Penulis: Dina Meidiana

Rock Ballad Barat Era 90an yang Paling Sering Kudengarkan

Karena suka dengar lagu-lagu lawas ini, aku sudah dibilang jiwa jadul. 

the Monkey Times – Rock ballad baratadalah salah satu genre musik yang ngehits di sekitar tahun 90an. Di era tersebut aku masih kecil, jadi hanya sering mendengar ketika ayah menyetel di tape radio.

Tapi, beberapa lagu hingga sekarang ini masih aku dengarkan. Karena suka dengar lagu-lagu lawas ini, aku sudah dibilang jiwa jadul. 

Bagi kalian yang tidak jarang dengar atau tahu lagu rock ballad era 90an, berikut ini ada beberapa rekomendasinya. 

Guns N’ Roses – November Rain 

Pertama kali aku mendengarkan lagu ini cukup kaget, karena durasinya panjang banget. Kalau kebanyakan lagu paling 3 hingga 4 menit, November Rain yang dirilis pada tahun 1991 ini berdurasi 8 menit 57 detik. 

Tapi, meski begitu kamu tidak akan pernah bosan mendengarkan suara dari Axl Rose dan permainan gitar dari Slash.

Apalagi lagu ini memiliki arti yang sangat dalam.Terlebih sekarang bulan November dan sering hujan, cocok deh kamu dengarkan dikala sendiri. 

Bon Jovi – Always 

Kalau mendengar nama band Bon Jovi, pasti langsung ingat dengan lagunya It’s My Life. Tapi, dari pada lagu tersebut, aku malah lebih sering dengar Always. Always pertama kali dirilis pada tahun 1994. 

Dari lirik lagunya, bikin aku terkesan. Seperti merasakan kalau Jon Bon Jovi benar-benar patah hati.

Tapi, saat mendengar lagu ini jaman kecil, tidak tahu artinya. Baru tahu pas udah agak pintar Bahasa Inggris. Lagu ini paling aku rekomendasikan buat kamu yang lagi galau. 

Scorpion – Wind of Change 

Kalau lagu-lagu sebelumnya berkaitan erat dengan percintaan, untuk Wind of Change dari Scorpion ini sangatlah berbeda. Saat mendengarkan pertama kali, aku jatuh cinta dengan siulan di awal lagu. 

Kalau dulu aku tidak mengerti arti lagu ini. Tapi, setelah aku tanyakan ke ayah saat SMP, ternyata ada arti yang sangat dalam di balik Wind of Change. Lagu ini dirilis pada tahun 1991 dan sudah direkam setahun sebelumnya. 

Scorpion menciptakan lagu ini karena adanya perubahan politik yang terjadi di Eropa Timur, terutama di Moscow, Rusia.

Pada saat itu memang banyak peristiwa bersejarah, mulai dari berakhirnya Perang Dingin, dirobohkannya tembok Berlin dan kejatuhan rezim dari Soviet. 

Maka tak heran jika lagu ini diberi judul Wind of Change, karena terjadi banyak perubahan ke arah yang lebih baik pada masa itu. 

Meat Loaf – I’d Do Anything for Love (But I Won’t Do That) 

Satu lagi lagu rock ballad tahun 90an yang hingga sekarang masih masuk dalam list favorit, yaitu I’d Do Anything for Love dari Meat Loaf.

Lagu ini dirilis pada tahun 1993 dan punya beberapa versi serta durasinya berbeda-beda. Kalau aku akrab dengan versi dari video klipnya yang berdurasi 7 menit 48 detik. 

Tapi, untuk versi yang ada di albumnya, lagu ini mempunyai durasi sekitar 12 menit. Daya tarik dari I’d Do Anything for Love ini adalah duet bersama Lorraine Crosby.

Vokal dari Meat Loaf yang sangat kuat dan suara Lorraine yang tak kalah indahnya, membuat lagu ini tidak pernah bosan aku dengarkan. 

Steelheart – She’s Gone 

She’s Gone dari Steelheart adalah salah satu lagu yang paling aku rekomendasikan. Kalau kamu dengar lagu ini pasti akan terpesona dengan suara sang vokalis, yaitu Miljenko Matijevic.

Jangan tanya bagaimana pelafalan namanya, karena aku sendiri juga belepotan kalau menyebutkannya. 

Jangkauan vokal dari Miljenko sangatlah tinggi. Makanya, lagu ini sangatlah terkenal dan mendapatkan banyak penghargaan.

Hingga sekarang kalau ada yang bisa menyanyikan lagu ini dengan nada yang sama dengan Miljenko pasti sudah dikatakan hebat sekali. 

Extreme – More Than Words 

Lagu ini bikin aku baper setiap mendengarnya. Mungkin sebagian dari kalian mengenal lagu ini ketika dinyanyikan oleh boyband Westlife.

Tapi, sebenarnya lagu ini adalah ciptaan dari grup rock Extreme dan dirilis pada tahun 1990. 

Pas masih remaja, kalau ada cowok memainkan gitar dari lagu ini pasti sudah aku anggap keren, hehe. Maklum, namanya juga masih remaja, gampang terkesan. 

Tapi memang daya tarik lagu ini adalah dari petikan gitarnya yang lembut dan menenangkan.

Belum lagi dengan suara dari Gary Cherone yang bikin makin klepek-klepek. Walau terkesan romantis, tapi lagu ini sendiri sebenarnya dibuat agar kekasih menunjukkan rasa cintanya. Bukan hanya sekedar bilang “I love you”. 

Itulah beberapa lagu rock ballad dari era 90an yang paling sering ku dengarkan. Mungkin lagu-lagu tersebut ada beberapa yang pernah kamu dengarkan. Tapi bisa jadi juga banyak yang belum pernah tahu. 

Nah, apakah dari kalian juga ada rekomendasi lagu rock ballad barat 90an lain yang juga sering didengarkan? 

Photo of author
Penulis konten yang tinggal di Jogja. Menggemari segala hal berbau Korea. Tetap santai dikala ada kesempatan.

Berita Terkini:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen

Artikel Terkait:


Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini