Penulis: tmtimes data

Whatsapp Melunak, Takkan Memaksa Pengguna Menyetujui Kebijakan Privasi Baru

Tapi mereka akan terus mengingatkan pengguna akan hal itu.

the Monkey TimesAplikasi Whatsapp yang dimiliki Facebook sebelumnya mengumumkan bahwa pengguna yang tidak menyetujui kebijakan privasi terbaru akan kehilangan sejumlah fungsi aplikasi tersebut, terhitung mulai 15 Mei silam.

Seperti dikutip the Monkey Times dari the Next Web (29/05/2021), pihak Whatsapp mengumumkan, seminggu sebelum 15 Mei, bahwa mereka tidak akan menghapus akun pengguna bila ternyata mereka tidak menyetujui kebijakan privasi terbaru. Sebagai gantinya mereka akan terus mengingatkan pengguna untuk menyetujuinya.

Waktu itu Whatsapp juga mengumumkan beberapa fungsi vital aplikasi perpesanan itu akan dibatasi bagi pengguna yang tidak menyetujui kebijakan privasi terbaru. Pengumuman tersebut sontak mengundang protes banyak pihak.

Agaknya pengelola aplikasi kemudian melunak karena protes itu juga. Mereka mengumumkan tidak akan membatasi fungsi vital aplikasi, walaupun penggunanya tidak menyetujui perubahan kebijakan privasi terbaru.

Melunaknya sikap Whatsapp agaknya terkait dengan “ketakutan” mereka akan migrasi pengguna besar-besaran ke pesaing dengan fungsi yang sama, seperti Telegram dan Signal. Fenomena itu sudah terjadi pada Januari kemarin, ketika pengumuman kebijakan privasi baru menyebabkan lebih dari ratusan ribu pengguna Whatsapp pindah ke Signal.

Lewat artikel resminya, layanan pertukaran pesan populer itu mengaku sebagian besar pengguna mereka sudah menyetujui kebijakan privasi terbaru. Artikel yang sama juga menyebut pengguna yang belum menyetujui kebijakan terbaru akan terus diingatkan tentang hal tersebut.

“Mengingat diskusi baru-baru ini dengan berbagai otoritas dan pakar privasi, kami ingin menjelaskan bahwa saat ini kami tidak memiliki rencana untuk membatasi fungsionalitas cara kerja WhatsApp bagi mereka yang belum menerima pembaruan.

Sebaliknya, kami akan terus mengingatkan pengguna dari waktu ke waktu tentang pembaruan serta kapan orang memilih untuk menggunakan fitur opsional yang relevan, seperti berkomunikasi dengan bisnis yang menerima dukungan dari Facebook,” tulis mereka.

Photo of author
Redaktur yang bertugas menulis segala hal terkait dengan data kuantitatif dan pengetahuan kualitatif. Penyuka es teh dan sebatang korek.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
harga Asus Zenfone 8
Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga Asus Zenfone 8 Beserta Review Spesifikasinya
Fitur baru Whatsapp
6 Fitur Baru WhatsApp: dari Joinable Call sampai Smart Switch
ilustrasi cara kirim pesan wa ke nomor sendiri
Kirim Pesan WA ke Nomor Sendiri tidak Terlalu Sulit, Ada Caranya kok
Samsung Galaxy Z Flip 3
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3, Harga dan Tips Merawatnya
ilustrasi charger ponsel
Uni Eropa mungkin akan Memaksakan USB-C sebagai Standar Baru Charger Ponsel

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini