Media sosial kami

Halo, cari konten apa?

ilustrasi tipe mobil hybrid
ilustrasi tipe mobil hybrid

Otomotif

Mengenal Tipe Mobil Hybrid dan Kelebihannya

Kenalan lebih dekat dengan mobil hybrid, salah satu tipe kendaraan yang tampaknya bakal diproduksi lebih banyak.

the Monkey Times – Maraknya isu pemanasan global yang membuat suhu udara di bumi semakin meningkat.

Hal inilah yang mendorong produsen otomotif menciptakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan seperti mobil hybrid.

Sayangnya, banyak masyarakat Indonesia yang masih enggan beralih dari mobil non-hybrid ke mobil hybrid.

Salah satu penyebabnya yaitu harga mobil hybrid yang terlalu tinggi. Padahal mobil hybrid memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan mobil biasa.

Komponen pada Mobil Hybrid

Sebelum membahas jauh tentang tipe dan kelebihan mobil hybrid, anda juga perlu mengetahui komponen dasar yang terdapat pada mobil hybrid. Mobil ini memiliki tiga komponen utama diantaranya mesin listrik, mesin bensin dan baterai.

Mesin listrik berfungsi sebagai pemberi daya  pada komponen mobil seperti radio, AC, lampu dan lainnya. Mesin yang sama juga bertugas sebagai pemberi daya penggerak roda pada kondisi tertentu.

Di dalam mesin listrik terdapat generator yang mengubah pergerakan roda menjadi energi listrik, untuk kemudian dipakai mengisi baterai. Sedangkan mesin bensin berfungsi sebagai penggerak utama.

Komponen terakhir yaitu baterai, yang bertugas menyimpan daya listrik dari generator listrik dan perputaran roda.

Beberapa Tipe Mobil Hybrid

mobil hybrid adalah
mobil hybrid adalah jenis kendaraan yang menggabungkan fungsi mesin bensin dan mesin elektrik.

Tipe mobil hybrid sendiri ada tiga macam yaitu active hybrid, electric hybrid dan mild hybrid.

Active hybrid merupakan mobil hybrid yang memiliki dua penggerak yaitu mesin listrik yang menggunakan daya dari baterai dan mesin bensin.

Mobil ini menggabungkan beberapa tenaga yang berasal dari motor listrik, memakai mesin bensin, atau perpaduan dari tenaga listrik dan baterai.

Jadi pengemudi bisa mengatur mana mode yang akan dipilih ketika berkendara.

Pengaturan mode bisa dilakukan secara manual maupun otomatis sesuai dengan situasi dan kondisi. Lalu ada active hybrid yang memiliki colokan eksternal dan ada juga yang tidak memilikinya.

Pada mobil ini, mesin listrik dan mesin bensin tidak terhubung secara seri ke transmisi mobil namun terpasang secara paralel.

Oleh sebab itu, mobil hybrid satu ini juga disebut dengan mobil series parallel hybrid atau combined hybrid. Salah satu contoh mobil dengan active hybrid adalah Toyota Prius.

Sedangkan mild hybrid merupakan mobil hybrid yang menggunakan mesin bensin sebagai penggerak utama, komponen lain seperti mesin listrik dan baterai hanya berfungsi sebagai penggerak pada kondisi tertentu.

Ada waktu dimana mobil dapat bergerak tanpa bantuan mesin diesel namun hanya sebentar. Mesin listrik membantu ketika torsi maksimum mesin bensin sudah tidak keluar.

Selain itu, pengisian daya hanya berasal dari energi mesin bensin dan pengereman.

Berbeda lagi dengan electric hybrid yang menggunakan motor listrik dan baterai sebagai penggerak utama. Jadi fungsi mesin bensin yang terdapat pada electric hybrid adalah menyuplai energi listrik ke mesin listrik dan baterai.

Beberapa tipe electric hybrid ada yang dilengkapi dengan colokan untuk mengisi daya, namun ada juga yang tidak dilengkapi dengan colokan melainkan panel surya sebagai suplai energi listrik tambahan. Contoh tipe mobil ini yaitu Mazda 2 RE.

Kelebihan Mobil Hybrid Dibandingkan Mobil Biasa

Mungkin anda masih bertanya-tanya sebenarnya apa keunggulan mobil hybrid dibandingkan mobil non hybrid.

Keunggulan pertama tentu dari segi lingkungan, karena memang mobil ini diciptakan untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan penggunaan bahan bakar pada kendaraan.

Mobil hybrid memakai bahan bakar lebih sedikit dibandingkan mobil biasa, sehingga limbah CO2 yang dihasilkan menjadi berkurang. Dengan demikian, mobil ini juga lebih irit bahan bakar. 

Perpaduan antara mesin listrik dan mesin bensin mampu melengkapi kekurangan pada mobil biasa yang lebih boros bahan bakar.

Saat pengemudi menghidupkan mobil hybrid, maka mesin bensin tidak hidup melainkan yang bekerja adalah baterai baik dari power window, AC hingga audio.

Sedangkan pada saat mobil dijalankan dengan kecepatan rendah, maka yang bertugas sebagai penggerak adalah motor listrik dengan menggunakan energi yang diperoleh dari baterai. 

Dari segi performa, mobil hybrid juga lebih unggul dibandingkan mobil biasa. Mobil hybrid memadukan tenaga dari mesin listrik dan mesin bensin sehingga performanya lebih tinggi, dibandingkan mobil biasa yang hanya mengandalkan mesin bensin saja.

Selain itu, mobil hybrid juga menghasilkan suara mesin yang lebih halus serta minim getaran. Tentu hal ini sangat berguna ketika terjadi kemacetan, karena orang sekitar tidak terganggu dengan suara mobil anda.

Mobil hybrid yang dikenal sebagai mobil ramah lingkungan, ternyata memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil biasa.

Dengan adanya beberapa keunggulan tersebut, anda perlu mempertimbangkan untuk berganti kendaraan dari mobil biasa ke mobil hybrid.

Penggunaan bahan bakar yang lebih minim patut diperhitungkan, apalagi saat ini ketersediaan bahan bakar minyak semakin berkurang.

Jadi bila berminat pergi ke diler, Anda sebaiknya memilih antara tipe active hybrid, mild hybrid atau electric hybrid.

Artikel Menarik Lain

Otomotif

Apakah mobil Anda termasuk yang bermasalah?

Otomotif

Merek itu mulai menambah sarana pendukung kinerja fitur autopilot-nya.

Otomotif

Mercedes-Benz memperkenalkan T-Class, sebuah kendaraan MPV premium yang dirancang di bawah Konsep EQT. Akan resmi mengaspal 2022 mendatang.

Otomotif

Kini kamu bisa menikmati diskon PPnBM untuk beberapa tipe mobil yang lebih kencang dan bermesin diatas 1,500 cc.

Otomotif

Pemerintah memutuskan memperluas cakupan relaksasi PPnBM untuk kendaraan bermotor roda empat. Kini diberikan untuk mobil 2,500cc.

Otomotif

Tanpa sistem penggerak roda yang mumpuni, kita tidak bisa membayangkan sebuah mobil melibas jalanan perkotaan atau pegunungan.

Otomotif

Di Indonesia kita mengenal MPV. Tapi di Amerika Serikat, tipe mobil itu disebut minivan. Kami akan membawa Anda mengenalnya lebih jauh.

Otomotif

Mulai dari Toyota Avanza sampai Daihatsu Rocky, semua jenis mobil tersebut memperoleh manfaat relaksasi PPnBM yang diberikan pemerintah.