Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Otomotif

Tipe Mobil Double Cabin yang Pernah Masuk ke Indonesia

Mobil double cabin sempat banyak yang masuk ke Indonesia. Daftar lengkapnya ada disini.


Mobil Double Cabin
Oleh: Panji
Diterbitkan:

the Monkey Times – Geliat penggemar jenis mobil berkabin ganda saat ini masih terlihat eksis di dunia otomotif tanah air. Mobil tipe satu ini memang memiliki pesonanya tersendiri.

Iklan

Selain lekat dengan tampilan khas mobil penjelajah, mobil Double Cabin juga relatif cukup nyaman untuk dikendarai dibanding sebagian kendaraan 4×4 lain. Belum lagi kelebihan daya angkut barangnya.

Sebenarnya tren mobil Double Cabin sudah masuk ke Indonesia sejak awal 2000-an. Waktu itu banyak APM (Agen Pemegang Merek) ramai-ramai memasukkan tipe mobil Double Cabin ke tanah air.

Iklan

Selain segmen penghobi mobil 4WD, mereka juga menyasar pasar perusahaan tambang yang memang membutuhkan mobil jenis ini.

Kalau mau lebih utuh lagi, sebenarnya sebelum masa itu pun sebagian mobil Double Cabin sudah masuk. Misalnya Toyota Hilux LN 106 dan 107 tahun 1990-an atau Mitsubishi L200 generasi awal yang masih berbodi kotak. Namun, pemakaiannya masih terbatas di kalangan atau perusahaan tertentu.

Iklan

Ketika awal 2000-an saat APM memasuki ceruk pasar ini secara hampir bersamaan, jadi makin mudah ditemui mobil berkabin ganda lalu-lalang di jalan.

Makin ramai lagi ketika sebagian mobil yang dioperasikan di area tambang sudah memasuki masa purna tugas dan dilelang ke tangan pribadi.

Supaya lebih lengkap, berikut kami ulas beberapa produk mobil Double Cabin yang dari dulu hingga sekarang pernah memasuki pasar Indonesia secara resmi dari APM-nya.

  • Mitsubishi L200 Series
Mitsubishi L200

Mobil Double Cabin L200 Strada pertama masuk tanah air lewat tangan APM secara resmi  sekitar tahun 2002. Ditawarkan dengan berbagai model. Di generasi awal ini dibekali mesin diesel 2.5 liter turbo dan 2.9 liter.

Sekitar tahun 2007, Strada mengalami penyegaran. Bodinya berubah total. Bentuknya lebih membulat dan kemudian agak disamai oleh Mitsubishi Pajero Sport.

Penambahan nama Triton juga menjadi cirinya. Perubahan selanjutnya terjadi di 2013. Di masa ini sudut-sudutnya menjadi lebih tajam sesuai desain yang populer di zamannya.

Kemudian perubahan dilakukan lagi di tahun 2018. Selain bentuknya semakin tajam dan futuristik. Kini mesinnya juga diganti.

Triton menggunakan mesin seri 4N15 berkapasitas 2.4 liter yang menggusur keluarga 4D56 yang telah lama menghuni ruang dapur pacunya.

  • Ford Ranger
Ford Ranger 2017

Hampir berbarengan dengan L200, Ford juga memperkenalkan Ranger Double Cabin ke Indonesia, sekitar tahun 2002. Tak lama kemudian, wajah Ford Ranger sedikit disegarkan dengan tampilan lampu dan gril baru.

Mesin dieselnya berkapasitas 2.5 liter turbo dan 2.8 liter. Kemudian, sekitar tahun 2007 Ford Ranger dipermak total. Di generasi ini juga dikenalkan mesin TDCi yang sudah mengusung teknologi Commonrail.

Penyempurnaan selanjutnya dilakukan di tahun 2009 dimana terdapat perubahan fascia. Kemudian, dilakukan lagi penyegaran secara menyeluruh di tahun 2012. Inilah yang dikenal dengan nama Ranger T6.

Eksistensi Ford Ranger sempat terhenti saat APM Ford Indonesia berhenti beroperasi. Kemudian saat Ford terdengar berjualan lagi di Indonesia, model ini ikut jadi andalannya lagi.

  • Nissan Frontier/Navara
Nissan Frontier

Mobil ini juga ikut masuk di gelombang awal datangnya Double Cabin ke Indonesia secara massal. Awal masuk tahun 2002 dengan nama Nissan Frontier.

Sekitar tahun 2008, Frontier diperbaharui lagi dengan tambahan Navara. Kemudian sekitar 2016 dilakukan perombakan menyeluruh lagi.

  • Isuzu D-Max
Isuzu D

Isuzu juga ikut memasukkan D-Max dari sekitar gelombang pertama Double Cabin massal di Indonesia.  Pernah diganti mesinnya di generasi yang sama, namun kemudian wajahnya baru dirubah total di tahun 2012. Kemudian dilakukan penyempurnaan lagi di 2019.

Mazda B2500

Sebenarnya Mazda sudah ikut meramaikan pasar mobil Double Cabin di Indonesia dari angkatan awalnya, melalui tipe B2500.

Mobil ini sebangun dengan Ford Ranger atau lebih tepatnya Ranger yang memakai platform mobil ini. Penyempurnaan dilakukan di tahun 2006 dengan penggantian nama Mazda BT-50.

  • Chevrolet Colorado
Chevrolet Colorado

Chevrolet kemudian ikut meramaikan dengan menjual Colorado di Indonesia. Produk ini sendiri bekerjasama dengan Isuzu. Sekitar tahun 2011, mobil ini sudah dijual di gerainya. Kemudian dilakukan pembaruan wajah di sekitar tahun 2017.

  • Toyota Hilux
Toyota

Pernah memasuki Indonesia di generasi sebelumnya, Toyota Hilux juga kemudian masuk di pasar Double Cabin Indonesia.

Setelah eksis di varian Single Cabin, Hilux kabin ganda dijual sekitar tahun 2009. Kemudian mengalami perubahan wajah sekitar tahun 2011. Tahun 2015 juga dilakukan perubahan lagi.

Itulah tadi beberapa mobil Double Cabin yang pernah beredar di Indonesia. Ada yang konsisten dari awal gelombang pertama masuk dan masih bertahan.

Sebagian sudah tak melanjutkannya lagi. Namun ada pula yang masuk belakangan.

Penulis: Panji Mega Kurniantoro | Editor: M. Hadid

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: kabar otomotif, otomotif istimewa