aturan ganjil genap covid membuat jumlah kasus positif naik

Ketua Satgas COVID-19 meminta Evaluasi Kebijakan Ganjil Genap

Dinilai turut andil dalam kenaikan jumlah penderita COVID-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta mengevaluasi kebijkan ganjil-genap.

ganjil genap,baca berita,berita hari ini,covid-19
Update:

tmtimes.id – Penerapan kebijakan ganjil genap untuk pengguna mobil di Jakarta dinilai berperan besar terhadap peningkatan kasus positif COVID-19. Pendapat itu dikemukakan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo di rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Rabu (03/09/2020).

Menurut Doni, 62 persen dari 944 pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS Wisma Atlet adalah pengguna transportasi umum.

iklan

Lebih jauh lagi, Doni juga mengingatkan Kementerian BUMN dan PAN-RB untuk membatasi dan mencegah karyawannya menggunakan transportasi umum untuk pergi ke tempat kerja.

Doni menyimpulkan kebijakan pembatasan pengguna mobil lewat aturan ganjil-genap membuat angka pengguna transportasi meningkat.

Menurut cerita Doni, pihak Satgas sudah berbicara kepada pemerintah DKI Jakarta dan hasilnya mereka meminta evaluasi pemberlakuan aturan ganjil-genap.

Dilansir dari Antara News, Doni mengungkap kenaikan pengguna KRL Commuter Line sebesar 3,5% setelah ganjil-genap diberlakukan. Sedangkan untuk bus TransJakarta terjadi kenaikan sebesar 6 sampai 12 persen.

Evaluasi, kata Doni, diperlukan guna mengurangi kerumunan. Sederhananya, Doni menyimpulkan kenaikan jumlah kasus positif COVID-19 disebabkan oleh meningkatnya kerumunan di dalam moda transportasi massal.

Pemerintah sebelumnya memang pernah memaklumatkan kerumunan sebagai salah satu biang keladi penyebaran COVID-19.

Mantan Jubir Pemerintah untuk COVID-19 dr. Achmad Yurianto sempat mengatakan di laman Kemkes bahwa menghindari kerumunan adalah langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan.

“Hindari kerumunan karena kita tidak pernah tahu siapa orang di luar rumah yang membawa virus. Bahaya sekali orang yang dalam tubuhnya ada virus Corona tapi tidak ada keluhan sama sekali, kita tidak bisa membedakan orang tersebut,” katanya pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Sabtu (25/4/2020), sebagaimana dikutip dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan.

Berita Terkini:
angkutan lebaran
Tim Redaksi tmtimes

Manajemen Operasional Berbasis Trafik akan Diterapkan Pengelola Bandara selama Musim Lebaran 2023

Kementerian Perhubungan telah merilis proyeksi akan ada 123 juta orang yang akan melakukan perjalanan pada Angkutan Lebaran tahun ini, yang meningkat signifikan dibandingkan 2022 sebanyak 85 juta orang.

kelapa sawit indonesia
Mas Hadid

Dorongan OJK untuk Meningkatkan Akses Pendanaan bagi Petani Sawit

Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kelapa sawit di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 46,22 juta ton.

kasasi
Mas Hadid

Kejagung Akan Mengajukan Kasasi terkait Vonis Bebas Tragedi Kanjuruhan

Jaksa Penuntut Umum akan mempelajari lebih lanjut atas putusan lengkap terkait dengan fakta hukum dan pertimbangan hukum yang diterapkan dalam perkara tragedi Stadion Kanjuruhan.

wapres resmikan masjid istiqlal di jepang
tmtimes news

Wapres Meresmikan Masjid Istiqlal di Jepang

Wapres mengapresiasi dukungan yang diberikan Pemerintah Jepang, khususnya Pemerintah Kota Osaka dalam pembangunan masjid yang dapat menampung hingga 1500 jamaah.

mobil listrik tesla
tmtimes oto

Tesla Dikabarkan Akan Buka Kantor di Malaysia

Bukan Indonesia, namun tetangga kita yang sudah memberi izin pembukaan dealer Tesla..

Dua-KRL-di-jalur-1 dan 2-Stasiun-Cikarang
tmtimes news

Opsi Alternatif: Jadwal dan Rute KRL Bekasi Kampung Bandan

Buat yang mencari alternatif KRL dari Bekasi ke Kampung Bandan, ada opsi di mana kamu tidak perlu menunggu kereta yang berangkat dari Stasiun Cikarang.

iklan
Artikel Terkait:
kasasi
Kejagung Akan Mengajukan Kasasi terkait Vonis Bebas Tragedi Kanjuruhan
indeks konsumen
Optimisme Konsumen Meningkat, Menurut Survei BI
bagian dalam KRL Jogja Solo
KAI Commuter Menambah 6 Jadwal KRL Jogja Solo Khusus Libur Nataru
ilustrasi pecel madiun
Grebeg Maulid Madiun dan Pecel Diakui Sebagai Warisan Budaya tak Benda
ilustrasi gratifikasi
Di Hakordia 2022, KPK Melelang 15 Barang Sitaan Eks Gratifikasi
gedung DPR RI
DPR Bersiap Mengesahkan RKUHP, Akan Menghukum Pelaku Seks diluar Nikah
iklan
tmtimes logo 700x140

tmtimes.id, alias the Monkey Times, adalah portal web yang menyediakan artikel inspirasi, pemikiran dan motivasi, rekomendasi terbaik, informasi terkini, seni dan hiburan.

Bagikan artikel ini