Statistik Menarik Seputar Mobile Gaming 2020

Dunia industri mobile gaming memang guede banget! Nilai industrinya juga nggak main-main, cuy!


ilustrasi mobile gaming

Ilustrasi industri mobile gaming


Oleh: Data Keeper

Diterbitkan:

the Monkey Times – Industri mobile gaming memang tergolong gigantis, terutama dari segi pendapatan kapital. Konon katanya pasar industri yang dimaksud menyentuh angka $76 miliar pada 2020. Angkanya tergolong besar, kan?

Namun lebih dari sekadar nilai kapital yang jumlah angkanya sangat masif, dunia mobile gaming terbukti sangat populer.

Artinya bagi sebagian besar pengguna ponsel pintar, memasang aplikasi gaming jadi semacam “kewajiban”. Walaupun sebagian besar dari mereka bukan pemain profesional.

Pernah suatu kali MoboMarket merilis hasil riset pada kuartal ke-4 2014 di Indonesia, yang menyebut bahwa 43% pengguna ponsel pintar di Indonesia yang berjumlah 2,88 juta orang, memasang aplikasi gim.

Angka tersebut melampaui aplikasi media sosial yang dipasang oleh 12% dari seluruh pengguna ponsel pintar di negara ini.

Angka statistik tentang mobile gaming tidak cuma berhenti sampai pada nilai industrinya yang besar. Sebab masih ada statistik lain yang patut jadi perhatian.

Genre Mobile Gaming Terpopuler

Dari statistik diatas, kita bisa lihat bahwa genre ‘casual’ menempati urutan pertama dalam daftar game yang paling sering dimainkan di ponsel pintar. Sebagai tambahan, Statista pernah memprediksi eksistensi mobile gamers yang pada 2020 akan mencapai 2,4 miliar orang. Kemudian jumlahnya akan mencapai 2,7 miliar pemain pada 2021.

Game paling sering diunduh pada Maret 2020

Lion Studios merilis gim berjudul “Slap Kings”, yang berhasil diunduh dan dipasang sebanyak 35,6 juta kali sepanjang Maret 2020. Amerika Serikat menyumbang angka unduhan terbanyak (13,6%), yang kemudian diikuti India (9,4%).

PUBG: mobile gaming dengan pendapatan terbesar (April 2020)

Penerbit game asal China, Tencent, memiliki PUBG yang menghasilkan pendapatan lebih dari $225.2 juta. China menyumbang pangsa terbanyak (58%), kemudian diikuti Amerika Serikat (9,6%), dan Arab Saudi (4,9%).

Pasar mobile gaming terbesar

Sampai tulisan ini dirilis (Juni 2020), benua Asia masih memegang rekor penyumbang pendapatan industri gaming terbesar dengan angka $41 miliar.

Kalau dilihat secara global, pasar gaming dunia nilainya mencapai $152 miliar pada 2019. Dari jumlah tersebut, mobile gaming menguasai presentase pendapatan sebanyak 51% dari nilai pasar secara keseluruhan.

Gim di ponsel pintar memang jadi sebuah komoditas tersendiri, dan nilai pendapatannya mengungguli gim konsol dan PC, yang masing-masing menguasai presentasi pendapatan sebesar 25% dan 24%.

Baca Juga:  Ketika Tech Berkolaborasi dengan Puisi

Demografi pemain gim mobile

Dilihat dari segi gender, pemain gim mobile terbanyak dari kalangan perempuan, sekitar 4,5%. Sementara laki-laki hanya 3,3%.

Karena ada statistik seperti itu, pemain gim dari kalangan perempuan dianggap lebih sering memainkan gim dan disebut lebih loyal karena mereka tidak segan-segan membayar untuk memainkan gim.

Anggapan itu lantas memunculkan opini lanjutan: pemain gim dari kalangan perempuan lebih berharga ketimbang laki-laki – setidaknya bagi penerbit gim.

Lalu dari segi usia, 53% pengguna internet berusia 45-54 tahun memainkan gim mobile. Data ini tentu saja mementahkan pendapat yang mengatakan bahwa gim mobile hanya “recehan” yang pantas untuk anak kecil saja.

Penasaran dengan jenis gim macam apa yang mereka mainkan?

Menurut statistik yang dirilis Mopub, orang-orang di rentang usia itu lebih banyak memainkan gim board/card (12%), puzzle (11%), dan shooter (11%).

Pertumbuhan jumlah pemain gim mobile

Sampai Juni 2020, ada 2,2 miliar pemain gim mobile di seluruh negara. 203 juta diantaranya merupakan warga negara Amerika, dan 56% dari mereka memainkan gim lebih dari sepuluh kali dalam seminggu.

Penutup statistik

Dengan mendasarkan analisis pada fakta diatas, rasanya dunia gim mobile tetap akan terus tumbuh dimasa depan. Pendapatan yang gigantis, jumlah pemain yang masif, kemunculan perangkat mobile yang dibuat khusus untuk keperluan gaming, serta pertumbuhan jaringan 5G di masa depan, bakal menjamin bahwa dunia tersebut takkan gampang mati.

Sumber:

  • selular.id. Kebiasaan Pengguna Android di Indonesia: Game Paling Banyak Diunduh
  • techjury.net. 23+ Mobile Gaming Statistics for 2020 – Insights Into a $76B Games Market
  • blog.udonis.co. 85+ Mobile Gaming Statistics for 2020 That Will Blow Your Mind
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita teknologi, kabar dunia game

Atau baca artikel lain yang ditulis: Data Keeper



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial