Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Jelajah

6 Tips Liburan Bersama Keluarga Supaya Lebih Menyenangkan

Setiap orang tentu mendambakan liburan yang asik dan menyenangkan bersama keluarga.


tips liburan bersama keluarga
Diterbitkan:

the Monkey Times – Apakah kamu dan keluarga berencana untuk pergi liburan di akhir tahun ini? Jika iya maka perlu mengetahui tips liburan bersama keluarga supaya mendapatkan pengalaman lebih seru dan menyenangkan.

Iklan

Setiap orang tentu mendambakan liburan yang asik dan menyenangkan bersama keluarga. Karena liburan yang menyenangkan akan membantu diri refreshing sehingga kembali bersemangat dalam beraktivitas.

Apalagi bagi kamu yang selama ini mempunyai jadwal harian super padat karena kerja dan sebagainya, maka saat itulah kesempatan yang tepat untuk waktu berkualitas bersama keluarga tercinta.

Iklan

Untuk itu, coba terapkan tips berikut.

Jangan Asal Pilih Lokasi Travelling

Saat merencanakan liburan, pertama-tama kamu harus menentukan tempat yang ingin dituju. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, dan sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada semua anggota keluarga agar mereka mengetahuinya.

Iklan

Berbicara mengenai tempat liburan, ada beberapa opsi yang bisa dipilih, sebut saja pantai, gunung, danau, hingga ke luar kota.

Jika memilih ke luar kota, kamu dapat mengajak keluarga untuk pergi ke tempat yang punya destinasi wisata lengkap seperti Bali, Bandung, Yogyakarta, Padang, Malang dan sebagainya.

Bebas kemana saja asal hasil kesepakatan bersama. Namun jika waktunya terbatas, alternatif yang bisa dipilih adalah wisata dekat dengan tempat tinggal yang bisa dikunjungi tanpa harus menginap.  

Survei Lokasi Liburan dan Siapkan Kebutuhan

Kamu dapat melakukan survei lokasi wisata untuk mengira-ngira pengeluaran yang perlu disiapkan.

Mulai dari waktu yang dimiliki, jarak tempuh menuju lokasi, harga tiket masuk, penginapan sekitar, transportasi, hingga prakiraan cuacanya.

Kamu juga harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan nantinya agar tidak kerepotan lagi ketika sampai di tempat liburan.

Misalnya, kamu ingin pergi ke Bali. Nah, sebelum berangkat sudah harus mencari tahu tentang destinasi wisata tersebut.

Jika ingin lebih banyak kesempatan mencicipi masakan lokal, maka dapat mencari informasi seputar destinasi wisata kuliner yang harus dicoba.

Saat ini mendapatkan informasi tentang lokasi liburan sangatlah mudah, apalagi jika kamu bisa menggunakan internet.

Tentukan Transportasi dan Penginapan

Dalam merencanakan liburan tentu tidak semudah yang dibayangkan, sebab kamu harus menyiapkan segala kebutuhan termasuk transportasi dan penginapan.

Terlebih lagi jika kamu dan keluarga memutuskan untuk ke luar kota, butuh persiapan matang agar semuanya berjalan lancar. Nah, setibanya di lokasi liburan, kamu juga sudah tahu harus pergi kemana saja.  

Bila kamu orang yang lebih suka hal-hal praktis, cara terbaik menyiapkan liburan adalah dengan menggunakan jasa travel agent terpercaya.

Pihak travel akan menawarkan destinasi wisata pilihan, transportasi, makan, hingga tempat penginapan yang nyaman.

Serahkan semua urusan perjalanan kepada mereka, dan kamu hanya perlu duduk manis dengan tenang.  Dijamin bisa membuat liburan semakin seru.

Namun jika ingin liburan secara mandiri, untuk masalah transportasi kamu dapat membawa kendaraan pribadi, naik bis, atau menggunakan kereta api bila tujuannya bisa diakses dengan jalur darat.

Harganya memang lebih ekonomis daripada transportasi udara. Tapi jika ingin lebih nyaman dan cepat sampai tujuan, sebaiknya gunakan moda transportasi udara yang lebih aman.

Sementara untuk tempat menginap dapat memilih hotel murah yang tidak jauh dari objek wisata tapi tetap nyaman dan aman.

Sebagai bahan pertimbangan, carilah penginapan yang menyediakan fasilitas lengkap.  

Mencari Promo dan Mencicil Persiapan Perjalanan

Ingin segera liburan tapi masih terkendala budget? Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan promo-promo yang ada.

Biasanya menjelang akhir tahun ada banyak travel agent, hotel, objek wisata, hingga layanan transportasi yang menawarkan promo besar-besaran. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dan membawa keluarga pergi liburan.

Agar beban biaya terasa lebih ringan, kamu dapat mencicilnya mulai dari sekarang. Jadi, silahkan buat budget plan dulu supaya mudah mengetahui nominal uang yang perlu dikumpulkan.

Kemudian pesan tiket kereta atau pesawat, lalu booking penginapan hingga membeli tiket hiburan.

Menjaga Keamanan Selama Liburan

Jika kamu ingin mengajak keluarga liburan bersama, tentu menjaga keselamatan adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan.

Terutama bagi kamu yang membawa anak-anak, ajarkan kepada mereka untuk menghafal nama lengkap dari orang tua, nomor telepon yang dapat dihubungi, hingga tempat menginap selama liburan. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kelalaian orang dewasa.

Bawa Barang dengan Bijak dan Siapkan Bekal Makanan

Bawalah barang secukupnya saja yang dibutuhkan. Kamu harus benar-benar memperhatikan hal ini selama melakukan perjalanan liburan.

Apalagi jika membawa serta anak-anak, maka bijaklah dalam menyiapkan kebutuhan seperti popok, susu, baju, dan sebagainya.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terbebani oleh biaya bagasi.  Untuk soal makanan, kamu juga harus membawa perlengkapan dan persediaan makanan secukupnya agar selama perjalanan tidak kelaparan.

Bagaimana, sudah tidak sabar ingin liburan, ya? Silahkan terapkan tips liburan bersama keluarga di atas, dijamin kamu akan mendapat pengalaman terbaik yang terlupakan.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: tips jalan-jalan