Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3, Harga dan Tips Merawatnya

Seri Samsung Galaxy Z Flip terbaru membawa cukup banyak perubahan, paling tampak itu dari segi desainnya.


Samsung Galaxy Z Flip 3

Tampilan ponsel lipat Galaxy Z Flip 3. (Foto: Samsung)

Diterbitkan:

the Monkey Times – HP Samsung kembali hadir dengan desain yang lebih menarik, membawa prosesor terbaik kelas flagship dengan kapasitas memori lebih besar melalui seri Galaxy Z Flip.

Ini merupakan generasi kedua yang hadir di Indonesia dan dibanderol mulai dari harga Rp. 15 jutaan.

Seri Samsung Galaxy Z Flip terbaru membawa cukup banyak perubahan, paling tampak itu dari segi desainnya.

Galaxy Z Flip 3 sudah resmi hadir di Indonesia dengan empat pilihan warna yang tampak sangat mewah. Yakni Lavender, Green, Phantom Black, dan Cream.

Menariknya lagi smartphone terbaru Samsung sudah menggunakan chipset Android terbaik kelas flagship Snapdragon 888 5G dan mendapat dukungan dari RAM 8GB. Ada dua kapasitas memori yang bisa dipilih, yakni 128GB dengan 256GB.

Kombinasi prosesor dan memori Samsung Galaxy Z Flip 3 yang sangat bertenaga itu tentu wajar bila mengharuskan pembeli merogoh kocek yang dalam.   

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Flip 3

Perilisan HP Samsung terbaru dengan seri Z Flip 3 ini bersamaan dengan Galaxy Fold 3 yang dapat dibeli melalui toko daring Samsung sejak tanggal 10 September 2021 lalu.

Seri ini hadir dengan dua varian RAM dan ROM, yakni 8GB+128GB dan 8GB/256GB yang dibanderol dengan harga fantastis. Lalu apa perbedaan yang dibawa perusahaan asal Korea Selatan itu pada ponsel flip terbarunya?

Perbedaan yang tampak jelas ada pada ukuran layar yang lebih besar 7,6 inci dengan under display camera.

Generasi kedua seri flip ini memang lebih komplek dari sebelumnya. Ponsel ini memiliki layar bagian depan Super Amoled berukuran 1,9 inci yang dapat digunakan sebagai navigasi sederhana saat dilipat.

Sedangkan untuk bentang layar yang tersedia di dalamnya 6,7 inci FHD+Dynamic Amoled 2X. Ini mendukung adaptive refresh rate sebesar 120 HZ.

Dua kamera yang ada di bagian belakang masing-masing merupakan lensa wide dan ultra wide dengan resolusi 12MP.

Di bagian layarnya juga ada kamera dengan model Infinity-O khas Samsung sebesar 10MP. Meskipun sudah menggunakan chipset Android terbaik, sayangnya ponsel ini masih menggunakan baterai dengan daya 3.300 mAH.

Kecilnya kapasitas baterai mungkin karena Samsung harus menyesuaikan ukuran tubuh HP lipat yang terbatas.

Sementara untuk sisi audionya juga sudah didukung oleh Dolby Atmos. Untuk sistem keamanan Samsung Z Flip 3 sudah mendukung face recognition, pemindai fingerprint, password, pin, dan pattern. Pilihan warnanya cukup menarik, yakni Phantom Black, Lavender, Green, dan Cream.

Baca Juga:  Mau Pesan Playstation 5: Hari ini Sudah Dibuka Kanalnya

Beratnya mencapai 183 gr dengan body berlapis Gorilla Glass Victus. Sudah mendukung fast charging 25W dan fast wireless charging 11 W.

Samsung Z Flip generasi kedua ini tahan terhadap air dan debu. Memiliki beberapa fitur seperti USB Type-C, NFC, Internet 5G, dan tanpa audio jack.

Bagi kamu yang tertarik, HP keren dan teranyar dari Samsung sudah bisa dipesan secara online di situs resmi.

Untuk harga Samsung Z Flip varian 8GB+128Gb dibanderol Rp. 14.999.000. Sedangkan untuk varian dengan kapasitas memori internal lebih besar yakni 8GB+256GB dijual seharga Rp. 15.999.000.

Tips Merawat Ponsel Z Flip 3 Supaya Awet

Dilansir dari situs resmi Samsung, ada beberapa cara perawatan ponsel Z Flip yang perlu diperhatikan.

Karena diproduksi dengan bahan kaca yang dapat dilipat, para pengguna perlu berhati-hati dan melakukan perawatan ekstra supaya ponsel tetap bekerja dengan baik.

Silahkan ikuti tips penting berikut ini, maka kamu bisa menjaga kinerja dan tampilan perangkat lipat tersebut.

  1. Tidak Menekan Layar dengan Benda Tajam atau Keras

Samsung menyarankan kepada pengguna untuk tidak memberi tekanan pada layar utama ataupun lensa kamera dengan benda tajam dan keras seperti kuku atau pena.

Tenaga atau tekanan yang berlebihan dapat merusak lapisan pelindung dan menyebabkan lecet. Supaya aman, kamu dapat menekan layar dengan pelan-pelan.

  1. Tidak Menyelipkan Jari Di Antara layar Saat Membuka Ponsel

Saat membuka ponsel lipat, kamu disarankan untuk memegang bagian samping ponsel. Jadi bukan dengan cara menyelipkan jari di antara layar karena ini bisa membuat layar retak atau lecet.

  1. Jauhkan Semua Benda Asing dari Layar

Saat melipat perangkat, jangan taruh benda apapun yang dapat menyebabkan layar rusak.

Seperti kunci, koin, atau kartu kredit, jadi singkirkan semua benda asing yang dapat menggores layar.

Sebelum menyimpannya, pastikan perangkat sudah dalam kondisi terlipat. Jangan biarkan dalam keadaan terbuka karena ada kemungkinan retak atau lecet akibat benda asing.

Selain tiga tips di atas, kamu juga dapat melakukan tips berikut ini untuk menjaga dan merawat ponsel tetap dalam performa baik:

  • Jangan biarkan partikel kecil atau cairan apapun masuk ke dalam perangkat. Meskipun sudah diklaim sudah tahan air dan debu, sebaiknya tetap waspada agar layar sentuh hp kamu tidak mengalami malfungsi.
  • Beri jarak aman antara benda yang mengandung magnet dengan perangkat seperti kartu kredit, boarding pass, kartu parkir, kartu akses, dan benda lainnya yang dapat menyebabkan magnet dalam perangkat ini rusak atau mati.
  • Tidak melepas lapisan pelindung layar untuk mengurangi dampak eksternal pada layar utama.
Baca Juga:  iPhone 12, MagSafe, HomePod Mini: tiga Produk Apple Terbaru

Demikian spesifikasi lengkap Samsung Galaxy Flip 3, harga, serta tips perawatannya. Bagaimana, tertarik untuk membeli?

Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita teknologi, hp baru samsung, kabar gadget, samsung

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru