stasiun bogor pintu keluar selatan
Stasiun Bogor dipotret dari arah Pintu Keluar Selatan. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)
Iklan

Foto: Stasiun Bogor di Sore Hari Akhir Minggu

Stasiun Bogor merupakan bangunan peninggalan masa kolonial. Dan kami berkesempatan mengambil dokumentasi foto tentang Stasiun tersebut.

Photo of author

Oleh: Mas Hadid

Editor in chief di the Monkey Times. Menaruh minat luas pada perkembangan media digital dan arus wacana yang berkembang di sekitarnya. Bergabung dengan the Monkey Times sejak 2019.

the Monkey Times – Suatu kali kala Indonesia masih bernama Hindia Belanda, seorang warga kebangsaan Inggris bernama W. Basil Worsfold menuliskan pengalamannya mengunjungi Ciwangi, Sukabumi, menggunakan kereta api yang berangkat dari Stasiun Buitenzorg (nama Stasiun Bogor waktu itu.)

Poin Penting

  • Stasiun Bogor dibangun pada 1872 Pemerintah Hindia Belanda melalui perusahaan kereta api Staats Spoorwegen (SS).
  • Stasiun Bogor memiliki 2 pintu keluar. Yang lama berada di Selatan.
  • Sedangkan pintu masuk satunya berada di arah Timur, dan bersebelahan dengan alun-alun Kota Bogor.

“Kereta di negara tropis,” kata Worsfold kala itu, memang tak secepat kereta Flying Dutchman atau the Scotch Express.

advertisement

“Namun aku lihat gerbongnya cukup nyaman, dibuat dengan gaya Amerika dan dilengkapi tirai untuk menahan sinar matahari dan mengalirkan udara,” lanjut Worsfold.1Dikutip dari Priyo Jatmiko. Sejarah Kota Bogor. 2015. Penerbit priyo jatmiko. Hlm. 31.

“Kecuali kepala stasiun, semua petugasnya adalah orang Tionghoa dan Jawa. Penjaga pemeriksa karcis mengenakan seragam dan topi, tapi di balik pakaian ala Eropa itu dia masih memakai kostum lokalnya,” imbuh Worsfold.

Tentu kisah Worsfold hanyalah jejak masa lalu. Kereta kayu dan besi tua di masa Worsfold kini sudah berganti ke kereta yang terbuat dari stainless steel. Di dalamnya pun ada pendingin udara, kipas angin, serta keamanan berseragam serupa polisi.

Lalu di dalam stasiun tidak ada lagi pemandangan seperti yang diceritakan Worsfold. Namun kita tahu Stasiun Bogor merupakan salah satu bangunan peninggalan masa kolonial. Ia menandai sejarah panjang perkeretapian di bumi nusantara.

Stasiun Bogor Masa Kini

pintu masuk dan keluar timur stasiun bogor
Stasiun Bogor dari arah pintu keluar Timur, yang langsung menghadap alun-alun Kota Bogor. Tampak para pengunjung alun-alun berkerumun di depan bangunan stasiun. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Syahdan, Stasiun Bogor mulai dibangun pada 1872 dan dibuka untuk umum pada 1873. Usianya sama tua dengan Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta) dan Stasiun Ambarawa (Jawa Tengah) yang masing-masing dibangun pada 1872 dan 1873.

Karena status sebagai warisan kolonial Belanda itulah, Stasiun Bogor ditetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya Berdasarkan SK Menbudpar No: PM. 26/PW.007/MKP/2007, 26 Maret 2007.2Stasiun Bogor. kai.co.id. Diakses pada 8 Januari 2023.

stasiun bogor dari pintu masuk selatan
Suasana pintu masuk Stasiun Bogor dari arah Selatan. (Foto: mas Hadid/tmtimes.id)

Kini tidak ada wujud kereta seperti pernah diceritakan Worsfold. Zaman sekarang – setidaknya sampai artikel ini selesai ditulis, Stasiun Bogor melayani perjalanan para penglaju yang bekerja di ibukota, serta para pelancong yang ingin singgah ke Sukabumi menggunakan Kereta Pangrango.

Dan Hari ini nuansa klasik Hindia Belanda masih tertinggal di beberapa bagian bangunan Stasiun Bogor.

Nuansa tersebut bercampur dengan modernisasi yang dilakukan PT. KAI untuk melayani penumpang commuter line yang setiap hari tampak tergesa-gesa memburu kereta menuju Jakarta.

Kamu sering naik kereta dari Stasiun Bogor? Kemana? Sukabumi, atau mencari penghidupan di ibukota?

Sumber Bacaan:

  • 1
    Dikutip dari Priyo Jatmiko. Sejarah Kota Bogor. 2015. Penerbit priyo jatmiko. Hlm. 31.
  • 2
    Stasiun Bogor. kai.co.id. Diakses pada 8 Januari 2023.
advertisement
Berita Terkini:
kereta bogowonto

Kereta Bogowonto menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam 40 menit dari Jakarta Pasar Senen hingga Lempuyangan

advertisement
Artikel Terkait:
bagian depan stasiun jatinegara
Foto Stasiun Jatinegara: Gerbang Keluar Kereta ke Arah Timur
stasiun bogor pintu keluar selatan
Foto: Stasiun Bogor di Sore Hari Akhir Minggu
stasiun tanjung priuk
Foto Stasiun Tanjung Priok: Cagar Budaya Warisan Kolonial
Bagian depan Stasiun Tangerang
Foto: Stasiun Tangerang di Atas Jalur Rel Sejak Zaman Kolonial
Stasiun Cikarang
Foto: Stasiun Cikarang Setahun Setelah Dibangun Ulang
Stasiun Serpong Commuter Line
Foto: Sore itu di Stasiun Serpong kala Akhir Pekan
advertisement
Bagikan artikel ini