Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

7 Alasan Punya Tanaman Terrarium Bisa Membuat Kita Semakin Bahagia

Menariknya lagi tanaman hias tak sekedar enak dipandang mata tapi juga memberikan manfaat, mulai dari pekerjaan, lingkungan, hingga kesehatan.


Tanaman terrarium

Tampilan tanaman terrarium (Foto : Shalith/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Dari tahun ke tahun tren tanaman hias memang tidak ada matinya, malah selalu berkembang. Menariknya lagi tanaman hias tak sekedar enak dipandang mata tapi juga memberikan manfaat, mulai dari pekerjaan, lingkungan, hingga kesehatan.

Iklan

Jenisnya ada banyak, salah satunya tanaman terrarium yang bisa kamu letakkan di ruang kerja, meja belajar, ruangan tamu, atau di luar rumah.

Terrarium adalah tanaman yang ditanam di dalam wadah yang terbuat dari kaca. Kalau diibaratkan maka wadah kaca ini merupakan pot yang menjadi tempat tumbuhnya tanaman.

Iklan

Kamu bisa membuat terrarium sendiri dan merawatnya tanpa perlu khawatir rusak. Terrarium tidak membutuhkan lahan yang besar, perawatannya juga minimalis sehingga mudah dilakukan siapa saja.

Memiliki tanaman hias yang tumbuh hijau tentu membantu menghilangkan stres dan rasa jenuh, bahkan bisa membuat kita merasa lebih bahagia, loh. Kok bisa? Yuk, cari tahu alasan kenapa tanaman satu ini bisa membuat bahagia.

Iklan

Menambah Semangat dan Menyembuhkan

Kamu penasaran nggak sih kenapa saat seseorang menjenguk teman atau rekannya yang dirawat di rumah sakit pasti bawa bunga?

Kebiasaan ini juga sering ditampilkan di film atau sinetron Indonesia. Nah ternyata ada penelitian yang menunjukkan bahwa pasien di rumah sakit bisa sembuh bila melihat bunga atau tumbuhan.

Meskipun kurang efektif tapi kita dapat menyebutnya sebagai obat murah. Sama halnya dengan meletakkan terrarium di meja kerja atau rumah, karena secara tidak langsung kamu telah membuat alat terapi untuk diri sendiri.

Menghilangkan Stres

Selain mudah dalam perawatan, terarium ternyata mampu meredakan stres yang menumpuk dalam pikiran.

Kamu bisa menggabungkannya dengan beberapa jenis tanaman lain untuk membuat corak yang lebih colorful.

Tentu hasilnya akan terlihat lebih segar dan enak dipandang mata. Inilah salah satu alasan kenapa orang-orang bisa merasakan kebahagiaan saat melihatnya.

Seperti terrarium kaktus, tanaman ini dapat menghasilkan oksigen lebih banyak dan membuat pikiran jadi segar dan tenang kembali. Kalau merasa bahagia, tentu stres yang kamu rasakan akan pergi dengan sendirinya.

Memberikan Efek Positif Secara Psikologis

Ketika kamu membuat terrarium sendiri, ini bisa menjadi salah satu cara menyalurkan kreativitas.

Tentu akan ada manfaat positif yang dirasakan oleh psikologis seseorang, seperti merasa lebih segar dan rileks.

Terrarium dapat memberikan suasana alami yang membuat pemiliknya merasakan berbagai efek menguntungkan seperti bahagia, memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, serta meningkatkan produktivitas.

Mudah Disimpan dan Memiliki Keindahan Tiada Tara

Sebenarnya pada tahun 80-an sempat booming tren menanam tumbuhan dalam kaca, dan sekarang tren tersebut muncul kembali.

Terrarium cocok untuk mereka yang memiliki lahan sempit, hidup dalam konsep minimalis karena menjadi tanaman hias yang mudah disimpan.

Kamu dapat meletakkannya di tanah pot ringan yang banyak drainase, wadah kaca atau vas yang diberikan pasir serta arang kecil sebagai media tanam.

Dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki, terrarium sangat enak untuk dipandang. Untuk menghiasnya memang tergantung dengan kreatifitas masing-masing.  

Mudah Dirawat Sehingga Ramah di Kantong

Dibandingkan tanaman hias lainnya seperti bunga, perawatan terarium memang lebih terjangkau.

Supaya tetap terawat dan terlihat cantik, kamu tidak perlu menyiramkan air setiap hari, bahkan bisa sebulan sekali tergantung jenis tumbuhannya.

Jika ingin memiliki jenis tanaman hias mungil untuk menghiasi rumah, kamu hanya perlu menyiapkan wadah, media tanam, perlengkapan bertanam, dekorasi seperti rumput dan batu, serta tanaman miniatur yang memiliki pertumbuhan lambat. Mudah dan murah sekali, bukan?

Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Alasan ini juga bisa dibilang sebagai manfaat terrarium. Saat membuat terrarium sendiri, kamu bisa mengisinya sekreatif apapun.

Misal menggunakan kombinasi beberapa tumbuhan, menambahkan bebatuan beraneka warna, bentuk, maupun dekorasi lainnya.

Atau kamu juga dapat berkreasi dengan vas atau wadah terrarium, misalnya menggunakan tempat lilin, toples kaca, atau botol.

Terrarium juga bisa membuat produktivitas bertambah. Saat dikelilingi oleh tanaman hijau, kamu akan merasa lebih positif, sehingga perasaan sedih, marah dan cemas akan hilang.

Tumbuhan ini memang diyakini dapat membuat seseorang lebih fokus dan berkonsentrasi, jadi bisa kamu letakan di meja kerja atau meja belajar.

Memberikan Motivasi

Kamu akan mendapatkan pengalaman luar biasanya hanya dengan melihat terrarium berkembang jadi besar dan cantik.

Kebiasaan menggunakan teknologi serba cepat seperti saat ini terkadang membuat kita menjadi acuh tak acuh dengan lingkungan sekitar.

Namun dengan hadirnya terrarium, kamu dapat lebih peka terhadap keadaan sekitar. Saat belajar menghargai eksistensi sesuatu, seseorang akan lebih dewasa dan bijak dalam bertindak.

Bagaimana menurut kamu kamu tentang alasan-alasan di atas? Ternyata ada banyak sekali ya manfaat dari terrarium.

Apakah kamu tertarik memeliharanya sekarang? Untuk tips tambahan, tanaman terarium harus disimpan di dalam ruang hangat, hindari menempatkan tanaman ini di tempat bersuhu ekstrim seperti ruangan ber-AC.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: serba-serbi tumbuhan