Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Olahraga

Sejarah Bulu Tangkis Indonesia dan Sederet Prestasinya

Bulu tangkis memang menjadi olahraga yang cukup populer, sejak tahun 1934 saja sudah banyak diadakan kejuaraan-kejuaraan di sekitar Bandung.


sejarah bulutangkis di Indonesia

Tampilan lapangan bulutangkis (Foto: ViktorCap/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Prestasi Indonesia di bidang olahraga bulu tangkis tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari zaman Liem Swie King, Susi Susanti, Taufik Hidayat, dan hingga sekarang masih cukup berjaya.

Iklan

Terbukti di Olimpiade Tokyo 2020 kemarin, tim ganda putri Indonesia Aprilia Rahayu dan Greysia Polii berhasil memenangkan medali emas. Tentu sangat menarik untuk dibahas bersama mengenai sejarah bulu tangkis Indonesia.

Indonesia Menjadi Negara yang Cukup Disegani di Ajang Bulu Tangkis Internasional

Pada kejuaraan olahraga bulu tangkis internasional, Indonesia sering bersaing ketat dalam memperebutkan gelar juara dengan beberapa negara besar seperti Korea, Jepang dan China.

Iklan

Dibandingkan cabang olahraga lain, bulu tangkis memang terlihat sederhana karena hanya menggunakan dua alat untuk bermain, yakni shuttlecock dan raket.

Biasanya permainan ini akan dimainkan di dalam ruangan supaya hembusan angin tidak mempengaruhi arah kok.

Iklan

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai sejarang singkat perkembangan bulu tangkis di Indonesia dari masa ke masa berikut dengan prestasi yang pernah diraih.

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

Bulu tangkis pertama kali masuk ke tanah air sekitar tahun 1930-an, bisa dibilang sedikit terlambat dari negara Singapore dan Malaysia yang sudah memainkannya terlebih dahulu.

Itu karena dulunya Inggris yang sempat menjajah kedua negara tetangga itu pernah memperkenalkan olahraga tersebut.

Pada mulanya, Indonesia belum membentuk organisasi khusus yang menaungi bulu tangkis.

Namun pada tahun 1933 muncul Bataviase Badminton League dan Bataviase Badminton Bond yang merupakan perkumpulan bulu tangkis Indonesia pertama. 

Kemudian berdirilah Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di tahun 1951.

Bulu tangkis memang menjadi olahraga yang cukup populer, sejak tahun 1934 saja sudah banyak diadakan kejuaraan-kejuaraan di sekitar Bandung.

Namun setelah PBSI resmi dibentuk, para atlet Indonesia jadi bisa mengikuti pertandingan internasional.  

Hingga saat ini tradisi tersebut masih berjalan. Tidak sedikit dari atlet badminton yang mampu mengepakkan sayapnya dan menorehkan prestasi yang membanggkan Indonesia di ajang Internasional bergengsi seperti Olimpiade, Sea Games, ataupun All England.

Para Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Berprestasi

Indonesia menjadi negara yang cukup sering menjuarai kompetisi bergengsi. Secara keseluruhan, sudah ada puluhan gelar yang berhasil direbut oleh para atlet bulu tangkis tanah air.

Hal ini membuat nama Indonesia semakin disegani dalam ajang internasional. Apakah kamu tidak penasaran dengan nama-nama atlet berprestasi tersebut? Jika ya, mari simak daftarnya di bawah ini.

  1. Liem Swie King

Liem Swie King merupakan atlet bulu tangkis Indonesia yang disebut sebagai legenda perbulutangkisan Tanah Air.

Selama mewakilkan Indonesia di ajang internasional, sudah banyak prestasi yang ia toreh saat aktif  di tahun 1970-an hingga 1890-an. 

Liem Swie King pernah berhasil memenangkan tiga gelar juara All England, yakni di tahun 1978, 1879, dan 1981.

Wajar bila mantan atlet berprestasi ini disebut sebagai legenda Indonesia terbaik sepanjang masa. Bahkan pada Mei 2024, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menganugerahkan gelar Hall of Fame kepada Liem Swie King.

  1. Susi Susanti

Kamu pasti tidak asing dengan nama atlet ini, bukan? Susy Susanti memang terkenal sebagai seorang legenda bulu tangkis Tanah air setelah sukses mencapai puncaknya di ajang Olimpiade Barcelona 1992.

Kehebatannya dalam memainkan olahraga ini tak perlu diragukan lagi karena sudah diakui oleh dunia.

Ia berhasil menjadi atlet Indonesia pertama yang berhasil pulang dengan medali emas di ajang paling bergengsi tersebut.

  1. Rudy Hartono

Rudy Hartono mendapat julukan sebagai seorang “wonderboy” berkat kepiawaiannya dalam mengendalikan permainan.

Kemampuan ini lantas membuatnya meraih 4 gelar untuk Thomas Cup dan juara All England sebanyak 8 kali.

Dengan sederet prestasi yang diraih, tidak heran bila nama Rudy Hartono masuk ke dalam Guiness Book of World Record.

Bukan hanya itu, atlet kebanggan Indonesia ini bahkan pernah menyabet 23 elar juara turnamen dunia berkat kerja kerasnya.

Sangat pantas bila menyebut Rudy Hartono sebagai pebulutangkis terbaik dalam sejarah Indonesia.

  1. Taufik Hidayat

Dalam sejarah prestasi bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Athena 2004, Taufik Hidayat pernah menyumbangkan medali emas.

Ia juga sudah mengumpulkan banyak gelar prestisius, beberapa diantaranya yakni Indonesia Open dengan enam gelar hingga juara dunia.

Selain itu, Taufik Hidayat juga pernah masuk dalam jajaran Fantastic Four tunggal putra dunia bersama Peter Gade, Lee Chong Wei dan Lin Dan.

  1. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir juga berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade Beijing 2008 dengan meraih medali perak dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dengan medali emas.

Wanita yang kerap disapa dengan nama Butet ini sudah bergaul dengan raket sejak berumur 9 tahun. Sayangnya, pada tahun 2019 lalu ia memutuskan untuk mundur sebagai atlet.

Nah, itulah sejarah bulu tangkis Indonesia dan sederet prestasi para atlet tanah air ketika bertanding di ajang internasional.

Mari ucapkan terimakasih kepada para atlet yang sudah berjasa dalam mengharumkan nama bangsa.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: bulu tangkis, kabar olahraga