Penulis: Ika Umi Hayati

Spesifikasi Black Shark 4 Pro: Ponsel Gaming Terkencang

Black Shark 4 Pro sudah dirilis! Kamu berminat membelinya? Harganya lumayan sih.

the Monkey TimesXiaomi telah merilis ponsel gaming canggih Black Shark 4 Pro dan 4 secara resmi. Kedua HP gaming terbaru ini meneruskan series sebelumnya yang dirilis Xiaomi pada bulan Maret 2020 lalu, yaitu Black Shark 3 dan Black Shark 3 Pro.

Sebagai penerus, tentu saja komponen penyusun Black Shark 4 dan 4 Pro telah mendapat peningkatan, baik dalam hal layar, ukuran, resolusi, dan sebagainya.

Untuk versi Black Shark 4 reguler mempunyai ukuran layar seluas 6, 67 inci dengan teknologi E4 AMOLED.

Sedangkan untuk resolusi yang dihadirkan pada ponsel gaming ini sudah didukung refresh rate hingga 144 Hx dengan HDR10 Plus (1.080 x 2.400 piksel).

Black Shark 4 juga dilengkapi dengan tiga buah kamera (kamera utama, kamera ultra wide, dan kamera makro yang disusun memanjang ke samping.

Sementara pada bagian depan terdapat satu kamera yang diletakkan dalam sebuah punch hole. Lalu, bagaimana dengan Black Shark 4 Pro?

Ponsel gaming versi ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari versi Black Shark 4 reguler. Hanya saja kisaran harganya sedikit lebih mahal.

Ponsel gaming Black Shark 4 versi Pro memiliki chipset Snapdragon 888 (5nm) yang merupakan keluaran terbaru dari Qualcomm. Sedangkan untuk RAM dan kapasitas memori internal cukup bervariasi, mulai dari 8GB/256 GB, 2GB/256 GB, dan 16GB/512 GB.

Harga jual Black Shark 4 versi Pro di Indonesia sendiri berada pada kisaran Rp. 8,9 juta – Rp. 11 juta per unitnya. Kedua versi ponsel gaming Black Shark sudah bisa dibeli di Indonesia.

Bagi Anda yang berminat, dapat membelinya lewat sesi pre-order di marketplace online Lazada.

Black Shark 4 Pro AnTuTu Bulan Juli 2021

Berdasarkan data yang didapat dari AnTuTu (salah satu aplikasi benchmark untuk menguji kemampuan sebuah hp) bulan Juli 2021 lalu, ponsel gaming ini berada pada peringkat teratas dalam daftar ponsel dengan performa tertinggi.

Ini tentu membuat ponsel gaming dari Xiaomi tersebut dinobatkan sebagai ponsel Android flagship terkencang di dunia dengan skor 854.439 melalui varian tertingginya yang memiliki RAM 16 GB dan penyimpanan internal 512 GB.

Black Shark Versi 4 Pro berhasil menempati posisi pertama setelah mengalahkan ponsel gaming lainnya yang pernah menguasai peringkat tersebut di bulan Juni 2021 lalu, yaitu Red Magic 6 Pro dengan skor 831.163.

Kemudian diikuti oleh OnePlus 3 Pro dengan skor 822.338 dan Oppo Find X3 Pro yang mempunyai skor 818.309.

10 peringkat besar di AnTuTU dipenuhi oleh vendor-vendor ponsel asal china, dan hampir seluruhnya menggunakan chipset Snapdragon 888.

Beberapa diantaranya adalah Xiaomi Mi 11, Meizu 18, iQOO &, Vivo X60 Pro+, OnePlus 9, dan Realme GT.

Ponsel Black Shark 4 Pro pertama kali dikenalkan pada bulan Maret 2021 di China bersamaan dengan perilisan Black Shark 4 versi reguler.

Meskipun belum hadir secara resmi di Indonesia, Anda tetap dapat membelinya melalui pre-order marketplace online Lazada. 

Black Shark 4 pro dibekali dengan tiga kamera belakang, antara lain kamera makro 5 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera utama 64 MP.

Untuk kamera depan atau selfie sebesar 20 MP juga sudah dilengkapi fitur fotografi. Selain itu ponsel ini juga memiliki teknologi layar AMOLED E4 berukuran 6,67 inch dengan HDR 10+, resolusi full HD, touch sampling rate, 720 Hz, refresh rate 144Hz dan tingkat kecerahan 1.300 nits.

Untuk menunjang aktivitas pengguna, pihak pengembang juga telah menambah kapasitas baterai sebesar 4.500 mAh dengan pengisian cepat 120W.  

Keunggulan lainnya adalah ponsel gaming ini sudah support jaringan Wi-Fi 6 dan 5G SA/NSA, Bluetooth 5.2, jack audio 3.5mm, sidik jari,, sistem pendingin yang mampu meredam panas saat bermain game hingga 18 derajat celcius, Dual Sim dalam ukuran nano, dan USB Type-C.

Selain itu, ponsel gaming tercanggih ini juga mempunyai fitur Xiaomi RAMDISK, dimana fitur tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja aplikasi tertentu dan mengalokasikan kapasitas penyimpanan.

Berikut ini adalah harga Black Shark 4 Pro di China:

  • 8 GB/256 GB – Rp. 8,9 Juta
  • 12 GB/256 GB – Rp. 10 Juta
  • 16 GB/512 GB – Rp. 11, 8 Juta

Alasan Beli Ponsel Gaming Tercanggih dari Xiaomi

Bagi Anda pecinta game pastinya menyambut gembira kehadiran Xiaomi Black Shark 4 Pro. Ini adalah momen yang paling ditunggu-tunggu karena ponsel tersebut diklaim telah mendapat peningkatan komponen sehingga memiliki performa yang maksimal.

Seri 4 dari Black Shark sendiri merupakan lanjutan dari versi sebelumnya yang dirilis dalam dua versi yaitu reguler dan juga Pro.

Sebagai sebuah ponsel gaming, Black Shark 4 Pro telah memiliki komponen-komponen yang dapat menunjang aktivitas gaming para pengguna.

Didukung dengan kapasitas RAM yang besar dan chipset kelas atas tentu membuat kinerja ponsel ini semakin mulus.

Photo of author
Penulis konten. Tinggal di Yogyakarta. Suka traveling, jalan-jalan dan jajan-jajan.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

Samsung Galaxy Z Flip 3
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3, Harga dan Tips Merawatnya
penampakan Xiaomi 11 Lite NE 5G
Bocoran Xiaomi 11 Lite NE 5G: Harga dan Spesifikasinya
Vivo X70
Spesifikasi dan Harga Vivo X70 yang Segera Hadir di Indonesia
black shark 4 pro ilustrasi
Spesifikasi Black Shark 4 Pro: Ponsel Gaming Terkencang
Ilustrasi TCL 20 Series
TCL Berencana Merilis lebih Banyak Smartphone 5G Murah
spek-entry-level-poco-m3
Poco M3 Dirilis: Sah disebut Entry-Level Killer

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini