Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Otomotif

Review dan Harga Yamaha XSR 155, Pesaing Kawasaki W175

Menjadi pilihan baru motor retro di Indonesia, tentu Yamaha menawarkan sesuatu yang berbeda dari produsen lainnya.


Harga Yamaha XSR 155

Tampilan body motor Yamaha XSR 155 (Foto : Twitter)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Pasar motor sport dengan tampilan retro semakin diminati masyarakat semenjak motor Yamaha XSR 155 diluncurkan pada akhir tahun 2019 lalu.

Iklan

Namun sampai saat ini, motor bergenre retro masih didominasi oleh Kawasaki W175 yang lebih dulu hadir beberapa tahun belakangan. Meskipun sudah didahului oleh Kawasaki, tetap ada sesuatu yang berbeda dari Yamaha.

Motor bergaya retro modern ini resmi mengaspal di Indonesia bersama dengan 2 saudaranya, motor trail dan Nmax 2020. Meskipun bersaing di pasar yang sama, baik Kawasaki maupun Yamaha menawarkan spesifikasi yang jauh berbeda.

Iklan

Jika lampu depan W175 masih pakai bohlam, maka XSR 155 sudah pakai LED. Namun, apakah keduanya dapat disandingkan?

Berikut reviewnya.

Iklan

Spesifikasi Yamaha XSR 155

Menjadi pilihan baru motor retro di Indonesia, tentu Yamaha menawarkan sesuatu yang berbeda dari produsen lainnya.

Motor ini bakal jadi pilihan menarik bagi penyuka gaya klasik. Yuk ketahui spesifikasi lengkap dan harganya di bawah ini.

  • Rangka: Deltabox
  • Rem disc depan/belakang
  • Suspensi: belakang pakai Link Monoshock dan depan pakai Telescopic Form
  • Mesin: 155cc, VVA, 4 Valves, SOHC, 4-stroke, Liquid cooled
  • Ban: belakang 140/60-17M/C (66S) dan depan 110/70-17M/C (54C)
  • Performa: torsi 14,7 Nm/8.500 rpm dan tenaga 14,2 Kw/10.000 rpm

Desain dan Mesin Yamaha XSR 155

Yamaha XSR 155 mengusung gaya klasik modern dengan beberapa sentuhan di berbagai sektor.

Pada lampu depan dan belakang, desainnya tampak bundar dan sudah pakai teknologi LED.

Semakin mewah dan istimewa lagi karena speedometer tampil klasik namun tetap modern dengan Full LCD Digital berbentuk bundar. Bahkan komponen tersebut sudah dilengkapi dengan MID (Multi Information Display).  

Untuk bagian tangki motor memiliki desain Drip Shaped sehingga semakin nyaman ketika berkendara. Motor ini juga hanya dilengkapi dengan satu tempat duduk saja. 

Berpindah pada sektor dapur pacu, Yamaha XSR 155 ditunjang oleh mesin handal Fuel Injection berkapasitas SOHC dengan 4 langkah liquid cooled.

Pada jantung pacu sudah terpasang teknologi VVA yang mampu menghasilkan tenaga besar.

Tak sampai disitu saja, motor ini juga memiliki fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat perpindahan gigi lebih halus dan kopling makin ringan.

Dengan spesifikasi mesin tersebut, tentu menjadikan motor ini sebagai pilihan baru yang siap dipinang.

Selain memiliki desain menarik dan mesin tangguh, komponen lain yang membuat orang tertarik membelinya adalah kenyamanan dalam berkendara.

Faktor ini wajib ada dong jika pengemudi suka melakukan perjalanan jauh. Berkaitan dengan hal tersebut, Yamaha XSR 155 telah dibekali dengan suspensi telescopic yang mempermudah handling saat berkendara.

Nah, bagian kaki-kai turu ambil bagian ini tak hanya membuat tampilannya semakin gagah tapi juga nyaman untuk ditunggangi.

Untuk ban, Yamaha XSR 155 memakai ban jenis dual purpose dengan ukuran 140/70 untuk bagian belakang dengan bagian depan berukuran 110/70.

Perbandingan Yamaha XSR 155 dengan Kawasaki W175

Kemunculan motor retro modern ini disebut-sebut sebagai pesaing Kawasaki W175. Apakah keduanya dapat disandingkan?

Menurut kami tidak, pasalnya W175 milik kawasaki masih belum dibekali dengan fitur-fitur canggih.

Begitu juga pada spesifikasi lainnya seperti kapasitas mesin dan dapur pacu kedua motor.

Namun soal performa, motor retro dari Yamaha ini mampu menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar dari Kawasaki yang hanya menghasilkan tenaga 9,6 Kw/7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm/6.000 rpm.

Dengan perbedaan spesifikasi dan performa, tentu kedua motor bergaya klasik ini memiliki perbandingan harga yang cukup jauh.

Kekurangan Yamaha XSR 155, Ketahui Sebelum Membeli

Motor retro terbaru pabrikan Yamaha memang punya banyak kelebihan, seperti mesin performa mantap dengan fitur-fitur modern.

Soal itu kamu tidak perlu meragukannya lagi. Namun meskipun punya banyak kelebihan, bukan berarti XSR 155 tidak punya kekurangan. Seperti berikut ini:

  • Kunci kontak masih konvensional dengan pengaman bermagnet, tidak sebanding dengan harga jualnya. Padahal kompetitor di kelas motor sport 150 cc sudah pakai keyless yang dapat mencegah maling.
  • Bantingan suspensi keras dan sulit diajak bermanuver di kemacetan. Beberapa komponen bahkan membuat motor kurang luwes dalam selap-selip.
  • Jok tinggi yang kurang cocok untuk pengendara dengan postur 168 cm ke bawah.
  • Panel instrumen tanpa voltmeter, padahal fungsinya sangat penting untuk mendeteksi tegangan aki.

Harga Yamaha XSR 155 di Indonesia

Harga motor XSR 155 dari Yamaha per unit dijual di Indonesia sekitar Rp. 36 jutaan. Bagaimana menurut kamu, cukup sebanding kah harga tersebut dengan spesifikasi yang ditawarkan?

Tentu cukup tergolong murah, apalagi sudah ada banyak fitur canggih. Motor ini bisa menjadi pilihan baru yang menarik karena menawarkan posisi berkendara yang nyaman.

Sekian review motor Yamaha SR 155 dari kami. Mulai dari spesifikasi, desain, mesin, kekurangan serta harganya sudah dijelaskan diatas.

Kalau kamu tertarik membeli, langsung saja kunjungi dealer Yamaha terdekat.  

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: kabar otomotif, yamaha