Penulis: tmtimes data

Ada TROJAN di APKPure Apps

Sebaiknya Anda memperbarui APKPure ke versi baru, sebelum serangan Trojan jahat menginfeksi perangkat Anda.

the Monkey Times – Baru-baru ini perusahaan penyedia solusi keamanan digital, Kaspersky, mengumumkan bahaya sumber unduhan alternatif APKPure Apps, yang ternyata membawa potensi serangan Trojan di perangkat pengguna.

Bagi yang belum mengenal APKPure, ini adalah aplikasi yang menampung berbagai macam aplikasi smartphone Android. Ia akhir-akhir ini dikenal sebagai sumber alternatif bagi Google Play, aplikasi resmi yang jadi wadah bagi pengguna Android untuk memasang berbagai macam aplikasi mobile.

Pada dasarnya kehadiran APKPure merupakan fenomena wajar di dunia aplikasi mobile, khususnya yang berhubungan dengan Android. Ia dibuat dan ada karena sifat open source Android itu sendiri yang memungkinkan seseorang untuk merancang apps market di luar ekosistem Google Mobile Services yang terikat dengan infrastruktur Google.

Sederhananya, APKPure adalah apps market yang independen. Dan ia jadi wadah di mana seorang pengguna Android bisa mengunduh aplikasi free atau shareware.

Sayangnya APKPure bukanlah semesta apps market yang aman, setidaknya menurut Kaspersky.

Apa yang terjadi dengan APKPure?

Kaspersky melakukan serangkaian tes dan berkesimpulan APKPure bukanlah apps market yang aman untuk dipasang di perangkat pengguna. Tidak lain karena ia ikut menginjeksi entitas jahat bernama Trojan Dropper.

Kaspersky mendeteksinya sebagai HEUR:Trojan-Dropper.AndroidOS.Triada.ap. Cara kerjanya sederhana: ketika pengguna menjalankan APKPure, ia kemudian mengekstrak serangkaian komponen Trojan yang memaksa perangkat untuk melakukan beberapa hal: menunjukkan iklan di lock screen, membuka tab peramban, mengumpulkan informasi perangkat, dan mengunduh malware lain.

Perwakilan APKPure bukannya tidak menyadari resiko keamanan apps market buatan mereka. Mengutip Kaspersky kembali, versi terbaru APKPure 3.7.19 sudah muncul di situs resmi APKPure. Mereka mengatakan sudah memperbaiki masalah keamanan yang ada dan membuat versi terbarunya lebih aman digunakan.

Kalau kamu sudah kadung memasang APKPure di perangkat, perbarui aplikasinya ke versi terbaru 3.7.19 guna mengeliminasi Trojan yang menyerang perangkat. Jangan lupa lakukan pemindaian perangkat memakai antivirus.

Masalah program jahat yang menginfeksi perangkat pengguna sebetulnya kadung jadi masalah klasik yang belum pernah terselesaikan dengan baik. Jadi sebaiknya kamu mengunduh dan memasang aplikasi langsung dari sumber resmi.

Photo of author
Redaktur yang bertugas menulis segala hal terkait dengan data kuantitatif dan pengetahuan kualitatif. Penyuka es teh dan sebatang korek.

Berita Terkini:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen

Artikel Terkait:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
harga Asus Zenfone 8
Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga Asus Zenfone 8 Beserta Review Spesifikasinya
Fitur baru Whatsapp
6 Fitur Baru WhatsApp: dari Joinable Call sampai Smart Switch
ilustrasi cara kirim pesan wa ke nomor sendiri
Kirim Pesan WA ke Nomor Sendiri tidak Terlalu Sulit, Ada Caranya kok
Samsung Galaxy Z Flip 3
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3, Harga dan Tips Merawatnya
ilustrasi charger ponsel
Uni Eropa mungkin akan Memaksakan USB-C sebagai Standar Baru Charger Ponsel

Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini