Uni Emirat Arab Sukses Meluncurkan Misi Luar Angkasa Pertama ke Mars

Ambisi Uni Emirat Arab di masa depan berhubungan dengan eksplorasi luar angkasa.


ilustrasi satelit pertama Uni Emirat Arab

Ilustrasi Al Amar Probe milik Uni Emirat Arab.


Oleh: tmtimes news

Diterbitkan:

tmtimes.id – Dengan menumpang pada roket H-IIA bikinan MItsubishi Heavy Industries, Uni Emirat Arab untuk pertama kalinya berhasil meluncurkan misi awal ke Mars.

Momen peluncuran itu terjadi pada Minggu (19/07) pukul 6:58 pagi waktu setempat di Tanegashima Space Center di Jepang. Roket H-IIA membawa Al Amal Probe milik Uni Emirat Arab. Menurut rencana Al Amal akan mengorbit di Mars pada Februari 2021.

Selama mengorbit di Mars untuk jangka waktu 687 hari, Al Amal akan mengambil data-data terkait atmosfer Mars.

Peluncuran Al Amal menandai percobaan pertama Uni Emirat Arab di bidang eksplorasi ruang angkasa. Tech Crunch memuji pencapaian tersebut, mengingat Uni Emirat Arab baru mendirikan badan antariksa pada 2014.

Masih mengutip Tech Crunch, Uni Emirat Arab pernah meluncurkan satelit sebanyak dua kali di tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi misi orbital ke Mars jadi yang pertama bagi negara kaya minyak itu.

Al Amal dikembangkan selama 6 tahun lewat serangkaian kerjasama, termasuk dengan tim riset Atmospheric and Space Physics dari the University of Colorado Boulder’s Laboratory.

Kepala misi UEA Mars Omran Sharaf memberi isyarat data-data atmosfer Mars yang diambil dari Al Amar nantinya akan tersedia untuk komunitas sains internasional.

Lebih jauh lagi, mengutip AP News, kepala Badan Antariksa Uni Emirat Arab Mohammed Al Ahbabi mengatakan negaranya akan terus terlibat lebih jauh lagi di bidang eksplorasi ruang angkasa.

Konten dari Pemburu Berita

Baca Juga:  Melihat Letusan Gunung Berapi di Islandia dari Dekat Sekali
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita internasional, luar angkasa

Atau baca artikel lain yang ditulis: tmtimes news


Artikel Terkait



Terbanyak Dibaca



Artikel Terbaru