Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Jelajah

Buat yang Punya Mimpi traveling, ini Dia Tips Menabung untuk Liburan

Semuanya harus kamu rinci secara lengkap, jadi ketika sudah waktunya berangkat, langsung cus deh. 


Tips menabung untuk liburan

Ilustrasi orang sedang liburan (Foto : PR Image Factory/Canva Pro)

Oleh: Redoni
Diterbitkan:

the Monkey Times – Pergi ke suatu tempat untuk sejenak menyegarkan pikiran dan merasakan nuansa alam sekitar memang sangat penting untuk dilakukan.

Iklan

Terutama untuk kamu yang terlalu sibuk bekerja dan hanya melakukan kegiatan monoton,terkadang membuat pikiran menumpuk dan ingin melepaskan semua beban yang ada di pundak. 

Namun, sering kali terjadi pada masyarakat era kini, inginnya sih liburan. Tapi, budgetnya tidak mencukupi dan gagal deh untuk berangkat.

Iklan

Karena, beberapa biaya yang ada mungkin habis untuk memenuhi kebutuhan yang lain dan terbatasnya waktu untuk berlibur. Nah, apakah ada tips menabung untuk liburan pada momen tertentu? Mari kita bahas

Tips Menabung #1: siapkan rencana dulu

Merencanakan itu tidak pernah ada salahnya, karena mencoba untuk mempersiapkan dan menentukan liburan yang tepat dan terarah. Semuanya harus kamu rinci secara lengkap, jadi gak ada masalah lagi ketika sudah waktunya berangkat. 

Iklan
  1. Menentukan Waktu Liburan

Untuk kamu yang ingin merencanakan liburan yang teratur, coba yuk lihat dulu kalendernya dan pastikan ada beberapa tanggal yang membuat kamu bebas dari kegiatan yang ada.

Hal ini harus kamu lakukan agar tidak mempengaruhi performa dan produktivitas kamu dalam bekerja, sehingga tidak pusing dengan deadline yang ada nantinya.

Apabila kamu sudah mengetahuinya, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu lakukan dan lihat.

Terutama bisa melihat dari waktu keberangkatan dan pulangnya, mencari destinasi wisata yang ingin dikunjungi, selanjutnya kamu tinggal mempersiapkan dan menghitung budget liburannya tersebut secara menyeluruh.

Nantinya, apabila kamu sudah mempersiapkannya lebih dahulu, membuat waktu liburan kamu lebih pasti dan akan jauh lebih maksimal.

Menariknya lagi, kamu bisa tuh pesan transportasi dari jauh-jauh hari, keuntungannya akan jauh lebih murah dengan adanya promosi dan tidak bakal kehabisan tiket. 

  1. Memilih Destinasi Plesiran

Apabila kamu memiliki waktu yang relatif senggang, rasanya kamu bisa langsung memilih liburan ke luar kota atau bisa juga ke luar negeri.

Semakin jauh semakin oke kok,, apalagi tidak ada yang bakal melarang sejauh mana kamu liburan itu kok, tapi ingat dananya cukup atau tidak hehehe. 

Jika waktu liburanmu sangat singkat dan hanya sehari atau tiga hari saja, lebih prepare untuk memilih destinasi yang dekat-dekat saja.

Ada banyak kok yang menarik untuk kamu lihat, mulai dari memilih liburan staycation, melihat pantai terdekat, atau mengunjungi wisata yang lagi hits di dekat kamu tinggal tersebut. 

Liburannya juga tetap menyenangkan loh, asal bersama siapa kamu perginya. Jika sama pasangan ma asyik aja terus huhuhu

  1. Tidak Lupa Merangkum Semuanya 

Jika kamu sudah melihat dan menentukan destinasinya, langkah yang kamu lakukan bisa merangkum semua secara menyeluruh.

Apalagi masa pandemi Covid 19 sekarang, kamu harus teliti mencari dan memahami informasi yang ada.

Tidak lupa membuat timeline yang jelas, disini kamu harus menjabarkan semuanya, termasuk biaya yang akan dihabiskan. 

Lihat bagian lain secara lengkap, termasuk dari biaya transportasi yang harus dihabiskan, biaya konsumsinya, dan tidak lupa juga untuk menentukan beberapa biaya-biaya darurat tambahan.

Dengan mengaturnya secara tepat dan lebih menarik, membuat liburan yang ingin kamu jalankan itu lebih terarah dan jauh lebih nyaman. 

Tinggal Mempersiapkan Biaya Liburan

Titik paling sulitnya ya tinggal mempersiapkan biaya liburannya sih, merencanakan mah enak-enak aja tinggal tulis dan simpan hehehe, namun untuk merealisasikannya itu yang susah. Ada beberapa langkah cermat yang bisa kamu coba terapkan, mari kita bahas.

  1. Harus Hemat Jangan Boros 

Jika ingin terpenuhi liburannya, tentunya kamu harus hemat dan mampu memenuhi semua target yang ingin kamu dapatkan.

Paling mudah untuk kamu lakukan ya tinggal hidup hemat dan kurangi scroll-scroll marketplace, supaya iman kamu tetap kuat dan tidak tergoda untuk membuang hasil jerih payah kamu itu dan liburan segera terwujud. 

Rumus yang paling mudah untuk kamu lakukan bisa membedakan dari biaya sehari-hari, biaya darurat, dan kebutuhan lainnya yang tidak kalah penting.

Apabila kamu sudah mengalokasikannya pada beberapa pos, sisihkan untuk buat tabungan liburan. 

  1. Tidak Lupa Untuk Menabung 

Untuk kamu yang ingin hemat, ada aturan menarik yang bisa kamu coba. Caranya kamu bisa melihat prosesnya dengan melakukan metode 50-30-20.

Ketentuannya sih mudah saja, 50 persen untuk kebutuhan wajib dan keseharian, 30 persennya dana darurat dan tabungan lainnya, dan 20 persen khusus liburan. 

  1. Pilih Investasi Menguntungkan 

Apabila ingin mencapai target liburan yang cepat, mulai dari biaya liburan dan tidak mengurangi tabungan, mungkin kamu bisa mencoba alternatif untuk investasi.

Jika kamu konsisten melakukannya, kemungkinan modal kamu akan bertambah lebih besar dan membuat budget liburan yang jauh lebih dari kata cukup. 

Bagaimana bisa menerapkan tips menabung untuk liburan nya? Terpenting ada niat, pasti ada jalan kok. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan wisata