6 Tips Liburan di Masa Pandemi Agar Tetap Asyik dan Aman

Mengambil waktu sejenak dan menikmati liburan sah-sah saja untuk kamu lakukan, terpenting kamu memahami beberapa tips liburan saat pandemi. 


Tips liburan di masa pandemi

Perlengkapan liburan (Foto : Rawf8/Canva Pro)

Oleh: Redoni
Diterbitkan:

the Monkey Times – Di tengah masa pandemi memang lebih baik dituntut untuk beraktivitas di rumah saja, tetapi apabila kegiatan tersebut dilakukan dalam kurun waktu yang lama, rasanya akan sangat membosankan.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Mengambil waktu sejenak dan menikmati liburan sah-sah saja untuk kamu lakukan, terpenting kamu memahami beberapa tips liburan di masa pandemi

Meskipun telah melakukan vaksin bukan berarti kamu bebas tanpa ada jarak dan tidak mengenakan masker ketika sedang liburan.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Mengantisipasi memang harus tetap dilakukan dan tidak boleh abai, karena virus Covid 19 masih terus mengintai dan membahayakan orang sekitar.

Nah, bagaimana sih biar aman saat sedang liburan ke suatu tempat? Mari kita bahas. 

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Cara Aman dan Liburan di masa Pandemi 

Berikut ini kami akan memberikan kepada kamu beberapa tips asyik dan aman ketika sedang melangsungkan liburan, baik bersama teman, keluarga atau hanya berdua sama pasangan.

Apa aja tuh tipsnya? 

Kondisi Badan Sedang Fit dan Sehat 

Sebelum kamu mengambil waktu cuti dan mencari tempat liburan, pastikan terlebih dahulu kondisi badan kamu ya.

Tidak hanya dirimu saja, tapi anggota keluarga atau teman kamu dalam keadaan yang baik-baik saja. Jangan sampai kamu bepergian, namun kondisi sedang drop dan tidak dalam kondisi yang prima. 

Apabila keadaan kamu sedang sakit, maka berdampak pada daya tahan tubuh. Efeknya membuat perlindungan dalam tubuh akan lebih mudah mendatangkan penyakit lainnya, termasuk juga virus Covid 19.

Hindari untuk mengambil resiko ya guys, karena membahayakan diri dan orang lain juga loh. 

Beberapa destinasi wisata sih memang mewajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin, tes antigen dan PCR, jika hasilnya negatif dan badan kamu baik ya tidak ada masalah, selamat menikmati liburan ya. 

Hindari Destinasi Wisata yang Terlalu Ramai 

Berbagai penelitian menyebutkan kalau virus Covid 19 lebih mudah menyebar pada area yang tertutup dan banyak orang.

Dengan begitu, pastikan deh kamu tidak memilih tempat wisata yang terlalu ramai, lebih baik untuk mencari area yang terbuka hijau, luas, dan tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan. 

Mungkin kamu bisa pergi ke perkebunan teh atau melihat birunya laut plus pasir putihnya, karena beberapa tempat itu tidak terlalu berhimpitan dan dampaknya juga membuat pikiran jauh lebih rileks.

Jika memaksa untuk pergi keluar kota, perhatikan juga kondisi kasusnya sedang tinggi atau rendah, sehingga membuat kamu dan lainnya akan jauh lebih nyaman. 

Lakukan riset terlebih dahulu dan tidak langsung pergi begitu saja, tengah pandemi memang harus banyak perubahan, termasuk dalam memutuskan untuk liburan. 

Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Pribadi

Memang agak terasa ribet ya untuk pergi liburan, karena harus memperhatikan dan mempertimbangkan banyak faktor.

Salah satunya tidak melupakan membawa perlengkapan pribadi, seperti handuk, sikat gigi, wadah makan, dan tempat minum.

Semuanya harus dibawa dan meminimalisir penularan virus dari barang-barang yang ada. 

Sebelum berangkat, obrolin saja dulu dengan anggota lainnya dan harus mematuhi beberapa perlengkapan tersebut.

Karena, kebutuhannya bukan untuk diri sendiri, tapi menyangkut hajat hidup orang banyak. 

Tidak Sembarangan Menyentuh Wajah dan Mata 

Berdasarkan dari beberapa riset dan penelitian yang ada, virus Covid 19 lebih mudah menyebar apabila kamu menyentuh bagian tubuh yang sensitif, seperti wajah dan mata.

Terkadang, tanpa sengaja membuat kita reflek dan menyentuhnya. Untuk antisipasi, selalu siapkan hand sanitizer atau tisu yang mengandung hand sanitizer. 

Karena, ketika sedang dalam perjalanan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sangat tidak mungkin untuk selalu dilakukan.

Oleh karena itu, selalu biasakan untuk tidak sembarangan dalam menyentuh area tersebut dan perhatikan kondisi tangan kamu harus bersih. 

Selalu Menggunakan Masker 

Terakhir, masker itu harus selalu kamu pakai dan kenakan. Walaupun orang sekitar sedang terlihat sehat-sehat saja, kamu tetap terus menggunakannya.

Hindari hanya membawa satu masker saja, pastikan kamu memiliki cadangan. Awalnya sih memang berat ya, tapi lama-lama enak kok, apalagi peranan masker ampuh untuk mencegah penularan. 

Memilih Konsep Roadtrip dan Staycation

Jika kamu tidak ingin ambil resiko terlalu besar, liburannya menggunakan kendaraan pribadi saja dan pilih villa untuk privasi, selain itu meminimalisir kontak dengan orang lain.

Namun, kamu dan anggota yang lain memang harus mencari tempat yang benar-benar oke, biar liburan lebih terasa dan bukan hanya pindah tempat tidur saja. 

Ada banyak kok di Indonesia yang mengakomodasi beberapa tempat untuk kamu staycation tersebut, tidak perlu khawatir nusantara itu surganya pilihan wisata alam yang menakjubkan kok. 

Adaptasi baru memang sedikit effort dan harus konsisten, harapannya memang untuk menjaga diri sendiri dan lainnya.

Jika hendak memutuskan untuk liburan, patuhi aturan yang ada dan mengikuti beberapa tips liburan di masa pandemi, agar tetap asyik dan aman. 

Artikel ini diperbarui pada:
Temukan artikel menarik lainnya di topik: tips jalan-jalan

Bagikan artikel ini