Uni Eropa mungkin akan Memaksakan USB-C sebagai Standar Baru Charger Ponsel

Komisi Uni Eropa berpendapat penyeragaman charger ponsel bisa membantu mengurangi sampah elektronik.


ilustrasi charger ponsel

USB-C tampaknya akan menjadi standar baru charger ponsel di Uni Eropa. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Komisi Eropa hari ini (Kamis, 23/09/2021) mengeluarkan proposal rencana yang nantinya memaksa penggunaan USB-C sebagai standar konektor dan catu daya ponsel pintar serta berbagai jenis alat elektronik jenis lain.

Kalau proposal tersebut disetujui, otomatis semua charger ponsel, termasuk yang diproduksi Apple, dan yang dijual di Eropa, akan mendapatkan penyeragaman bentuk.

Melansir cnet, aturan tersebut juga mencakup berbagai macam jenis peralatan elektronik lainnya, termasuk konsol video gim, speaker portable, headphone, kamera dan tablet.

Rencana tersebut, yang tertuang dalam proposal Radio Equipment Directive, bertujuan untuk mengurangi sampah elektronik.

Kalau jadi diterapkan, setiap pemilik gadget di Eropa nantinya bisa memakai charger lamanya untuk perangkat gadget terbaru.

Komisi Eropa berpendapat penyeragaman dalam hal penggunaan charger mensyaratkan produsen untuk mendorong konsumen membeli perangkat tanpa charger.

Lebih jauh lagi, produsen gadget juga nantinya akan diminta untuk memberikan petunjuk yang jelas mengenai standar pengisian daya yang didukung perangkat yang mereka produksi.

Hanya saja proposal tetap proposal. Penerapan hukum di wilayah Uni Eropa membutuhkan pemungutan suara Parlemen Eropa. Dan bila disetujui, produsen gadget diberi waktu 24 bulan untuk beradaptasi dengan aturan baru.

Bila jadi diterapkan, aturan penyeragaman konektor dan catu daya ponsel pintar akan memberi dampak yang cukup besar kepada Apple, mengingat lini produk iPhone mereka masih menggunakan lightning connector.

Baca Juga:  Klarifikasi Whatsapp: Pesan Pribadi tetap Dienkripsi
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita hari ini, berita teknologi, kabar

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru