomi syariah

Terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir mengisyaratkan visi tentang menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah.

Hal tersebut terungkap dalam pernyataan video yang disiarkan hari ini. Dalam video tersebut, Erick memaparkan fakta tentang Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar. Oleh karena itu sudah seharusnya Indonesia memiliki bank syariah yang kuat.

Dengan pemikiran tersebut, Kementerian BUMN yang dipimpinnya berinisiatif menandatangani conditional merger agreement. Tujuannya tidak lain untuk menyatukan BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan BNI Syariah menjadi satu keluarga besar.

Lebih jauh lagi, Erick optimis penggabungan ketiga bank tersebut menandai tonggak sejarah di Indonesia. Dia berharap, lewat penggabungan tersebut, Indonesia akan memiliki bank syariah terkuat.

Catatan sejarah merger bank di Indonesia

Dalam hal sejarah perbankan di Indonesia, bukan kali ini saja pemerintah berinisiatif melakukan merger sejumlah bank.

Tahun 1998 menandai penggabungan empat bank di Indonesia: Bank Bumi Daya, Bank Pembangunan Indonesia, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Dagang Negara.

Empat bank tersebut merupakan bank yang dikelola sepenuhnya oleh pemerintah Indonesia, dan setelah mereka bergabung, publik mengenalnya lewat nama Bank Mandiri.

Cerita tentang bersatunya empat bank BUMD di bawah panji Bank Mandiri sebetulnya didasari kondisi ‘hidup segan mati tak mau’ yang menimpa keempat bank tersebut.

Dan di tengah krisis ekonomi 1998 yang waktu itu memaksa sejumlah bank menutup operasionalnya, jelas mereka semua membutuhkan pembenahan. Karena itulah penggabungan keempatnya waktu itu dinilai sebagai solusi masuk akal.

Dekade akhir 1990-an di Indonesia memang diingat kebanyakan pelaku perbankan sebagai tahun muram bagi dunia keuangan dan perbankan Indonesia. Sebanyak 16 bank dilikuidasi pada 1 November 1997. Sisanya banyak yang mengalami kredit macet karena tak mampu membayar utang valas perbankan.

Kelahiran Bank Mandiri didasari oleh situasi perbankan yang kacau di dekade akhir 1990-an.

Otoritas tertinggi Bank Indonesia dan Menteri Keuangan waktu itu menerima perintah Presiden Soeharto untuk melakukan merger bank-bank yang tidak sehat.

Singkat cerita, Bank Mandiri, yang didirikan pada 2 Oktober 1998. dirintis dalam kondisi kacau. Seandainya keempat bank tersebut gagal dimerger waktu itu, secara otomatis mereka masuk kotak.

Dilikuidasi. Tamat.

Untungnya sejarah menunjukkan sebaliknya.

Setelah digabungkan, pemerintah Indonesia kemudian meminta tolong bank terbesar Jerman, Deutsche Bank untuk membantu dalam proses integrasi keempat sistem bank dalam satu sistem manajemen Bank Mandiri.

advertisement
Berita Terkini:
kereta bogowonto

Kereta Bogowonto menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam 40 menit dari Jakarta Pasar Senen hingga Lempuyangan

advertisement
Artikel Terkait:
indeks konsumen
Optimisme Konsumen Meningkat, Menurut Survei BI
bagian dalam KRL Jogja Solo
KAI Commuter Menambah 6 Jadwal KRL Jogja Solo Khusus Libur Nataru
ilustrasi pecel madiun
Grebeg Maulid Madiun dan Pecel Diakui Sebagai Warisan Budaya tak Benda
ilustrasi gratifikasi
Di Hakordia 2022, KPK Melelang 15 Barang Sitaan Eks Gratifikasi
gedung DPR RI
DPR Bersiap Mengesahkan RKUHP, Akan Menghukum Pelaku Seks diluar Nikah
ilustrasi-pendidikan-siswa
Mahasiswa Harus Siap Menjawab Tantangan Kebutuhan Zaman, Kata Menteri Pendidikan
advertisement
Bagikan artikel ini