Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Reli Dakar 2021: TOYOTA GAZOO Racing menyiapkan 4 Hilux baru

Ajang Reli Dakar 2021 akan dimulai pada 3 Januari 2021 di Arab Saudi. Toyota mengirim Hilux lagi, yang akan dikendarai empat tim.

gazoo-racing-hilux-dakar
Toyota Hilux di ajang Reli Dakar. (Foto: Toyota Gazoo Racing)

the Monkey Times – Reli Dakar 2021 rencananya bakal diselenggarakan pada 3 Januari mendatang di Jeddah, Arab Saudi.

Toyota Gazoo Racing dikabarkan siap berlaga di ajang reli populer sejagat itu.

Pabrikan asal Jepang itu rencananya akan mengirim 4 tim, yang terdiri dari 4 pebalap dan 4 navigator.

Mereka adalah Nasser Al-Attiyah dan navigator Mathieu Baumel. Giniel de Villiers dan navigator Alex Haro.

Selain empat pebalap itu, Toyota juga akan mengirimkan debutan Henk Lategan dan navigator Brett Cummings. Serta Shameer Variawa dan navigator Dennis Murphy.

Keempat tim tersebut akan membalap di Reli Dakar menggunakan pikap Toyota Hilux versi terbaru yang dikembangkan khusus oleh Toyota Gazoo Racing.

Menurut rilis resmi Toyota Global, pikap tersebut dikembangkan di markas Gazoo Racing yang berlokasi di dekat sirkuit Kyalami di kota Johannesburg, Afrika Selatan.

Basis pikap Hilux untuk Reli Dakar 2021 dibangun di atas kendaraan serupa yang diperkenalkan pada 2018. Speknya sendiri disesuaikan untuk keperluan reli, dan terdiri dari mesin tengah, suspensi belakang independen, dan penggerak all-wheel drive.

Toyota agaknya sangat mengandalkan pikap Hilux itu, mengingat mereka kerap melakukan pembaharuan untuk kendaraan tersebut setiap tahun. Hasilnya pun tidak mengecewakan Toyota.

Memakai mobil yang sama, Toyota nangkring di peringkat kedua dan ketiga pada 2018. Kemudian meraih gelar juara pada 2019, dan yang paling mutakhir: menggapai peringkat kedua pada 2020.

Lalu untuk 2021, Toyota mengubah beberapa hal dari Hilux yang akan mereka gunakan di Reli Dakar. Pertama suspensi dan kedua mesin V8. Sementara untuk desain serta elemen geometris tetap dipertahankan sebagaimana adanya.

Sebagai tambahan, Reli Dakar 2021 akan berlangsung di Arab Saudi dengan rute yang sama seperti yang sudah diselenggarakan tahun ini. Namun kabarnya panitia akan menambah rute reli guna memastikan balapan tetap menarik dan kompetitif.

Setelah dimulai pada 3 Januari mendatang, Reli Dakar 2021 di Arab Saudi akan selesai pada 15 Januari.

Sejarah Toyota di Reli Dakar

Dalam sejarah keikutsertaan Toyota di Reli Dakar, perusahaan tersebut sudah berpartisipasi sejak 1979. “Dari 74 kendaraan yang ikut serta di ajang reli tersebut, 13 diantaranya adalah produksi Toyota,” demikian pernyataan yang tertulis di situs resmi Gazoo Racing.

Bagi sebuah perusahaan otomotif seperti Toyota, ajang Reli Dakar menuntut mereka untuk melakukan modifikasi di sejumlah mobil yang tadinya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dan tentu saja modifikasi yang dilakukan terbilang berat, sebab kendaraan yang diikutsertakan dalam ajang seperti reli tentu diharusnya memiliki ketahanan kelas satu.

Dalam konteks Gazoo Racing, tim itu memakai Hilux pada 2012 di ajang Reli Dakar Afrika Selatan. Waktu itu mereka memakai nama Imperial Toyota untuk Hilux versi reli tersebut. Hasilnya di tahun itu mereka menempati posisi ke-3 dan ke-10.

Lalu mereka menempati posisi ke-2 pada 2013, ke-4 pada 2014, ke-2 pada 2015. Pada 2016 Gazoo Racing merengkuh posisi ke-3, ke-5 dan ke-11. Nah, baru pada 2016 nama Toyota Gazoo Racing dipakai untuk menggantikan Imperial Toyota.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Artikel

Otomotif

Volvo memperkenalkan sedan S60 generasi ketiga, yang menantang keberadaan BMW Seri 3 dan Mercedes Benz S-Class.

Sepakbola Inggris

Liverpool mengalami kesialan kala bertandang ke markas Brighton, yang berhasil menahan imbang anak asuhan Jurgen Klopp dengan skor 1-1.

Surat

Surat ini kutujukan untuk pujaan hati. Aku memujamu setiap saat. Sampai-sampai semuanya terasa begitu indah.

Surat

Surat ini kutujukan untuk sosok istimewa. Ayah yang kuingat sebagai seorang sosok pekerja keras yang rela berkorban untuk keluarga.