Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Otomotif

Velg Kaleng yang Jadi Favorit Pecinta OEM-look

Demam velg kaleng sedang menjangkiti para pencinta mobil. Apa saja jenis velg kaleng yang diburu?


ilustrasi velg untuk mobil

Foto: Getty Images lewat Canva

Oleh: Panji
Diterbitkan:

Belakangan ini demam memasang velg kaleng di mobil kesayangan lumayan menjangkiti para pencinta mobil.

Iklan

Belum lagi ditambah tren restorasi mobil tua, makin menambah velg mobil dengan material besi ini kembali diminati.

Sebenarnya kalau mau dibahas, tren OEM-look sendiri kalau dilihat dari namanya berarti kurang lebih semacam mengembalikan tampilan mobil layaknya dulu saat keluar dari showroom.

Iklan

Seperti namanya, OEM, yang merupakan kependekan dari Original Equipment Manufacturing. Meski begitu, tren ini malah cukup dekat dengan keberadaan velg kaleng.

Bisa dimaklumi karena biasanya trim level dari suatu tipe mobil yang paling ekonomis seringkali menggunakan velg berbahan baja ini. Dengan memasang velg kaleng, maka tampilan mobil akan terlihat lebih “OEM”.

Lebih jauhnya, beberapa pecinta modifikasi malah menggunakan velg kaleng dari mobil lain untuk mengejar wajah OEM-look ini. Terutama bagi mobil yang tampilan velg kaleng standarnya dianggap kurang menarik atau malah tidak ada opsinya.

Lalu, muncul beberapa tipe velg kaleng favorit yang kemudian sering dipakai, berikut diantaranya.

  • Velg Kaleng Taruna

Velg Kaleng bawaan Daihatsu Taruna sering terlihat dipasang di mobil lain. Sebenarnya tidak semua Daihatsu Taruna menggunakan velg jenis ini, hanya pada sejumlah tipe yang ekonomisnya saja. 

Meski begitu, tampilan velg kaleng standar mobil ini lumayan dapat mendongkrak tampilan. Bentuk lubang ventilasinya cukup unik dan posisi velgnya tidak terlalu menonjol keluar.

Velg kaleng berdiameter  15 inci ini cukup jadi favorit untuk mobil-mobil yang sedang mengejar tampilan ALTO (All Terrain Off-road) untuk menambah kesan gagah.

Velg ini sendiri cukup sering dipasang di Kijang Innova hingga Daihatsu Gran Max. PCD-nya terlihat cukup cocok dengan kedua mobil itu, yaitu 5×114.3. Dan kelebihannya lagi, harganya relatif masih cukup terjangkau.

  • Velg Kaleng Mercy

Lingkar roda bawaan sedan Mercedes-benz juga cukup diminati. Alasannya karena diameter ring velg kaleng Mercy yang beredar di tanah air bisa dibilang cukup besar, dari ring 15 hingga 16.

Meski PCD-nya agak unik, khas beberapa mobil Eropa, yaitu 5×112, namun beberapa pemilik mobil Jepang mau memasang adaptor baut velg untuk memasang velg kaleng Mercy. Alasannya adalah, karena dengan memasang velg ini, masih memungkinkan untuk memakai ban dengan profil dinding yang tidak terlalu tebal.

  • Velg Kaleng Jeep Willys dan CJ

Di kalangan penggemar mobil 4×4 lawas, velg kaleng Jeep Willys dan CJ juga menjadi salah satu item yang cukup diminati. Selain untuk mengembalikan tampilan orisinal mobil-mobil tipe itu saat proses restorasi, ada pula yang sengaja mencari untuk mengejar tampilan dari aliran modifikasi tertentu.

Bagi penggemar Suzuki Jimny dengan aliran Jap Style misalnya, menjadikan velg kaleng Willys dan CJ yang berdiameter 15 dan 16 inci cocok untuk menemani ban dengan profil tapak yang sempit. Tampilan velg yang cukup polos juga dapat menambah kesan klasiknya. Apalagi, jarak PCD antar mobil-mobil ini juga sama, 5×139,7.

  • Velg Kaleng Wrangler YJ Sahara

Untuk penghobi yang fanatik dengan merk asal Amerika, Jeep, juga ada tipe velg kaleng yang sering menjadi rujukan. Velg kaleng Wrangler YJ tipe base atau sering disebut Wrangler YJ Sahara sering dipakai untuk Jeep lain seusianya.

Bentuk palang 6 nya cukup terlihat khas dengan hubcap atau center dop yang terlihat menonjol.

Velg kaleng ini lumayan favorit untuk  dipasang di Jeep Cherokee XJ. Jarak PCD-nya yang 5×114.3 juga masih memungkinkan untuk dipasang di beberapa tipe mobil lain yang spesifikasi lubang bautnya mirip.

Selain beberapa tipe velg kaleng di atas, masih ada sejumlah lingkar roda bawaan mobil atau produk aftermarket lain yang juga sering dipakai.

Memang, dengan memasang velg kaleng ini, selain kesan OEM-look bisa didapat, juga dapat mendongkrak tampilan apabila fitment-nya cocok. Terlebih lagi, jika didukung dengan perubahan di bagian mobil yang lain.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: kabar otomotif