Tips Belajar Efektif Supaya Lulus Penilaian Akhir Semester (PAS)

Belajar boleh santai, asal tidak ditunda-tunda.


Tips belajar efektif

Ilustrasi sedang belajar (Foto : Stocksnap/CanvaPro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Waduh, sudah hampir bulan Desember 2021 nih. Nggak kerasa ya, semester ganjil akan segera berakhir.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Artinya dalam waktu dekat bakal ada Penilaian Akhir Semester (PAS), apakah kamu sudah mempersiapkan diri?

Tentu harus belajar dong, apalagi nilai PAS ini sangat mempengaruhi hasil raport sampai ke peluang lolos di SNMPTN mendatang.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Gawat kalau nilaimu pas-pasan, jadi jangan pernah menganggapnya sepele, ya!  Kalau kamu punya rencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, tentu harus mempersiapkan penilaian akhir semester mulai dari sekarang.

PAS tidak berbeda jauh dengan ulangan harian. Prinsipnya sama, yakni menguji pemahaman siswa mengenai soal-soal materi yang telah disampaikan oleh guru.

Iklan. Konten berlanjut di bawah.

Hanya saja materi yang diujikan lebih banyak, bisa lebih dari 3 bab atau sesuai yang telah dipelajari sepanjang semester.

Jangan panik, hal itu tidak baik karena mengacaukan konsentrasi. Terpenting kalian sudah belajar dari jauh-jauh hari dan memahami maksud dari soal-soal yang keluar.

Silahkan terapkan tips belajar efektif berikut ini supaya kamu lebih siap menghadapi ujian semester PAS.

Manfaatkan Waktu Luang Menjawab Latihan Soal Mandiri

Kira-kira, apa hal yang membuatmu merasa tidak siap menghadapi ujian? Kurang menguasai materi atau takut soal yang diujikan susah untuk dijawab?

Tenang, semua bisa teratasi kalau kamu sering mengerjakan latihan soal. Suasana ujian memang penuh tekanan, bagi orang-orang yang tidak siap menghadapinya akan lebih mudah kehilangan konsentrasi.  

Alhasil jawaban yang diisikan malah kacau balau. Kalau tidak ingin seperti ini ya harus belajar dari jauh hari sebelum pelaksanaan PAS.

Jangan pakai sistem kebut semalam (SKS), karena hasilnya pasti kurang optimal. Supaya prestasi kamu tetap bagus tanpa harus terjebak SKS, jangan jadikan belajar sebagai beban.

Belajar boleh santai, asal tidak ditunda-tunda. Materi ujian terkadang ada yang mudah dipelajari dan ada juga yang sulit.

Sebaiknya kamu memahaminya secara mendalam dan tidak menyepelekan materi pelajaran yang keluar di ujian PAS.  

Terkait dengan soal hitungan yang ada rumus-rumusnya, memang harus dihafal. Kalau terbiasa berlatih soal tentu tidak akan sulit mengingatnya.

Yang perlu dilakukan adalah menguasai teknik menghitung cepat supaya soal hitungan nanti bisa diselesaikan dengan baik. Pastikan untuk mengeceknya ulang guna meminimalisir kesalahan perhitungan.  

Memanajemen Waktu Belajar

Ayo ngaku, siapa diantara kalian yang lebih banyak bermain daripada belajar? Atau mungkin kalian termasuk siswa yang aktif dalam berorganisasi?

Mulai dari sekarang kamu harus bisa memanajemen waktu belajar secara efektif. Sesibuk apapun aktivitas yang dilakukan di sekolah maupun di rumah, jangan lupa menyisihkan waktu selama 1-2 jam untuk mempelajari kembali materi yang diajarkan oleh guru.

Cara mengatur waktu belajar efektif cukup mudah dipraktekkan, kamu bisa memulai dari menyusun agenda harian, membuat target belajar, menentukan waktu luang, memilih metode belajar yang sesuai, dan ingat harus disiplin dan konsisten.

Setelah mempraktekkannya dalam beberapa hari, jangan lupa melakukan evaluasi untuk mengecek apakah cara memanajemen waktu belajarmu sudah efisien atau belum.

Kalau kurang memuaskan, kamu harus memperbaiki jadwal belajar dan berusaha lebih disiplin mengikutinya. Melatih manajemen waktu juga berguna saat menjawab soal-soal ujian.

Belajar Kelompok Bersama Teman

Belajar kelompok menjadi salah satu cara efektif dalam meningkatkan prestasi, mengembangkan cara berpikir kritis, menumbuhkan rasa percaya diri terhadap kemampuan, dan mengembangkan skill sosialisasi serta komunikasi dengan orang lain.

Walaupun saat mengerjakan soal-soal ujian PAS nanti kamu nggak boleh bekerjasama dengan teman, tapi tidak ada salahnya latihan soal bersama menjelang penilaian akhir semester.

Kamu juga dapat lebih mudah memahami materi yang akan diujikan dengan belajar kelompok, sekaligus membangun keakraban dengan teman-teman kelas, loh. 

Mencatat Kisi-Kisi Materi dari Guru

Adanya kisi-kisi materi PAS memudahkan kamu dalam mengetahui acuan belajar. Biasanya guru akan menyampaikan gambaran besar materi yang keluar di pertemuan terakhir, tapi kalau belum jangan sungkan untuk meminta.

Kalau sudah memegang kisi-kisinya kamu dapat belajar dengan mudah, lebih hemat waktu, tenaga dan pikiran, serta melatih kemampuan memprediksi dengan baik.

Silahkan dicatat setiap kisi-kisi yang diberikan supaya hasil ujian dapat dijawab semua.   

Tepis Pikiran Negatif dan Semua Hal yang Menghambat

Tindakan manusia didorong oleh pikiran. Kalau kamu berpikir sulit sejak awal maka akan langsung menyerah.

Hindari berpikir negatif, karena hanya menghambat kamu mencapai kesuksesan seperti rasa malas. Mulai dari sekarang tanamkan pola pikir positif dan fokuslah mencapai tujuan belajar.

Supaya lancar menghadapi penilaian akhir semester, kamu bukan hanya perlu mempersiapkan diri menghadapi materi yang diujikan, tapi juga menjaga kesehatan penting selama pandemi.

Pastikan untuk beristirahat dengan cukup dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Batasi diri bepergian ke luar rumah dan kurangi jajan sembarangan. Ingat untuk taat prokes.

Sebelum mengerjakan soal jangan lupa berdoa, ya. Semoga mendapatkan nilai terbaik di penilaian akhir semester mendatang. Sukses buat kalian.

Artikel ini diperbarui pada:
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Tips belajar

Bagikan artikel ini