Media Sosial

Hi, cari artikel apa?

Otomotif

Pembangunan pabrik Renault Indonesia tunggu keputusan Principal

Renault berencana membuka pabrik di Indonesia. Mungkin karena mau bersaing lebih keras dengan merek China dan Jepang.

Renault mau buka pabrik di Indonesia
Foto: tmtimes.id

tmtimes.id – Renault yang operasinya di Indonesia diwakili oleh PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) berencana terlibat lebih dalam dengan pasar otomotif Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan rencana pembangunan pabrik otomotif di Indonesia.

MRI dikabarkan menunggu keputusan principal guna merealisasikan rencana tersebut. Dan bila disetujui, pembangunan pabrik Renault di Indonesia nantinya akan berlangsung di bawah naungan MRI, demikian seperti ditulis kantor berita Antara.

iklan

Saat ini merek asal Perancis, Renault, sudah mengoperasikan jaringan dealer nasional yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Berdasarkan catatan resmi di situs Renault Indonesia, jaringan dealer Renault Indonesia sudah mencakup Bandung, Yogyakarta, BSD, Medan, Surabaya, Cirebon, Solo dan Semarang.

Mengutip Antara kembali, Renault tahun ini menargetkan pembukaan 20 dealer di seluruh Indonesia serta berencana membuka outlet di Kalimantan, sekaligus memperkuat jaringan dealer di Jawa dan Sumatera.

Renault berencana membuka pabrik di Indonesia. Mungkin karena mau bersaing lebih keras dengan merek China dan Jepang.
Renault Megane yang tidak dijual di Indonesia. (Foto: Pexels)

Dalam sejarahnya, Renault sudah ada di Indonesia sejak 2002, meski sulit bersaing dengan mobil-mobil yang diproduksi Jepang dan China.

Data wholesales (penjualan mobil dari pabrik ke dealer) yang dicatat Gaikindo menyebut penjualan mobil Renault per tahun di Indonesia tidak pernah menyentuh lebih dari 1,000 unit.

Masih mengutip Gaikindo, Renault sempat menyentuh angka wholesales terbanyak pada 2017, yakni sejumlah 511 unit. Dan hanya ada 239 unit mobil yang terjual pada 2018.

Di situs resmi Renault Indonesia, tercatat hanya ada tiga model kendaraan yang ditawarkan Renault untuk mengisi pasar otomotif di Indonesia: Triber, KWID Climber dan Koleos.

iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya

Otomotif

Mercedes-Benz memperkenalkan T-Class, sebuah kendaraan MPV premium yang dirancang di bawah Konsep EQT. Akan resmi mengaspal 2022 mendatang.

Otomotif

Kini kamu bisa menikmati diskon PPnBM untuk beberapa tipe mobil yang lebih kencang dan bermesin diatas 1,500 cc.

Hai Indonesia

Bank Indonesia mempublikasikan informasi tentang jumlah uang beredar pada Februari 2021. Hasilnya tetap tinggi walaupun ekonomi sedang dihantam pandemi.

Otomotif

Pemerintah memutuskan memperluas cakupan relaksasi PPnBM untuk kendaraan bermotor roda empat. Kini diberikan untuk mobil 2,500cc.

Otomotif

Tanpa sistem penggerak roda yang mumpuni, kita tidak bisa membayangkan sebuah mobil melibas jalanan perkotaan atau pegunungan.

Hai Indonesia

Prestasi yang tergolong membanggakan, sebab Purwakarta bukan Kabupaten yang dikenal sebagai penghasil padi.

Hai Indonesia

Menurut Mandiri Institute, kunci pemulihan ekonomi ada di kembalinya mobilitas dan kelas menengah atas yang tidak lagi menahan belanja.

Otomotif

Di Indonesia kita mengenal MPV. Tapi di Amerika Serikat, tipe mobil itu disebut minivan. Kami akan membawa Anda mengenalnya lebih jauh.