Ciri-ciri sperma baik dan sehat
Iklan

Hi, Pria Bermasalah! Ini Dia Ciri-Ciri Sperma yang Baik dan Sehat

Ada empat ciri-ciri sperma yang baik dan sehat, yang sebaiknya perlu dipelajari, apalagi kalau Anda punya masalah reproduksi.

Photo of author

Oleh: tmtimes news

Penanggung jawab bagian penulisan warta berita. Menulis dengan cepat, tangkas, hemat dan cerdas.

Kalau Anda dan pasangan sedang mengharapkan kehamilan pertama, satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesehatan reproduksi, termasuk memperhatikan ciri-ciri sperma yang baik dan sehat.

Sperma yang sehat bukan sesuatu yang didapat secara alamiah. Artinya, seorang pria perlu mengusahakan banyak hal sebelum akhirnya mendapatkan anugerah berupa sperma yang sehat dan kuat.

advertisement

Tapi pertanyaannya lagi-lagi: bagaimana ciri-ciri sperma yang sehat?

Ciri-ciri sperma yang baik dan sehat

Dikutip dari Mayo Clinic, sperma yang sehat ditentukan oleh banyak hal:

Struktur spermanya normal

Bentuk sperma yang sehat dan normal ditandai dengan ekornya yang panjang dan kepalanya yang berbentuk oval. Karena itu rumusannya jadi lebih sederhana lagi: semakin banyak sperma normal yang dihasilkan pria, semakin suburlah dia.

Gerakan sperma yang sehat aktif

Masih mengutip Mayo Clinic, gerakan sperma yang membuahi sel telur bakal selalu melewati tiga jalan: serviks, rahim, dan tuba fallopi. Proses perjalanan ini disebut mortilitas. Nah, seorang pria subur ditandai dengan satu ciri: setidaknya 40% dari spermanya bergerak aktif, atau jalannya sperma sesuai dengan arah alamiahnya.

Jumlah sperma jutaan

Ciri-ciri sperma yang sehat ditandai dengan jumlah. Artinya, kalau seorang pria sanggup menghasilkan 15 juta sperma/mm ketika ejakulasi, maka dipastikan bahwa spermanya sehat dan si pria bisa membuahi pasangannya dengan baik.

Warna sperma putih

Warna sperma yang sehat biasanya berwarna putih, atau setidaknya putih keabu-abuan. Nah, kalau warna sperma sampai berubah, artinya ada sesuatu yang tidak beres. Mungkin bukan spermanya yang bermasalah, melainkan kondisi kesehatan si pria yang tidak beres.

Kiat jitu memproduksi sperma yang sehat

Bukan berarti kiamat andai seorang pria tidak sanggup memproduksi sperma yang sehat. Perkara sperma yang sehat sebetulnya dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari diet, penyakit, kebugaran, dan kesehatan seseorang secara umum.

Jadi seandainya Anda mampu menjalankan gaya hidup sehat serta melakukan diet seimbang, bisa dipastikan kesehatan reproduksi pribadi bakal lebih optimal.

Lalu para pria mesti makan apa nih supaya kesehatan reproduksinya optimal?

  • Makan sayur-sayuran dan buah yang kaya dengan anti-oksidan tentu baik. Sebab bisa meningkatkan kesehatan sperma.
  • Menurut Healthline, rajin olahraga boleh jadi akan meningkatkan tingkat hormon testosteron. Sederhananya, semakin tinggi tingkat hormon testosteron seseorang, semakin berkualitas lah spermanya.
  • Berat badan yang sehat dan seimbang jadi satu kunci. Lagi-lagi mengutip Mayo Clinic, indeks massa tubuh yang meningkat justru menurunkan kuantitas sperma dan gerakannya.
  • Melakukan manajemen stress. Jangan sampai merasa stress, sebab kondisi stress justru bisa menurunkan kualitas sperma.
  • Menghindari kemungkinan terkena penyakit menular seksual. Caranya dengan menggunakan kondom dan yang paling penting: setia kepada satu pasangan. Beberapa jenis penyakit menular seksual bisa menyebabkan menurunnya kesehatan sperma.

Pada akhirnya, sehat tidaknya sperma seorang pria harus dipastikan dengan cara memeriksakan diri ke dokter terpercaya. Namun sebelum memeriksakan diri ke dokter, fokus pada komponen kunci kesehatan sperma seperti yang sudah disebut diatas juga tidak salah dilakukan.

advertisement
Berita Terkini:
kereta bogowonto

Kereta Bogowonto menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam 40 menit dari Jakarta Pasar Senen hingga Lempuyangan

advertisement
Artikel Terkait:
semangat kerja
Setelah Gajian, Coba Lakukan Ini Biar Makin Semangat Kerja
jika ingin bahagia
Hanya Perlu Lakukan Ini Jika Ingin Bahagia
lampu menyala
Tidur dengan Lampu Menyala, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?
manfaat essential oil
Manfaat Essential Oil untuk Kesehatan serta Efek Sampingnya
makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat Haid
Wanita Harus Tahu, Inilah Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Haid
Tips mencegah anemia
Tips Mencegah Anemia saat Masa Kehamilan
advertisement
Bagikan artikel ini