Penulis: tmtimes news

Bank Indonesia: Jumlah Uang Beredar Tetap tinggi pada Februari 2021

Bank Indonesia mempublikasikan informasi tentang jumlah uang beredar pada Februari 2021. Hasilnya tetap tinggi walaupun ekonomi sedang dihantam pandemi.

the Monkey Times – Bank Indonesia hari ini (25/03/2021) merilis informasi yang mengabarkan uang beredar dalam arti luas (M2) tetap tumbuh tinggi pada Februari 2021. Fakta ini juga didukung oleh komponen uang berdar dalam arti sempit (M1).

Gambaran mengenai kondisi tersebut diperlihatkan statistik posisi M2 yang menurut analisis Bank Indonesia mencapai Rp6,810.5 triliun pada Februari 2021. Bank Indonesia menyebut M2 tetap tumbuh tinggi sebesar 11,3 persen, meski pertumbuhannya melambat ketimbang tahun sebelumnya yang mencatat 11,8 persen.

Sementara itu di lingkup uang beredar dalam arti sempit (M1), Bank Indonesia mencatat pertumbuhan sebesar 18,6 persen pada Februari 2021, yang berarti relatif stabil ketimbang pertumbuhan bulan Januari 2021 yang mencapai 18,7 persen.

Lebih jauh lagi, Bank Indonesia menyebut sejumlah faktor yang menjadi sebab pertumbuhan M2 tetap tinggi, yakni penurunan kredit, perlambatan aktiva luar negeri bersih dan tetap tingginya tagihan bersih kepada pemerintah pusat.

Khusus unttuk poin tingginya tagihan bersih kepada pemerintah pusat, Bank Indonesia mencatat pertumbuhan yang tetap tinggi, mencapai 50,8 persen. Angka ini turun dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 54,8 persen.

Sedangkan dari sisi penurunan kredit, Ban k Indonesia menganalisis penurunan penyaluran kredit konsumsi dan investasi. Faktor ini kemudian ikut menyumbang kontraksi penyaluran kredit sebesar -2,3 persen, yang artinya lebih dalam ketimbang bulan sebelumnya yang mencapai -2,1 persen.

Dan faktor terakhir, yakni perlambatan aktiva luar negeri bersih, justru tumbuh mencapai 11,5 persen, kendati presentase ini lebih rendah ketimbang pertumbuhan Januari 2021 yang mencapai 14,9 persen.

Masih menurut Bank Indonesia, perlambatan aktiva luar negeri bersih disebabkan melambatnya tagihan surat berharga kepada golongan non-penduduk.

Photo of author
Penanggung jawab bagian penulisan warta berita. Menulis dengan cepat, tangkas, hemat dan cerdas.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
layanan BI-Fast
Layanan BI-FAST akan Menurunkan Biaya Transfer jadi Rp 2.500
Daftar IUMK Online
Pelaku UMKM Harus Tahu, Begini Cara Daftar IUMK Online
kok bulu tangkis
Kalahkan Malaysia, Jepang bertemu China di Final Piala Sudirman
china di final piala sudirman
China Melenggang Mulus ke Final Piala Sudirman

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini