Pidato Presiden Jokowi di sidang PBB

Dana Pandemi Resmi Diluncurkan Jokowi di KTT G20

Dana Pandemi sudah dibentuk sejak September silam, dan diresmikan Jokowi hari ini.

Photo of author
Penanggung jawab bagian penulisan warta berita. Menulis dengan cepat, tangkas, hemat dan cerdas.
advertisement

the Monkey Times – Pandemic Fund, atau Dana Pandemi, resmi diluncurkan Presiden Jokowi di Nusa Dua Bali, Minggu (13/11/2022), menjelang KTT G20 yang akan berlangsung 15 – 16 November 2022.

Melalui pernyataan yang ditayangkan secara virtual, Presiden Jokowi menyampaikan dana pandemi sebagai upaya global (dunia) untuk memperkuat arsitektur kesehatan global.1Presiden Jokowi Resmi Meluncurkan Dana Pandemi Jelang KTT G20. Antara. Dikutip Minggu, 13 November 2022.

Melalui Dana Pandemi, Presiden berharap terbentuk mekanisme pembiayaan yang kuat dan dapat diandalkan, sehingga dunia dapat lebih baik mencegah dan menanggulangi pandemi di masa mendatang.

“Saya menyampaikan terima kasih atas kontribusi negara-negara untuk Dana Pandemi, dan dengan mengucapkan Bismillahirahmannirohim saya luncurkan dana pandemi hari ini,” kata Presiden Jokowi di acara peluncuran Dana Pandemi di Nusa Dua Bali.

Menurut laporan Antara, Dana Pandemi yang telah terkumpul kurang lebih mencapai US$ 1,4 miliar, atau sekitar Rp 21,7 triliun. Dana tersebut terkumpul dari 15 negara dan 3 lembaga filantropi.2Terdapat disparitas fakta di sini, mengingat situs Kementerian Keuangan sendiri menyebut 24 negara dan 3 lembaga filantropi ikut berkontribusi di Dana Pandemi. Lihat Sampaikan Perkembangan Pandemic Fund, Menkeu : Salah Satu Prioritas Indonesia Bagi Dunia Untuk Merespon Pandemi Lebih Baik. Kemenkeu.go.id. Dikutip 13 November 2022.

Jumlah sebesar itu kemungkinan masih akan bertambah di masa depan, mengingat tiga negara, yakni Australia, Prancis, dan Arab Saudi menyampaikan komitmen mereka untuk berkontribusi di Dana Pandemi.

Awal Mula Pandemic Fund

Pandemic Fund terbentuk pada September silam, tepatnya 8 September 2022. Perkembangan Pandemic Fund kemudian dibahas di pertemuan kedua G20 Joint Finance and Health Minister Meeting (JFHMM) Presidensi G20 Indonesia yang berlangsung di Bali, Sabtu 12 November 2022.

Pertemuan tersebut diselenggarakan dalam rangka untuk memperbarui dan berdiskusi perihal kemajuan yang sudah dicapai Joint Finance and Health Task Force (JFHTF).

Di dalam diskusi tersebut, dibahas perkembangan dari pembentukan Financial Intermediary Fund (FIF) atau pandemic fund untuk Kesiapsiagaan, Pencegahan, dan Penanggulangan Pandemi (PPR).

“Kami sangat senang dan bahagia bahwa malam ini kami dapat mencapai hasil ini dengan cara yang sangat signifikan.

JFHTF dengan co-chair Italia dan Indonesia serta didukung oleh WHO dan World Bank, telah melanjutkan mandat pimpinan G20 dengan membentuk FIF yang sekarang kami akan menyebutnya sebagai pandemic fund,” ungkap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Joint Press Conference The 2nd JFHMM bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.3Sampaikan Perkembangan Pandemic Fund, Menkeu : Salah Satu Prioritas Indonesia Bagi Dunia Untuk Merespon Pandemi Lebih Baik. Kemenkeu.go.id. Dikutip 13 November 2022.

Sumber Bacaan:

Berita Terkini:
Bagian depan Stasiun Tangerang

Foto-foto suasana Stasiun Tangerang yang diambil pada Sabtu, 19 November 2022.

advertisement
Artikel Terkait:
Pidato Presiden Jokowi di sidang PBB
Dana Pandemi Resmi Diluncurkan Jokowi di KTT G20
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
layanan BI-Fast
Layanan BI-FAST akan Menurunkan Biaya Transfer jadi Rp 2.500
kok bulu tangkis
Kalahkan Malaysia, Jepang bertemu China di Final Piala Sudirman
china di final piala sudirman
China Melenggang Mulus ke Final Piala Sudirman
ilustrasi terowongan cisamdawu
Pengoperasian Terowongan Tol Cisumdawu di Indonesia Dipercepat
advertisement

Logo the Monkey Times

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia.

Bagikan artikel ini