Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Sisi Gelap Kpop yang Tidak Banyak Diketahui

Apapun yang terlihat terang pasti ada bayangan gelap yang menyelimuti.


Sisi gelap Kpop

Ilustrasi Kpop (Foto : Danielmegias/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Cantik dan tampan, belum lagi terkenal dan bergelimang harta, nyatanya kehidupan artis K-pop tidak seindah yang kamu lihat.

Iklan

Di depan kamera, mereka pasti tersenyum dan terlihat ceria. Tapi, di balik itu ada banyak sisi gelap yang ternyata tidak diketahui oleh penggemar. Apa saja yang tersembunyi dalam ketenaran artis K-pop? Simak ulasannya di bawah ini. 

Fakta Sisi Gelap Kpop yang Penuh Gemerlap  

Apapun yang terlihat terang pasti ada bayangan gelap yang menyelimuti. Ungkapan tersebut sepertinya ada benarnya untuk dunia showbiz Korea Selatan.

Iklan

Mencatat rekor di berbagai bidang entertainment, nyatanya banyak sisi gelap yang tidak diketahui oleh orang awam seperti berikut ini: 

Sasaeng Fans 

Kalau kamu berpikir bahwa ini adalah penggemar biasa, sebaiknya buang pendapat itu. Sasaeng fans ini berbeda dengan penggemar-penggemar biasa.

Iklan

Mereka rela mengikuti idolanya kemana pun. Maksud dari mengikuti disini bukan hanya dari media sosial atau berita saja. 

Mereka benar-benar berani kabur dari rumah atau bahkan meninggalkan pekerjaan hanya untuk mengikuti idolanya, bahkan sampai ke rumah sang idola. Ada hal-hal gila yang pernah terjadi dan disebabkan oleh para Sasaeng ini. 

Cara mereka mengikuti idola dari satu tempat ke tempat lain adalah menggunakan taksi dan ini sangat membahayakan.

Bahkan ada beberapa idola yang mengalami kecelakaan karena diikuti oleh Sasaeng. Tidak berhenti sampai disitu saja, Sasaeng pun dengan mudah mendapatkan nomor telepon pribadi sang idola dan meneror berkali-kali. 

Tentu saja, Sasaeng fans ini mengkhawatirkan sekali dari sisi penggemar lain. Tapi, nyatanya pihak agency juga kesulitan untuk mengambil tindakan. Karena rata-rata mereka tidak menampakan wajah atau menggunakan identitas palsu. 

Kontrak panjang 

Idola K-pop baik yang belum debut dan sudah debut biasanya akan menandatangani kontrak yang jangka waktunya sangat panjang.

Minimal kontrak mereka dengan agency adalah 5 tahun dan maksimal bisa mencapai 13 tahun.

Jika kamu perhatikan, beberapa artis bahkan telah bersama dengan satu agency hingga puluhan tahun. 

Dalam masa kontrak yang sangat panjang tersebut membuat artis K-pop tidak bisa begitu saja berhenti atau keluar dari agency.

Belum tentu dalam kurun waktu tersebut, mereka akan sukses. Mengingat persaingan antar artis K-pop pun sangatlah tinggi. 

Larangan pacaran 

Mungkin sebagian kamu akan heran dengan aturan ini. Sebagian besar agency di Korea Selatan melarang artis mereka untuk berpacaran.

Kenapa? Untuk alasannya sendiri adalah karena akan menyebabkan mereka tidak fokus akan pekerjaan. Tapi, dibaliknya adalah untuk melindungi sang artis dan juga fans. 

Fans K-pop dikenal sangat loyal, saking setianya ketika mendengar idola mereka berpacaran, maka akan kecewa dan meninggalkan fanbase.

Bahkan jika idola berpacaran dengan sesama artis, bisa jadi akan ada ujaran kebencian yang diarahkan ke masing-masing artis. Bahkan sesama fans pun akan saling menyerang. 

Maka daripada itu, kebanyakan para artis akan menyembunyikan status hubungan mereka. Meski pasangan adalah dari kalangan orang biasa, mereka akan berusaha untuk tidak mengungkapkannya. 

Tidak mendapatkan bayaran walau sudah berhasil menjual album 

Sisi gelap yang satu ini mungkin sangat mengagetkan. Bagaimana bisa sudah mengeluarkan album, tampil di berbagai acara tidak mendapatkan bayaran? 

Pada saat idola masih menjadi trainee agency, maka akan menggunakan uang dari perusahaan untuk membayar tutor, makan dan tempat tinggal.

Pada saat debut, perusahaan harus membayar pembuatan album, pemotretan, kostum dan berbagai promosi. Sehingga para idol ini akan mengembalikan seluruh biaya tersebut dari hasil kerja keras mereka. 

Apabila sukses, maka jelas nama mereka akan besar dan bisa terus mendapatkan tawaran show bahkan iklan. Kalau tidak sukses? Agency tidak akan segan-segan membubarkan atau memutus kontrak sang artis. 

Bisa menyanyi dan dance saja tidak cukup 

Ya, agency di Korea Selatan dikenal sangat keras terhadap calon artis mereka. Bermodal jago nyanyi dan ngedance saja tidak cukup.

Mereka diharuskan berlatih keras di berbagai bidang entertainment mulai dari akting, MC, menghibur di acara variety dan lain sebagainya. 

Bahkan nilai pelajaran sekolah pun tidak boleh jelek. Semakin banyak bidang yang mereka kuasai, pekerjaan pun akan semakin banyak. Jadi, kamu tidak usah heran jika mereka sebelum debut harus menjadi trainee selama bertahun-tahun. 

Satu skandal bisa mematikan karir 

Sekali kena skandal berat, maka bisa saja seluruh karir yang sudah mereka bangun hancur dalam sekejap.

Jika, kalian penggemar K-pop, pasti pernah tentang kasus Burning Sun yang telah menyeret nama-nama idol ternama. Seluruh idol yang terlibat pun harus rela melepas karir bahkan menerima hukuman berat. 

Dari sisi gelap Kpop yang sudah diungkapkan, bisa disimpulkan bahwa dunia entertainment Korea Selatan sangatlah keras.

Hal-hal yang bisa dilakukan di dunia entertainment Indonesia, ternyata tidak bisa mereka rasakan. Sedih memang, tapi itu adalah harga yang harus dibayar oleh idola K-pop untuk ketenaran yang mereka dapatkan. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Sisi lain Kpop