the Monkey Times – Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat pada Desember 2022, dibandingkan bulan sebelumnya, menurut survei Bank Indonesia seperti dikutip Antara News.1Survei BI Indikasikan Optimisme Konsumen Meningkat pada Desember 2022. Antara News. Dikutip pada 9 Januari 2023.
Fakta tersebut terermin dari Indeks Keyakinan Konsumen pada Desember 2022, sebesar 119,9. Indeks tersebut naik 0,8 dibandingkan November 2022, di mana indeks yang sama menghasilkan angka 119,1.
Keyakinan konsumen yang meningkat didorong oleh kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini yang disebut meningkat di seluruh komponen pembentuknya, termasuk di antaranya Indeks Penghasilan Saat Ini.
Di saat yang sama Indeks Ekspektasi Penghasilan juga meningkat, yang sekaligus dibarengi kenaikan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).
Indeks Keyakinan Konsumen secara keseluruhan berada di area optimis, yakni di level 119,7 pada triwulan IV-2022, meski angkanya lebih rendah dibandingkan triwulan III- 2022.
Survei yang sama juga melaporkan sedikit peningkatan pada rata-rata proporsi pendapatan konsumen.
Indikasi ini terlihat pada average prospensity to consume ratio yang naik jadi 75,6 persen pada Desember 2022, meningkat 0,9 persen dari 74,7 persen di bulan sebelumnya.
Hanya saja rata-rata proporsi pembayaran hutang mencapai 9,2 persen, yang disebut-sebut menurun ketimbang bulan sebelumnya.
Penurunan yang sama juga tercatat pada proporsi pendapatan konsumen yang tercatat sebesar 15,2 persen, sedikit lebih rendah 0,5 persen dibandingkan November 2022.
Sumber Bacaan:
- 1Survei BI Indikasikan Optimisme Konsumen Meningkat pada Desember 2022. Antara News. Dikutip pada 9 Januari 2023.