Rosalia Indah Jakarta ke Jogja via Selatan: Pas Untuk yang Tidak Banyak Menuntut

Pujian patut diberikan atas kenyamanan yang ditawarkan Rosalia Indah untuk penumpang dari Jakarta ke Jogja via jalur selatan.

tmtimes.id

rosalia indah executive plus Jakarta ke Jogja

Ringkasan

  • Bus: Rosalia Indah
  • Kelas: Executive Plus 28 seat
  • Rute: Jakarta — Jogja via Kebumen
  • Harga Tiket: Rp 248,200 (hari kerja)
  • Durasi: 11 jam 22 menit (hari kerja)
  • Pujian Untuk: Durasi perjalanan yang terbilang cepat. Jarak antar seat cukup lebar. Setiap seat dilengkapi leg rest, bantal dan selimut, box tempat menyimpan alas kaki dan colokan USB di setiap arm rest. Harga tiketnya lebih murah ketimbang, misalnya, kereta api Taksaka di rute yang sama.
  • Kekurangan: Service makannya biasa saja.

Ketika memilih untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Jogja dengan bus, armada executive plus yang ditawarkan Rosalia Indah setidaknya menarik perhatian dengan dua cara:

Pertama, harga tiketnya lebih murah ketimbang kereta kelas eksekutif di rute Jakarta ke Jogja.

Kedua, bus bisa jadi pilihan utama seandainya kamu ingin turun di kampung halaman yang jauh dari stasiun kereta di sepanjang jalur selatan (misalnya, kamu ingin turun di Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, di mana lokasinya jauh dari stasiun utama).

Ketiga, jumlah seat yang “hanya” 28 buah membuat jarak antar kursi lebih lega ketimbang bus kelas eksekutif reguler yang biasanya berjumlah 32 seat.

Waktu Tempuh dan Transit

Ada dua opsi yang bisa dipilih kalau kamu ingin pergi ke Jogja via jalur selatan menggunakan Rosalia Indah executive plus. Yang pertama menumpang bus dengan keberangkatan pertama dari Bogor, dan yang kedua menumpang bus dengan keberangkatan pertama dari Ciledug. Di sini kami memilih opsi kedua, namun kami memilih berangkat dari Kampung Rambutan.

Bus Rosalia Indah dari Jakarta ke Jogja via Kebumen dijadwalkan berangkat pukul 17:00 dari Terminal Kampung Rambutan. Kami melakukan perjalanan pada 10 Juli 2024 dan memesan tiket dengan kode rute CG. 304. Nomor ini mengacu pada bus executive plus yang kami naiki, dengan nomor lambung 3062.

Sayangnya sore itu bus terlambat masuk terminal. Baru pada pukul 17:41 Rosalia Indah 3062 masuk ke terminal. Hanya ada 3 orang yang naik ke dalam bus di Kampung Rambutan.

Tak perlu menunggu lama, Rosin 3062 melanjutkan perjalanan untuk menjemput penumpang lain di beberapa lokasi transit, yakni di Pasar Rebo, Jatiasih, Cibitung, Cikarang dan Karawang. Total sebanyak 23 penumpang ikut serta dalam perjalanan ke Jogja malam itu.

Bus singgah di rumah makan Rosin Subang Rest Area sekitar pukul 21:15. Menu makan gratis yang kami dapatkan sekadar cukup untuk mengenyangkan perut setelah perjalanan selama 3 jam 3 menit dari Kampung Rambutan ke Subang.

Kami tidak hanya berhenti sekali, melainkan ada perhentian selanjutnya di Rumah Makan & Pos Kontrol Rosalia Indah di daerah Kebasen, Banyumas, sekitar pukul 02:20 dini hari.

Dari sana bus kemudian menyusuri jalur selatan melewati Gombong, Kebumen, Purworejo, Wates, dan mengakhiri perjalanan di pool Rosin Yogya. Menurut catatan kami, bus memasuki kawasan pertigaan Gamping, Jogja, sekitar pukul 06:00. Kami turun di kawasan tersebut.

Penilaian Kami

interior rosalia indah
Bagian dalam kabin Rosalia Indah 3062. Bus ini menggunakan sasis Scania K360, dengan bodi SR3 XHD Prime produksi Karoseri Laksana. (Foto: tmtimes.id)

Sebetulnya tidak ada yang luar biasa dari perjalanan menggunakan bus executive plus 3062 dari Jakarta ke Jogja via Kebumen. Tidak ada camilan berlebihan, tidak ada dispenser untuk menyeduh kopi atau popmie, tidak ada toilet yang bisa digunakan untuk BAB, tidak ada burger sebagai makanan gratis di tempat istirahat. Sederhananya, fasilitas yang kami nikmati terbilang standar.

leg rest executive plus rosalia indah
Bersantai di dalam bus Rosalia Indah. (Foto: tmtimes.id)

Namun dengan lapangnya jarak antar seat di dalam bus, plus leg rest yang memungkinkan badan rileks sepanjang perjalanan, membuatnya mampu memenuhi standar kebanyakan penumpang yang ingin merasakan kenyamanan sepanjang perjalanan.

Artinya: untuk orang yang tidak terlalu banyak menuntut standar tinggi dalam pelayanan bus AKAP, Rosalia Indah executive plus bisa jadi pilihan.

Selanjutnya