Terapkan Frugal Living Agar Keuangan Tertata

Ada satu gaya hidup yang bisa kamu ikuti agar bisa terhindar dari pemborosan, yaitu Frugal Living. 


Frugal Living

Penerapan frugal living dalam kehidupan sehari-hari. (Foto: Designer 491/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Pernahkah kamu berpikir kenapa tiap bulan gaji selalu habis? Ada saja keperluan yang harus dibeli dan akhirnya tidak bisa menabung?

Jika iya, mungkin kamu termasuk orang yang boros. Walaupun kamu tidak merasa, tapi jika tidak menyisihkan uang dari gaji yang sudah cukup tentu saja itu masuk tindakan boros.

Ada satu gaya hidup yang bisa kamu ikuti agar bisa terhindar dari pemborosan, yaitu Frugal Living. 

Pengertian Frugal Living 

Frugal sendiri mempunyai arti hemat, dan living adalah kehidupan. Sehingga bisa disimpulkan gaya hidup yang satu ini adalah hidup hemat dengan mempertimbangkan penggunaan uang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Jika ingin menjalankan gaya hidup ini, kamu dituntut untuk lebih cermat serta hemat ketika membelanjakan uang. Hasilnya kamu akan bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan barang-barang yang sudah dipunyai. 

Manfaat Menjalani Frugal Living 

  1. Menjalani hidup dengan tenang 

Ketika kamu memilih untuk hidup frugal, maka bisa dibilang hidupmu akan lebih tenang. Mengapa demikian? 

Karena kamu akan dituntut untuk mengambil keputusan dengan lebih bijak serta cemat. Kamu tidak akan terpengaruh untuk membeli barang-barang mahal hanya karena melihat orang lain. 

Kamu sudah pasti akan lebih memilih membeli barang yang sekiranya memang bermanfaat untukmu. 

  1. Kesadaran finansial lebih tinggi 

Ketika kamu menjalani hidup frugal, maka kesadaran finansial akan meningkat. Kamu akan menyadari bahwa uang bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih penting.

Semisalnya adalah dengan lebih memilih berinvestasi dan menabung ketimbang membeli barang yang tidak diperlukan. Adanya kesadaran ini akan membantu kamu untuk menata keuangan dengan lebih baik. 

  1. Memahami kebutuhan 

Selain itu, gaya hidup frugal juga akan membantu kamu dalam memahami kebutuhan bukan keinginan. 

Kamu tahu mana yang akan menjadi prioritas dalam hidup. Sehingga kamu akan lebih memilih membeli barang yang memang diperlukan serta mana yang hanya akan memuaskan hawa nafsu.

  1. Terhindar dari hutang 

Manfaat terakhir dari gaya hidup ini adalah akan membantu kamu agar terhindar dari hutang. 

Ketika kamu tidak mempunyai kontrol akan keuangan, biasanya akan lebih memilih untuk berhutang demi memenuhi kebutuhan pokok serta keinginan. Kebanyakan hutang sudah pasti akan berakibat buruk. Karena ujung-ujungnya kamu akan menutup lubang gali lubang. 

Dari adanya manfaat tersebut, bisa dibilang bahwa gaya hidup frugal akan memberikan kemudahan dalam masalah keuangan. Kamu tidak akan pusing mencari uang lebih jika sudah bisa mengatur dengan baik. 

Baca Juga:  Duduk Perkara Kelebihan Blogging di era Serba Vlogging

Tips Menjalani Frugal Living 

Jika kamu benar-benar ingin menjalani gaya hidup hemat ini, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti berikut ini: 

  1. Susun anggaran keuangan 

Tips pertama untuk bisa menjalankan gaya hidup frugal adalah dengan menyusun anggaran keuangan.

Hal ini tidak hanya bisa dilakukan oleh para pekerja saja, bagi kamu yang masih sekolah pun bisa melakukannya juga. 

Menyusun anggaran setiap bulannya bisa membantu kamu untuk mengontrol keuangan.

Kamu dapat menyusun anggaran selama sehari, seminggu atau sebulan. Tergantung kemampuanmu, apakah kamu mendapat gaji secara harian, mingguan ataupun bulanan. 

  1. Terapkan makan untuk hidup bukan untuk bergaya

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak restoran yang menyajikan makanan enak dilengkapi fasilitas nyaman. 

Kamu masih boleh makan di restoran, meski menjalankan gaya hidup floral. Tapi, kamu harus ingat, bahwa di dalam kehidupan frugal mempunyai esensi makan untuk hidup. 

Jika, kamu sudah paham akan konsep tersebut, sudah pasti akan lebih memilih makan sehat yang tidak perlu dibeli dari restoran mahal. 

Jadi, bukan berarti kamu tidak boleh makan di restoran, tapi tidak harus terlalu sering. Paling penting adalah mendapat asupan makanan dengan gizi dan nutrisi yang cukup sesuai kebutuhan. 

  1. Jangan malu naik transportasi umum 

Menjalani hidup frugal berarti kamu harus berani untuk memilih naik transportasi umum. Buang pikiran naik transportasi umum tidak nyaman dan panas. 

Karena saat ini sarana transportasi umum sudah lebih baik dan mengedepankan kenyamanan. 

Walau, kamu punya kendaraan pribadi, tapi tetap saja biaya bensin bisa lebih tinggi dari biaya kendaraan umum. 

  1. Jaga kesehatan 

Tips selanjutnya dalam menjalani hidup frugal adalah dengan menjaga kesehatan. Pelaku gaya hidup ini sudah pasti akan menyadari bahwa kesehatan adalah aset yang berharga. 

Dengan hidup sehat, berarti kamu sudah menjaga kualitas hidup menjadi lebih baik. Jika sudah memiliki kualitas hidup yang baik, maka kamu pun bisa beraktivitas dengan lancar tanpa terganggu dengan apapun. 

Menjalani frugal living bukan berarti kamu pelit. Gaya hidup ini akan mengajarkan kamu menjadi pribadi yang lebih menghargai kehidupan serta kerja keras.

Kehidupan frugal juga akan mengajarkanmu untuk menjadi orang yang memiliki tujuan jelas dan tidak membuang waktu hanya mencari kesenangan semata. 

Temukan artikel menarik lainnya di topik: keuangan sehari-hari, tips keuangan

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru