stasiun tanjung priuk
Stasiun Tanjung Priok diresmikan pada 1925, dan merupakan salah satu cagar budaya yang lokasinya sangat dekat dengan Terminal Tanjung Priok. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)
Iklan

Foto Stasiun Tanjung Priok: Cagar Budaya Warisan Kolonial

Dibangun pada 1914, Stasiun Tanjung Priok merupakan buah karya Ir.C.W. Koch, seorang insinyur utama dari Staats Spoorwegen (SS-Perusahaan Kereta-api Negara Hindia Belanda).

Photo of author

Oleh: Mas Hadid

Editor in chief di the Monkey Times. Menaruh minat luas pada perkembangan media digital dan arus wacana yang berkembang di sekitarnya. Bergabung dengan the Monkey Times sejak 2019.

the Monkey Times – Di ujung Jakarta Utara, tepatnya di Jalan Tenggiri, berdiri Stasiun Tanjung Priok, sebuah stasiun yang sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Dalam lintasan sejarah, keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari Pelabuhan Tanjung Priok, yang dibangun pada akhir abad ke-19.1Stasiun Tanjung Priuk. kai.co.id. Diakses pada 25 Desember 2022.

advertisement

Menurut catatan PT. KAI, Stasiun Tanjung Priok dibangun pada 1914, persisnya di zaman ketika Hindia Belanda diperintah Gubernur Jendral A.F.W. Idenburg (1909-1916).

Setelah 11 tahun dibangun, Stasiun Tanjung Priok akhirnya diresmikan pada 6 April 1925, bersamaan dengan pembukaan jalur rel Priok – Beos (Jakarta Kota).

krl tujuan jakarta kota masuk peron 2 stasiun tanjung priok
KRL Tujuan Jakarta Kota (foto kanan) masuk jalur 2 Stasiun Tanjung Priok. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Kalau kamu memasuki bagian dalam stasiun, terlihat jelas arsitektur megah yang membuat bangunan tersebut tampak klasik.

Dari segi arsitektur, agaknya semua orang sepakat kalau Stasiun Tanjung Priok dibangun dengan gaya yang dipengaruhi aliran kubisme, dengan bagian dalam yang penuh pola geometris, melengkung, yang sederhana namun megah.

Di bagian dinding dalam stasiun yang mengarah ke pintu masuk/keluar, kamu akan melihat dinding marmer yang membantu kita mempersepsikan stasiun tersebut sebagai sebuah bangunan klasik nan megah.

Hingga artikel ini ditulis, Stasiun Tanjung Priok melayani penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Jakarta Kota – Cikarang (lewat Kampung Bandan) – Bogor (lewat Manggarai) – Tangerang (lewat Kampung Bandan dan Duri) – Rangkasbitung (lewat Tanah Abang).

Sumber Bacaan:

advertisement
Berita Terkini:
kereta bogowonto

Kereta Bogowonto menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam 40 menit dari Jakarta Pasar Senen hingga Lempuyangan

advertisement
Artikel Terkait:
bagian depan stasiun jatinegara
Foto Stasiun Jatinegara: Gerbang Keluar Kereta ke Arah Timur
stasiun bogor pintu keluar selatan
Foto: Stasiun Bogor di Sore Hari Akhir Minggu
stasiun tanjung priuk
Foto Stasiun Tanjung Priok: Cagar Budaya Warisan Kolonial
Bagian depan Stasiun Tangerang
Foto: Stasiun Tangerang di Atas Jalur Rel Sejak Zaman Kolonial
Stasiun Cikarang
Foto: Stasiun Cikarang Setahun Setelah Dibangun Ulang
Stasiun Serpong Commuter Line
Foto: Sore itu di Stasiun Serpong kala Akhir Pekan
advertisement
Bagikan artikel ini