Bagian depan Stasiun Tangerang
Ratusan sepeda motor terparkir di bagian depan Stasiun Tangerang. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Foto: Stasiun Tangerang di Atas Jalur Rel Sejak Zaman Kolonial

Foto-foto suasana Stasiun Tangerang yang diambil pada Sabtu, 19 November 2022.

Photo of author
Penanggung jawab bagian penulisan warta berita. Menulis dengan cepat, tangkas, hemat dan cerdas.
advertisement

the Monkey Times – Jalur antara Stasiun Tangerang sampai Stasiun Duri membentang sejauh 19 kilometer, dan diresmikan pertama kali pada 2 Januari 1899.

Poin Penting

  • Stasiun Tangerang dibangun oleh perusahaan kereta negara di era kolonial, yakni Staatssporwegen (SS).
  • Menghubungkan Tangerang dengan Stasiun Duri yang berada di Kota Jakarta Barat.
  • Merupakan salah satu stasiun tersibuk di wilayah operasional commuter line Jabodetabek.

Artinya kalau kita menghitung usia jalur, yang dulunya dibangun Staatssporwegen (SS)1Pada lintas tersebut SS membangun pula sebuah jalur persimpangan dari Duri ke Tangerang melalui Staatblad No. 180 tanggal 5 Juli 1896. Jalur sepanjang 19 km tersebut diresmikan pada tanggal 2 Januari 1899. Heritage.kai.id. Diakses 20 November 2022. di zaman penjajahan Hindia Belanda, jalur rel Tangerang ke Duri sudah berusia lebih dari 123 tahun.

Stasiun Tangerang sendiri dibuka pada 1899. Usia stasiun tersebut sama tuanya dengan jalur rel Tangerang – Duri itu sendiri.

KRL menunggu jam keberangkatan
KRL nomor 2313 (foto kiri), keberangkatan pukul 14:33, tujuan Duri, menunggu penumpang di jalur 3 Stasiun Tangerang, Sabtu 19 November 2022. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Beralamat di Jalan Kiasnawi, Sukarasa, Tangerang, stasiun tersebut berdiri persis di tengah lokasi yang chaotic. Para pedagang kaki lima menggelar lapaknya tepat di depan stasiun, memenuhi trotoar jalan.

Belum lagi barisan angkot lokal Tangerang yang membuat Jalan Kiasnawi terkesan semrawut, serta ratusan sepeda motor yang terparkir persis di area parkir di depan pintu keluar stasiun.

Namun semrawutnya lingkungan sekitar Stasiun Tangerang toh tidak menyurutkan fakta bahwa stasiun tersebut jadi andalan bagi para pekerja yang menuju Jakarta.

Buktinya, data penumpang commuter line PT KAI menyebut jumlah penumpang sebanyak 38.000-an orang yang naik kereta setiap hari dari Stasiun Tangerang.

Wajah Stasiun Tangerang memang tidak secantik stasiun lain yang berdiri di pusat Jakarta, dan agaknya belum dibangun ulang layaknya sejumlah stasiun tua lain yang berdiri di jalur Serpong – Tanah Abang maupun Cikarang – Jatinegara.

Namun sebagai pusat keramaian yang berdiri sejak zaman kolonial, Stasiun Tangerang tetaplah stasiun. Ia menopang kebutuhan orang-orang yang mendambakan sistem transportasi yang cepat menuju ke ibukota. (masha)

Sumber Bacaan:

Berita Terkini:
Bagian depan Stasiun Tangerang

Foto-foto suasana Stasiun Tangerang yang diambil pada Sabtu, 19 November 2022.

advertisement
Artikel Terkait:
Bagian depan Stasiun Tangerang
Foto: Stasiun Tangerang di Atas Jalur Rel Sejak Zaman Kolonial
Stasiun Cikarang
Foto: Stasiun Cikarang Setahun Setelah Dibangun Ulang
Stasiun Serpong Commuter Line
Foto: Sore itu di Stasiun Serpong kala Akhir Pekan
Stasiun Tanah Abang Commuter Line
Foto: Stasiun Tanah Abang di Satu Akhir Pekan
Fajar Utama di Stasiun Pasar Senen
Foto: Kereta Fajar Utama Yogyakarta
advertisement

Logo the Monkey Times

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia.

Bagikan artikel ini