Penulis: Dandun Kusuma

Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Romantisme sejarah Majapahit sebagai kerajaan Hindu di Jawa yang gung binanthara, mbahu dhendha nyakrawati, berbudi bawa laksana dan ambeg adil.

the Monkey Times – Runtuhnya Kerajaan Majapahit disebabkan oleh banyak hal. Dan memang sudah banyak sumber yang mengulas hal tersebut.

Romantisme sejarah Majapahit sebagai kerajaan Hindu di Jawa yang gung binanthara, mbahu dhendha nyakrawati, berbudi bawa laksana dan ambeg adil paramarta di wilayah Nusantara akan selalu menarik untuk kita kenang dan kita bincangkan.

Nararya Sanggramawijaya dan Buah Maja 

Dekade terakhir Abad 13, merupakan awal runtuhnya kerajaan Singasari tahun 1293 M disebabkan pemberontakan oleh Jayakatwang Raja Kediri pada tahun 1292 M.

Kertanegara sebagai raja terakhir kerajaan Singasari yang menerima kekalahan oleh pasukan Jayakatwang, Kertanegara mempunyai seorang menantu yakni Nararya Sanggramawijaya atau lebih kita kenal sebagai Raden Wijaya. 

Ia merupakan sosok yang menjadi tersohor karena dari dirinya Kerajaan Majapahit dapat tegak berdiri. 

Sanggramawijaya merupakan keturunan dari Raja Tumapel Ken Arok dan Ken Dedes dari garis Ibundanya Dyah Lembu Tal, sementara ayahnya bernama Rakeyan Jayadarma. 

Awal mula berdirinya Majapahit, terjadi saat Sanggramawijaya melarikan diri bersama pengikutnya dari pertempuran yang mengakibatkan Kerajaan Singasari kocar – kacir dan hancur. 

Dalam pelarian Sanggramawijaya bersama pasukannya dan beberapa tokoh awal berdirinya Kerajaan Majapahit seperti Lembu Sora, Ranggalawe, Nambi, Arya Wiraraja dan lain lain membuka lahan hutan di Desa Tarik.

Disana Ia menemukan buah Maja yang Ia makan dan merasakan pahit yang luar biasa, singkat cerita kemudian mendirikan kerajaan dengan nama Majapahit diambil dari buah Maja yang pahit rasanya dan menjadi makanan sementara waktu membuka lahan untuk Kerajaan baru Majapahit. Sanggramawijaya kemudian bergelar Kertarajasa Jayawardhana.

Majapahit dan Keruntuhannya

Ada beberapa versi dan beberapa kejadian terkait dengan keruntuhan Kerajaan Majapahit, yakni perang saudara, kejadian bencana alam dan sampai peperangan dengan kerajaan Demak Islam.

Berikut ini kami sampaikan beberapa kejadian keruntuhan Majapahit dan versinya :

  1. Perang Saudara Paregreg

Runtuhnya kerajaan majapahit disebabkan oleh Perang Saudara ini sudah banyak dibahas.

Stabilitas kondisi nasional Kerajaaan Majapahit mengalami kekacauan sejak mangkatnya raja Hayam Wuruk pada tahun 1389 M dan mangkatnya tokoh Mahapatih Gajah Mada yang melegenda dengan Amukti Sumpah Palapa dengan menyatukan Nusantara. 

Kedua tokoh tersebut merupakan cakar emas masa kejayaan dari Kerajaan Majapahit. 

Kondisi kronis dan pelik akibat mangkatnya kedua tokoh tersebut mengakibatkan banyak wilayah kekuasaan dari Majapahit melepaskan diri dan terjadi konflik internal dari keluarga. 

Suami dari Kusuma Wardhani putri Hayam Wuruk dari garwa prameswari, yakni Wikramawardhana yang menjadi penerus takhta kerajaan harus mengalami asam kecut atas kursi singgasananya karena mendapat goncangan yang hebat dari Bhre Wirabhumi yang merupakan putra dari Hayam Wuruk dari garwa selir. 

Pertikaian internal ini sampai pada pecahnya kubu masing – masing yang juga dalam jumlah besar pengikutnya, Wikramawardhana memimpin di keraton  bagian barat  dan Bhre Wirabhumi di kraton bagian timur. 

Perang saudara ini kemudian disebut Perang Paregreg. Setelah kemenangan dari Wikramawardhana dan setelah Ia memerintah tidak ada penerus Majapahit yang seperti di zaman Hayam Wuruk. 

  1. Munculnya Kerajaan – kerajaan Islam

Sebagai kerajaan Hindu yang besar di Nusantara, Majapahit mengalami sekuel konstelasi politik yang merudungnya sewaktu permulaan abad akhir abad 15 tahun 1478 dengan munculnya dan kuatnya kerajaan Islam di Nusantara.

Salah satunya Kerajaan Demak yang dulunya berupa Kadipaten yang ibukotanya ialah Bintoro yang merupakan salah satu dari beberapa wilayah kekuasaan Majapahit kemudian melepaskan diri dipimpin oleh Raden Patah atau putra dari Brawijaya V. 

Raden Patah yang dulunya secara tidak langsung disingkirkan karena ketidaksenangan dari beberapa keluarga kerajaan Majapahit, terutama garwa prameswari terhadap Ibunda Raden Patah yang juga keturunan Tionghoa. 

Selama 20 tahun Ia bersama adiknya Raden Kusen kembali ke Majapahit, kemudian memutuskan untuk nyantri di pesantren Ngampeldenta, mereka belajar agama Islam pada Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Drajat dan Sunan Bonang. 

Setelah menjadi ulama Raden Patah menjadi banyak pengikutnya dan melancancarakan segala pengaruhnya untuk menyerang Kerajaan Majapahit dengan alih – alih mengembalikan kejayaan Majapahit namun dengan dasar sprit yang berbeda dan Kerajaan yang baru yaitu Demak Bintoro. 

Penyerangan tersebut di masa Brawijaya VI yang kemudian memindahkan ibukota ke Kediri. Melemahnya pengaruh Majapahit tersebut diyakini kemudian penyebab dari runtuhnya kerajaan Hindu terbesar di Nusantara ini.

  1. Kejadian Bencana Alam 

Penandaan candra sengkala “Sirna Ilang Kertaning Bumi” pada 1400 tahun Saka atau 1478 M menandai runtuhnya Kerajaan Majapahit. Istilah tersebut dapat diartikan suatu wilayah yang hilang musnah ditelan oleh bumi. 

Dilansir di beberapa sumber Kerajaan Majapahit sering mengalami kejadian bencana alam sejak Hayam Wuruk bertahta.oleh sebab itu banyak peninggalan Majapahit yang musnah. 

Salah satunya bencana gunung berapi sehingga banyak situs – situs peninggalan terpapar dan terkubur oleh abu vulkanik.

Photo of author
Hanebu sauyun, digelar digulung. Penulis konten asal Jogja. Menyukai hal-hal berbau budaya dan sejarah.

Berita Terkini:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen

Artikel Terkait:

runtuhnya kerajaan majapahit disebabkan oleh
Runtuhnya Kerajaan Majapahit
sejarah kerajaan pajajaran
Sejarah Kerajaan Pajajaran: Masyarakat Hindu di Tanah Sunda 
Kami Ingin Ceritakan Sejarah Berdirinya Kerajaan Samudera Pasai 
Kerajaan Demak
Sejarah Kerajaan Demak: Kisah Kadipaten yang Melepaskan diri Dari Majapahit
kerajaan Sriwijaya
Sejarah Kerajaan Sriwijaya: Awal Mula, Masa Jaya dan Kemundurannya
asal usul nama Indonesia
Sekilas Mengenai Asal Usul Nama Indonesia

Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini