Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Musik

Tentang The Strokes yang Masih Tetap Solid

Solidnya The Strokes bisa jadi adalah anomali di industri musik


the Strokes

Penampilan live the Strokes. Dari kiri atas: Julian Casablancas, Nick Valensi, Nikolai Fraiture, Fabrizio Moretti, and Albert Hammond Jr. (Foto: Raph_PH/Wikimedia Commons)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Boleh dibilang kalau The Strokes adalah salah satu grup musik solid, dengan personel asli yang masih utuh hingga sekarang.

Iklan

Grup musik asal New York ini masih beranggotakan Julian Casablancas (vokal); Nick Valensi (gitar); Albert Hammond Jr (gitar); Nikolai Fraiture (bass); dan Fabrizio Moretti (drum).

Total sudah ada enam album yang dihasilkan grup musik bergenre garage rock revival itu. Adapun album keenam yang mereka rilis adalah The New Abnormal (2020) yang dirilis di masa pandemi.

Iklan

Berawal dari Pertemanan Julian, Nick, Moretti

Bibit kelahiran The Strokes dimulai dari pertemanan antara Julian Casablancas, Nick Valensi, dan Fabrizio Moretti. Ketiganya sama-sama bersekolah di Dwight School pada 1997, serta sering bermain musik bersama.

Guna menambah teman bermain musik, Julian pun lantas salah satu temannya, Nikolai Fraiture. Pada 1998, Julian kembali mengajak teman lainnya untuk bermain musik bersama. Adapun teman yang dimaksud adalah Albert Hammond Jr yang saat itu baru datang dari New York.

Iklan

Pada 1999, Julian dan keempat temannya mulai sering manggung dari satu bar ke bar. Di sela-sela kegiatan manggung, mereka pun membuat sejumlah lagu yang kelak masuk ke album pertama The Strokes.

Is This It yang Fenomenal

Boleh dibilang kalau Is This It (2001) adalah album The Strokes yang fenomenal. Dikatakan begitu karena dari album inilah The Strokes mampu mencuri perhatian dunia.

Is This It menawarkan sajian garage rock revival dengan permainan gitar Nick dan Albert yang saling sahut-menyahut. Secara lirikal, Is This It banyak bercerita tentang kehidupan anak muda di New York.

Hal lain yang bikin Is This It begitu fenomenal adalah foto kaver albumnya. Banyak yang mengira kalau foto tersebut adalah foto seorang wanita bersarung tangan yang tengah memegangi pantatnya. Kenyataannya, yang dipegang oleh tangan tersebut adalah lutut. Foto tersebut merupakan karya fotografi dari salah satu teman Julian, Colin Lane. Adapun model foto tersebut adalah pacar dari Colin Line.

I Just Wanted To Be One of The Strokes

Banyak musisi yang terpengaruh oleh The Strokes. Salah satunya yang paling ternama adalah Alex Turner. Kepada sejumlah media, vokalis Arctic Monkeys itu tak malu mengakui kalau The Strokes adalah salah satu inspirasi terbesarnya.

“Merekalah (The Strokes, pen) yang membuat saya merobek celana jins saya, serta bikin saya nulis ‘I’ve got soul and I’m superbad’ dengan memakai tinta merah,” ujarnya seperti dikutip dari Superlive.

Bersama Arctic Monkeys, Alex Turner sempat menyanyikan salah satu lagu The Strokes, Take It or Leave It. Ia mengaku kalau saat itu kurang bisa membawakan lagu tersebut dengan baik.

“Kita membawakan lagu itu (Take It or Leave It, -pen) di sebuah acara TV di Prancis. Hasilnya jelek, tapi saya menikmatinya,” ujar musisi kelahiran 6 Januari 1986 itu.

Kecintaannya pada The Strokes pun lantas ia tumpahkan pada lirik lagu. Pada lagu Star Treatment, Alex menulis lirik di awal lagunya dengan kata-kata ‘I just wanted to be one of The Strokes‘.

The New Abnormal dan Grammy Pertama

Secara musikal, The New Abnormal (2020) mungkin tak menawarkan formula musik mutakhir. The Strokes masih memakai formula dari album-album sebelumnya pada album keenamnya ini. Mulai dari harmonisasi gitar Nick dan Albert, sampai aransemen musik bernuansa futuristik.

Kendati begitu, The New Abnormal masihlah tergolong istimewa. Selain karena dirilis di masa pandemi, album ini juga berhasil membawa The Strokes meraih Gammy Awards untuk pertama kalinya pada kategori album rock terbaik. Album keenam The Strokes itu berhasil mengalahkan empat nominator lainnya.

Masih Solid

Seperti grup musik lainnya, The Strokes juga punya masalah internal, khususnya soal ego personel. Boleh dibilang kalau Julian adalah personel yang paling egois di The Strokes.

Ia adalah sosok dominan yang selalu menentukan ke mana arah tiap album The Strokes. Tak jarang ia bakal berkonflik dengan personel lain bila berlawanan pendapat. Uniknya, hal tersebut tidak membuat grup musik ini kehilangan personel atau bahkan bubar.

Sampai saat ini, The Strokes masih beranggotakan Julian Casablancas, Nick Valensi, Albert Hammond Jr. Nikolai Fraiture, dan Fabrizio Moretti. Hal tersebut membuat The Strokes menjadi satu dari sekian grup musik yang personelnya masih sama saat pertama kali didirikan.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: the band
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments