Media Sosial

Hi, cari artikel apa?

Otomotif

Toyota New Agya 2020: Kenapa Facelift lagi Sih?

Ketika mengumumkan keberadaan Agya 2020, tadinya kami mengharapkan sesuatu yang lebih dari mobil LCGC besutan Toyota itu.

Toyota Agya 2020 Facelift

Beberapa hari lalu Toyota resmi merilis Agya terbaru. Walau tentu bakal lebih tepat bila kita menyebutnya sebagai penyegaran. Oh ya, terasa rancu juga kalau kita menyebutnya seperti itu. Sebab tak ada mesin baru di Agya terbaru. Jadinya lebih tepat bila kita menyebutnya sebagai mobil yang mendapat penyegaran kecil.

Ketika seorang pengendara mendambakan sebuah mobil perkotaan dengan dimensi yang tidak terlalu besar, dia mungkin akan memilih sebuah hatchback atau city car, atau bahkan sebuah mobil LCGC (Low Cost Green Car) berharga murah yang jago menyalip di kemacetan. Agya jadi satu jawaban yang bisa dipilih untuk kepentingan semacam itu.

Pasar mobil kelas LCGC tampaknya takkan benar-benar sepi. Setidaknya Gaikindo menyuarakan opstimisme itu di tengah tren penjualan LCGC yang bakal tetap tinggi di 2020.

Memangnya berapa sih penjualan Agya selama ini?

Toyota mencatat penjualan sebanyak 25.082 unit Agya sepanjang 2019 silam. Secara keseluruhan, pasar mencatat penjualan mobil tipe LCGC sebanyak 12.083 unit sampai Januari 2020.

Agya 2020: Selisih 500,000 untuk Muka Baru

Agya mendapatkan penyegaran tiga tahun lalu, persisnya pada 2017 silam. Ketika itu mobil tersebut memperoleh penyegaran di bagian muka dan desain bodi mobil yang dibuat semakin compact.

Harganya juga 500.000 lebih mahal dibanding tipe sebelumnya. Penawaran yang bagus untuk sebuah LCGC yang dijual dengan harga di bawah Rp150-juta.

Oh ya, Agya 2020 ini dijual mulai dari harga Rp143.800.000.

Banyak yang bilang: Agya adalah mobilnya anak muda. Karena itu desainnya mesti dibuat supaya benar-benar mencerminkan jiwa anak muda. Tapi rasanya memang tak ada perubahan drastis yang dilakukan Toyota kali ini, untuk Agya-nya mereka itu.

bagian samping Agya 2020
Bagian sampaing Agya 2020. Foto lewat: Toyota Astra official website

Maksud kami begini: mesinnya masih mengusung tiga varian, yakni 1.0L G, 1.2L G, dan 1.2L TRD. Pilihan transmisinya pun masih sama, ada otomatis dan manual. Lalu mesinnya pun masih sama, yakni KR3 Silinder Segaris (untuk varian 1000cc) dan NR4 Silinder Segaris (untuk varian 1200cc).

Dengan standar mesin yang sama, nyaris tak ada perubahan berarti yang bisa kita lihat dari segi kapabilitas mesin, kecuali disematkannya smart key, start/stop engine, dan AC Digital di bagian interiornya, itupun khusus untuk tipe TRD dan 1.2G.

Tapi harus diakui penyegaran yang dilakukan Toyota untuk Agya baru terasa mencolok ketika kita melihat bagian depan mobil yang terlihat galak, dengan penyegaran paling kentara terlihat di bagian bumper depan dan lampu bagian depan yang kini terlihat lebih elegan.

Jujur saja, Agya 2020 kali ini terlihat seperti anak muda dengan gairah yang meluap-luap. Yang sekaligus menyimpan letupan kemarahan.

Toyota Agya 2020 baru.
Bagian depan Toyota Agya 2020. Foto lewat: Toyota Astra official website

Agya 2020: Bukan tawaran buruk

Sebetulnya kami lebih mengharapkan munculnya mobil baru dengan mesin yang lebih baru, yang bisa digeber dengan santai di jalanan perkotaan padat, tanpa melupakan fungsi praktisnya sebagai mobil urban yang irit bahan bakar.

Sungguh, Agya 2020 ini bukanlah tawaran yang buruk. Meski di saat bersamaan kami mengharapkan adanya pembaharuan yang lebih oke dibanding sekadar merombak bagian depan dan belakang mobil, atau menambahkan aksen garis di bagian samping.

Harus diakui selama ini Agya selalu menyenangkan untuk dibawa di dalam kota. Asyik juga kalau diajak keluar kota, asal bukan perjalanan yang jauh banget. Yah, pendek kata, Agya selalu menyenangkan untuk dibawa.

Tapi tentu tidak salah kalau kami mengharapkan mesin yang benar-benar baru untuk Agya, kan?

Baca Juga:

India Bakal Punya Suzuki Jimny 5-Door di Masa Depan

5 Alasan Mazda CX-3 2020 Layak Dipilih Sebagai Crossover Utama untuk Keluarga Muda

iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya

Otomotif

Mercedes-Benz memperkenalkan T-Class, sebuah kendaraan MPV premium yang dirancang di bawah Konsep EQT. Akan resmi mengaspal 2022 mendatang.

Otomotif

Kini kamu bisa menikmati diskon PPnBM untuk beberapa tipe mobil yang lebih kencang dan bermesin diatas 1,500 cc.

Otomotif

Pemerintah memutuskan memperluas cakupan relaksasi PPnBM untuk kendaraan bermotor roda empat. Kini diberikan untuk mobil 2,500cc.

Otomotif

Tanpa sistem penggerak roda yang mumpuni, kita tidak bisa membayangkan sebuah mobil melibas jalanan perkotaan atau pegunungan.

Otomotif

Di Indonesia kita mengenal MPV. Tapi di Amerika Serikat, tipe mobil itu disebut minivan. Kami akan membawa Anda mengenalnya lebih jauh.

Otomotif

Mulai dari Toyota Avanza sampai Daihatsu Rocky, semua jenis mobil tersebut memperoleh manfaat relaksasi PPnBM yang diberikan pemerintah.

Otomotif

Masyarakat Indonesia diminta terlibat secara langsung dalam perkembangan kendaraan listrik roda dua di Indonesia.

Otomotif

Kami memberikan tips bagi bikers supaya tetap aman mengendarai motor di tengah hujan lebat sekalipun.