Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Arti Sumpah Pemuda: Perjuangan, Nasionalisme dan Warisan Bangsa

Ikrar yang ada dari hasil buah pikiran pemuda daerah seluruh Indonesia menjadikan semangat baru untuk mengejar dan meraih kemerdekaan kala itu.


arti sumpah pemuda

Perayaan sumpah pemuda (Foto : Odua Images/ Canva Pro)

Oleh: Redoni
Diterbitkan:

the Monkey Times – Arti Sumpah Pemuda memberikan makna yang mendalam untuk bangsa Indonesia, khususnya sejarah perjuangan dan kemerdekaan.

Iklan

Mengenai isi dari Sumpah Pemuda pertama kali dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928, ikrar yang diucapkan adalah “bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia”.

Ikrar yang ada dari hasil buah pikiran pemuda daerah seluruh Indonesia menjadikan semangat baru untuk mengejar dan meraih kemerdekaan kala itu.

Iklan

Semangat para pemuda Indonesia bertujuan untuk melanjutkan cita-cita bangsa dan keluar dari bayang penjajah.

Lantas, bagaimana mulai lahirnya sumpah pemuda? Apa saja makna yang terkandung didalamnya? 

Iklan

Untuk lebih jauh mendalami sumpah pemudah, mari kita bahas sejarah lahirnya sumpah pemuda terlebih dahulu. 

Lahir Sumpah Pemuda, Semangat Juang Persatuan Bangsa

Melihat dari beberapa sumber informasi yang ada, sumpah pemuda lahir dari Kongres Pemuda II yang berlangsung pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928.

Namun, sebelumnya melalui buku Perhimpunan Indonesia Sampai Dengan Lahirnya Sumpah Pemuda (1989) menjelaskan apabila Kongres I dilakukan pada tanggal 30 April – 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). 

Tujuan dari terbentuknya Kongres I menghasilkan beberapa memorandum untuk pemuda seluruh Indonesia, pertama memberikan persatuan dan kebangsaan Indonesia.

Kedua, menguatkan perkumpulan persatuan pemuda Indonesia. Tapi, hasil pada Kongres I tidak ada hasil, karena masih banyak perbedaan pandangan antar pemuda. 

Namun, dipertemukan kembali dan menjadikan satu pemikiran yang sama. Sehingga tidak perlu waktu yang begitu lama, maka kongres 2 kembali dilakukan.

Kongres kedua masih dilakukan di Batavia, lokasinya hari pertama di Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik dan Hari Kedua, Gedung Oost Java atau sekarang dikenal Jl, Merdeka Utara, Jakpus. 

Hasil dari pertemuan kongres II menghasilkan beberapa poin yang menjadi semangat juang bersama untuk memajukan bangsa dan negara.

Beberapa poin yang ada, 1).mulai dari melahirkan cita-cita pemuda Indonesia,2). membahas terkait masalah bangsa, 3). Kesadaran kebangsaan dan Fokus pada persatuan pemuda Indonesia. 

Sumpah Pemuda Mewariskan Makna Untuk Penerus Bangsa 

Bentuk Persatuan dan Perjuangan Bangsa 

Makna sumpah pemuda tidak hanya sebagai bagian dari perkumpulan saja, tapi tujuannya untuk mempersatukan pemuda seluruh Indonesia dalam satu lingkar yang sama yaitu memperkuat persatuan untuk melawan penjajahan yang terjadi di tanah air.

Ada banyak pengorbanan yang harus dilihat, mulai dari waktu, pikiran, tenaga, dan harta. 

Apabila waktu itu tidak ada pergerakan pemuda, mungkin tidak akan muncul semangat juang yang muncul dari kalangan pemuda Indonesia.

Lahirnya sumpah pemuda menjelaskan terkait pemuda Indonesia berkorban penuh atas bangsa dan negara, sehingga apapun bentuk penjajahan harus dilawan dan bukan dibiarkan. 

Lahirnya ikrar sumpah pemuda sebagai bentuk amalan yang harus dijalankan, apabila semangat perjuangan dan persatuan bagian dari warisan yang harus dijaga dan diturunkan kepada setiap generasi penerus bangsa. 

Konflik Bukan Penyelesaian, Persatuan Bangsa Prioritas Utama 

Apabila melihat perjuangan dari lahirnya sumpah pemuda, fokus dari para pemuda kala itu bukan tentang untuk memecah belah perbedaan dan menyisihkan wilayah.

Tapi, tujuan awalnya untuk mempersatukan bangsa, khususnya dari berbagai daerah. Oleh karena itu, persatuan warisan yang harus dijaga dan tidak ada perpecahan yang terjadi di Indonesia. 

Selesaikan semuanya dengan musyawarah, bentuk komunitas bersama, dan tukar pikiran untuk kebaikan dan kemajuan bangsa dan negara.

Hindari perselisihan, pertahankan persatuan bangsa sebagai legasi yang harus dijaga dan diteruskan oleh setiap pemuda Indonesia. Karena, bentuk perjuangan tidak pernah ada habisnya. 

Bahasa Indonesia, Simbol dan Persatuan 

Indonesia negara kepulauan dengan ragam suku dan budaya yang lahir di dalamnya, muncul dengan beragam karakter dan bahasa yang berbeda-beda.

Tidak ada tingkatan yang memberikan bahasa daerah tertentu sebagai bagian tertinggi, karena bahasa Indonesia adalah simbol bangsa untuk mempererat persatuan dan terus terhubung antara satu sama lainnya. 

Bentuk wujud nasionalisme ini ada ketika para pemuda berikrar, sebagai penerus estafet bangsa, rasanya kita sebagai anak muda harus bangga dan terus memperkenalkan identitas bangsa dalam skala internasional.

Bahasa bentuk universal, sah-sah saja mempelajari bahasa lainnya, tapi perlu diingat jangan sampai menggeser bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. 

Perjuangan dan Ikatan 

Setiap generasi bangsa pasti menemukan berbagai permasalahan dan persoalan yang berbeda-beda, tapi sumpah pemuda mengajarkan tentang perjuangan dan ikatan. Pertemuan anak bangsa, mengubah arah pemimpin bangsa.

Lahirnya ikatan pemuda, membuat Indonesia lahir sebagai negara merdeka dan berdaulat. 

Semangat pemuda seharusnya menjadi bahan renungan untuk kita sebagai penerus bangsa, mewakilkan anak mudah seluruh Indonesia, rasanya kita tetap terus berjuang dan bersatu melawan berbagai problematika yang ada. 

Bukan hilang tanpa rasa, tapi bertahan ditengah susah dan bahagia adalah bentuk cinta terhadap negara dan bangsa. Bentuk warisan inilah yang harus tetap dipertahankan. 

Bambu runcing memang simbol perlawanan, namun inovasi dan pikiran bentuk lain dari perjuangan, itulah arti sumpah pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, tetap junjung persatuan dan nasionalisme bangsa. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: sejarah nasional