Penulis: Dina Meidiana

Tanda Kamu Harus Cek Kesehatan Mental Secepat Mungkin

Hal ini tidak lepas dari stigma yang beredar di lingkungan sekitar, dimana memiliki masalah kesehatan mental berarti lemah

the Monkey Times, Kesehatan mental sangatlah penting sekali untuk kamu jaga. Meski begitu kesadaran masyarakat akan kesehatan mental masih terbilang rendah.

Hal ini tidak lepas dari stigma yang beredar di lingkungan sekitar, dimana memiliki masalah kesehatan mental berarti lemah. Padahal tidak seperti itu. 

Sebagai seorang manusia yang selalu merasakan emosi, sudah pasti akan mengalami berbagai perasaan negatif. Dimana ini adalah hal yang paling wajar.

Siapapun boleh merasa sedih, marah, kecewa dan lain sebagainya. Jadi, jika kamu memang membutuhkan bantuan dari psikolog juga tidak perlu ragu lagi. 

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan kesehatan mental ke psikolog? Adapun beberapa tanda yang mengharuskan kamu untuk segera mengecek diri akan masalah kesehatan mental. Berikut ini penjelasannya. 

Tanda Kamu Harus Segera ke Psikolog Secepatnya 

Perlu kamu tahu terlebih dahulu bahwa memeriksakan kesehatan mental harus ke psikolog terlebih dahulu.

Kemudian, jika ternyata ada indikasi yang harus membutuhkan perawatan, maka kamu nanti akan dirujuk ke rumah sakit yang memiliki poli jiwa. Ahli yang menangani di rumah sakit ini adalah psikiater. 

Jadi, antara psikolog dan psikiater memiliki perbedaan walau sama-sama menangani masalah kejiwaan. Hanya saja psikolog akan membantu dengan memberikan terapi tanpa obat.

Tapi psikiater akan meresepkan obat jika memang diharuskan. Berikut ini adalah tanda bahwa kamu membutuhkan bantuan psikolog: 

Merasa sedih terus menerus 

Tanda pertama adalah dari rasa kesedihan yang dialami. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tadi bahwa sebagai manusia, kamu pasti akan merasakan sedih.

Tapi, tentu saja ini tidak boleh berlangsung lama. Apabila rasa sedih ini selalu kamu rasakan dan sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, berarti kamu harus mendapatkan bantuan dari psikolog. 

Rasa sedih yang kamu rasakan ini bisa saja terjadi karena memang kamu baru saja mengalami kejadian menyedihkan, semisalnya adalah ditinggal selamanya oleh orang terdekat.

Tapi, bisa juga karena faktor lain. Semisalnya terus merasakan tekanan yang tidak ada habisnya dan membuat Anda stress, rasa sedih pun bisa muncul terus-terusan. 

Jadi, jika memang kamu selalu merasakan kesedihan yang berlangsung terus menerus, hal ini tentu saja harus dihentikan. Apabila rasa sedih tidak bisa diobati dengan hal yang selalu membuatmu bahagia, maka lebih baik segera ke psikolog. 

Mengalami kesulitan tidur atau tidur berlebihan 

Mengalami kesulitan tidur atau malah tidur berlebihan juga menjadi salah satu tanda kamu membutuhkan bantuan dari psikolog.

Kesulitan tidur yang dialami juga biasanya terjadi karena banyak sekali yang kamu pikirkan. Tentu saja pikiran-pikiran ini juga bukanlah hal yang baik.

Sedangkan tidur berlebihan itu karena kamu akan selalu merasakan lelah. Meski kamu tidak melakukan apapun, tapi kamu akan merasa lelah.

Menurut penelitian kesulitan tidur sendiri pertanda bahwa kamu kemungkinan mengalami gangguan kecemasan. Sedangkan tidur berlebihan, bisa jadi kamu mengalami depresi. 

Ingin menyakiti diri sendiri 

Jika kamu juga memiliki keinginan untuk selalu menyakiti diri sendiri, maka kamu harus segera mencari bantuan. Karena pikiran ini akan semakin parah seiring dengan tekanan atau beban yang mungkin kamu rasakan.

Semakin lama kamu menundanya, maka kamu juga akan terus merasa tersiksa. Jadi, tidak usah ragu untuk segera melakukan pemeriksaan akan kondisi mental. 

Kehilangan minat 

Tanda selanjutnya kamu butuh seorang psikolog adalah dari hilangnya minat akan hal yang disukai. Padahal melakukan hal yang disukai adalah sumber rasa bahagia.

Tapi, ketika kamu melakukannya, tidak ada lagi perasaan senang. Bahkan kamu tidak ingin lagi hobi-hobi tersebut.

Hal ini pun berbeda dengan rasa bosan sesaat. Dimana kehilangan minat ini akan berlangsung lama. Kamu akan benar-benar meninggalkan hobi yang selama ini kamu jalani.

Jika memang ini sudah terjadi lebih baik, kamu tidak menahan diri lagi. Segeralah ke psikolog yang akan sangat membantu sekali untuk melepaskan beban tersebut. 

Tidak bisa mengendalikan emosi 

Tanda selanjutnya adalah kamu tidak bisa mengendalikan emosi, baik itu rasa marah yang mendadak muncul atau tiba-tiba ingin menangis.

Perasaan ini sendiri harus segera mendapatkan penanganan lebih, karena ada indikasi bipolar yang mungkin kamu alami. Jadi, lebih baik tidak menunda lagi untuk bertemu dengan ahlinya agar bisa membuatmu semakin membaik. 

Cemas selalu datang 

Setiap manusia pasti akan merasakan cemas. Tapi, jika yang kamu rasakan adalah cemas yang tanpa sebab. Maka, kamu tidak boleh mengabaikannya. Kamu sebaiknya segera mencari pertolongan ke psikolog atau mungkin segera bercerita kepada orang terdekat.

Karena jika dibiarkan maka kamu bisa saja mengalami serangan cemas hingga panic attack. 

Itulah beberapa tanda bahwa kamu harus segera mengecek kesehatan mental secepat mungkin. Apabila kamu ragu, ada satu hal yang harus dipahami. Kamu bukanlah orang lemah, menemui psikolog berarti kamu ingin menjadi lebih baik.