Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: DigiDay

Adu Spesifikasi Redmi Note 10S dan Redmi Note 10, Mana yang Lebih Baik?

Jika bertanya mana yang lebih bagus antara kedua ponsel ini, sebenarnya agak sulit untuk dijawab.


Sepesifikasi Redmi Note 10S

Tampilan ponsel Redmi Note 10S (Foto : Twitter)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Baru-baru ini, Xiaomi mengeluarkan Redmi Note 10S yang cukup menarik perhatian.

Iklan

Bagaimana tidak, karena ponsel ini disebut versi upgrade dari Redmi Note 10. Pernyataan tersebut tidaklah salah, karena spesfikasi Redmi Note 10S memiliki perbedaan dengan seri Note 10.

Lalu, mana yang lebih baik? Mari simak pembahasannya di bawah ini. 

Iklan

Spesifikasi Redmi Note 10S dan Redmi Note 10 

Jika bertanya mana yang lebih bagus antara kedua ponsel ini, sebenarnya agak sulit untuk dijawab. Tapi, mungkin kamu akan lebih mengerti jika melihat penjelasan spesifikasi antara Redmi Note 10S dan Note 10. Berikut ini perbedaannya: 

Desain dan Layar 

Ciri khas dari Si Orange adalah memproduksi dua seri berbeda, tapi dengan desain yang mirip atau bahkan tidak ada beda sedikit pun.

Iklan

Terlihat dari Redmi Note 10S ini yang tidak mempunyai perbedaan dari segi desain luar dengan Redmi Note 10.

Ukuran layar keduanya pun sama yaitu 6,3 inch dan super Amoled HD+. Bahkan hingga dimensi ukurannya juga persis. 

Jadi, dari segi desain dan layar jelas tidak ada yang bisa dibahas lebih jauh, kecuali dari pilihan warna yang disediakan oleh masing-masing seri.

Pada Redmi Note 10S ada pilihan warna eksklusif Deep Ocean Blue, sedangkan Note 10 warna eksklusifnya adalah Lake Green.

Sehingga, jika kamu memilih warna yang sama, jelas tidak akan bisa membedakan kedua seri ponsel tersebut. 

Performa dan Prosesor yang disematkan 

Untuk prosesor, Xiaomi memberikan chipset yang berbeda. Note 10 dipasang Snapdragon 678, sedangkan seri Note 10S menggunakan Helio G95.

Pemilihan chipset antara keduanya jelas akan berpengaruh terhadap performa yang dihasilkan. 

Helio G95 sudah pasti akan menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan Snapdragon 678.

Helio G95 agak mirip kemampuannya dengan Snapdragon 720G, di mana kamu bisa main game seperti PUBG dan Mobile Legend dengan lancar. 

Tapi, jika untuk main game yang lebih berat, misalnya Genshin Impact, Note 10S masih sanggup meski hanya menggunakan settingan paling rendah.

Namun, jelas performa tersebut lebih baik daripada Snapdragon 678 yang malah keteteran ketika kamu main game tersebut. 

Redmi Note 10S juga memiliki konfigurasi RAM 6GB dan 8GB. Sedangkan untuk Note 10 hanya memiliki konfigurasi RAM sebesar 4GB serta 6GB.

Kalau, untuk ROM yang disematkan keduanya mempunyai varian sama yaitu 64Gb dan 128GB. Menurut hasil dari Antutu 8 performa dari Redmi Note 10S lebih baik, namun dalam penghematan daya sepertinya Redmi Not 10 masih lebih unggul. 

Baterai dan konektivitas 

Masih dengan ciri khas Xiaomi yang mana untuk kapasitas baterai antara Redmi Note 10S dan Note 10 pun juga sama yaitu 5000 mAH dengan daya pengisian mencapai 33 watt.

Konektivitas yang disematkan pada keduanya juga tidak jauh berbeda. Tetap tersedia 3,5mm jack audio, Bluetooth, dan stereo. 

Satu-satunya perbedaan dari konektivitas adalah sistem NFC yang disematkan pada Redmi Note 10S.

Karena di seri Redmi 10, NFC ini tidak tersedia. Ada dan tidaknya sistem NFC pada sebuah smartphone sekarang ini memang sangat mempengaruhi. Tapi, jika kamu tidak membutuhkan sistem NFC, sudah jelas tidak akan berpengaruh. 

Kamera 

Selanjutnya dari segi kamera antar kedua smartphone ini juga berbeda. Redmi Note 10S memiliki kamera utama dengan resolusi mencapai 64MP. Lebih tinggi dibandingkan kamera utama Note 10 yang resolusinya hanya 48MP.

Untuk resolusi kamera depan dari keduanya ponsel ini juga sama, yaitu 13MP. Dari besaran resolusi kamera utama, hasil jepretan Redmi Note 10S sudah pasti lebih baik dibandingkan dengan Redmi Note 10. 

Harga Redmi Note 10S dan Redmi Note 10

Melihat perbandingan keduanya, maka muncul pertanyaan berapa harga dari Redmi Note 10S?

Saat ini harga jual yang tertera di website Mi Store Official adalah Rp. 2.799.000,00. Sedangkan untuk Redmi Note 10 dibanderol Rp. 2.399.000,00.

Terlihat, perbedaan harga keduanya terbilang lumayan jauh. 

Mana yang Lebih Baik Antara Redmi Note 10S dan Redmi Note 10?

Kembali lagi ke pertanyaan awal, mana yang lebih baik antara keduanya? Sudah pasti akan dijawab tergantung kebutuhan kamu.

Karena tidak banyak perbedaan yang diberikan Xiaomi terhadap kedua ponsel ini. Hanya 3 aspek saja yang membuat kesan Redmi Note 10S ini lebih baik, yaitu chipset, kamera dan NFC.

Jika kamu merasa bahwa spesifikasi dari Redmi Note 10S sesuai dengan kebutuhan, ya tidak ada salahnya membeli ponsel ini. 

Demikianlah perbandingan spesifikasi Redmi Note 10S dengan Redmi Note 10. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa Xiaomi sepertinya hanya ingin menjawab keluhan beberapa pelanggan yang kecewa dengan Redmi Note 10.

Apalagi seri Redmi Note 10 Pro dibanderol dengan harga yang lebih mahal yaitu sekitar 3,5 jutaan. Sehingga Redmi Note 10S ini seperti seri penengah antara Note 10 dan Note 10 Pro. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Review Redmi Note 10, Review Redmi Note 10S