Tips Olahraga Saat Pandemi, Tetap Aman dan Sehat

Pandemi bukan alasan untuk malas berolahraga, yuk mulai sekarang!


tips olahraga saat pandemi

Oleh: Redoni

Diterbitkan:

the Monkey Times – Semenjak pandemi, pemerintah menghimbau masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah.

Mulai dari bekerja, makan, belanja, bahkan olahraga sebaiknya tidak dilakukan di tempat yang berpotensi ramai dikunjungi orang seperti tempat gym.

Meskipun kegiatan kita banyak yang dibatasi, itu tidak bisa menjadi alasan untuk malas berolahraga.  

Mengapa demikian? Selama pandemi, kita dianjurkan untuk terus menjaga kesehatan.

Nah, salah satunya itu dengan berolahraga. Aktivitas ini dapat meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh sehingga membantu kamu terhindar dari segala macam penyakit.

Pilihan olahraga juga ada banyak, mulai dari yoga, berlari, sepeda, senam, dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat, saat ini kita masih belum sepenuhnya terbebas dari pandemi. Untuk itu, kamu perlu tips olahraga saat pandemi yang aman dan menyehatkan.

Bedakan Olahraga dengan Bergerak

Kegiatan olahraga dapat dilakukan selama pandemi. Menurut pakar kesehatan, sebaiknya olahraga dilakukan secara ringan atau sedang dengan durasi minimal 30 menit dan disarankan setiap hari.

Kamu juga harus membedakan antara olahraga dan bergerak, karena bergerak itu hanya mempengaruhi otot dan sendi saja, tidak termasuk imunitas tubuh.

Contohnya, ketika mencuci pakaian, membersihkan rumah, memasak, dan beberapa aktivitas rumah yang biasa dikerjakan itu termasuk bergerak, bukan olahraga.  

Cara Olahraga Saat Pandemi, Tetap Aman Walaupun di Luar Rumah

Olahraga terbukti dapat membantu kamu menjaga imunitas tubuh supaya tetap prima sehingga mampu menekan penularan virus Corona.

Berikut ini ada beberapa tips atau cara berolahraga supaya aman selama masa pandemi, termasuk saat melakukannya di luar rumah.  

  1. Gunakan Masker Saat di Tempat Umum

Kamu wajib memakai masker saat berolahraga di tempat umum. Alat pelindung diri ini dapat membantu kamu terhindar dari paparan virus Corona yang berasal dari orang lain.

Jika berada di tempat yang sepi, kamu dapat melepas masker sejenak untuk membiarkan tubuh mendapat asupan oksigen.  

  1. Cari Lokasi Yang Sepi

Sebisa mungkin cari lokasi olahraga yang tidak terlalu ramai. Langkah ini bertujuan meminimalisir potensi penularan virus yang bisa terjadi saat kamu sedang berolahraga di luar rumah.

Pastikan kamu tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan ketika berolahraga di tempat umum.  

  1. Rutin Mencuci Tangan dengan Sabun

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin selama melakukan kegiatan olahraga di luar rumah.

Baca Juga:  Cara Diet yang Benar dan Sehat Berdasarkan Usia dan Jenis Makanan

Atau praktisnya kamu dapat membawa cairan pembersih tangan seperti hand sanitizer yang mengandung 60% alkohol.     

  1. Selesai Olahraga, Jangan Mampir-mampir

Sebaiknya kamu tidak mampir-mampir ke warung makan atau kumpul-kumpul dengan teman komunitas olahraga setelah beraktivitas.

Untuk menghindari godaan tersebut, kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah.

  1. Langsung Bersihkan Diri Setelah Pulang

Setelah pulang dari berolahraga di luar rumah, sebaiknya kamu langsung pergi mandi dan ganti baju dengan yang bersih.

Mandilah dengan sabun dan keramas pakai shampo, dan untuk pakaian kotor kamu bisa menaruhnya di tempat yang tidak mudah tersentuh.

Supaya lebih aman, cuci baju kotor dengan sabun dan semprotkan terlebih dahulu dengan cairan desinfektan.

Lakukan Ini Supaya Hasil Olahraga Lebih Maksimal

Tetap aman olahraga di tengah pandemi, pastikan kamu melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Olahraga Minimal 30 Menit

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan kita untuk melakukan olahraga minimal 30 menit perhari selama pandemi.

Kamu juga harus melakukan tahapan olahraga yang benar, mulai dari pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan sebagai penutup yang dilakukan selama kurang lebih lima menit.

Jika kamu sibuk bekerja, maka gunakan waktu di malam hari untuk berolahraga. Lakukan minimal dua jam sebelum tidur, dan jangan terlalu malam supaya tidak membuatmu resah, gelisah, atau kesulitan tidur.  

  • Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup setelah selesai berolahraga supaya kamu tidak dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Selain mencegah dehidrasi, air putih juga dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak di tubuh.

Konsumsi air putih sebanyak 2,5 liter setiap hari, karena ini dapat memperkuat sistem imun dan memperlancar saluran pencernaan.

  • Perhatikan Kondisi Tubuh

Tujuan dari berolahraga tentu saja untuk menjaga kebugaran tubuh dengan harapan tetap sehat. 

Tapi bila melakukannya saat tubuh dalam kondisi kurang prima, kamu akan menuai hasil yang kontra produktif.

Bukannya sehat, tapi malah melukai diri sendiri. Nah, supaya tetap aman berolahraga selama pandemi, kamu perlu memperhatikan kondisi tubuhmu. Apakah sedang kondisi prima atau sedang tidak baik-baik saja.

  • Olahraga Di Waktu Yang Tepat

Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Kebanyakan orang memilih berolahraga di pagi hari karena udaranya masih segar dan belum banyak polusi.

Tapi sebenarnya, baik itu pagi, sore, atau malam itu sama saja, asal dilakukan saat tubuh dalam kondisi fit.  

Baca Juga:  4 Tips Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja Untuk Pemula

Itu dia beberapa tips olahraga saat pandemi yang tetap aman di lakukan meski di luar rumah.

Terapkan tips ini supaya kamu tetap sehat dan terhindar dari paparan virus Corona, ya.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: olahraga saat pandemi, tips aman berolahraga, tips sehat

Atau baca artikel lain yang ditulis: Redoni

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru