Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mau Tahu Donk

Yuk Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Jazz RS 2008

Kelebihan dan kekurangan Jazz RS 2008 yang harus kamu diketahui pencinta mobil Honda.

ilustrasi kelebihan dan kekurangan Jazz RS 2008
Honda Jazz RS 2008.

Honda Jazz RS 2008, atau yang lebih dikenal dengan nama Honda Jazz RS GE8, adalah generasi kedua Jazz yang namanya kadung mahsyur di kalangan petrolhead.

Ukuran mahsyur yang saya sebut disini cenderung lebih sederhana. Artinya, harga mobil bekas Jazz masih cukup mahal di pasaran. Dan memang kalau kita rajin periksa harga mobil, Honda Jazz RS 2008 generasi kedua itu masih dibanderol lebih dari Rp100-jutaan.

Iklan

Kelebihan dan Kekurangan Jazz RS 2008

Walau begitu, kami sedikit tidak setuju kalau harga sebuah mobil dijadikan patokan kemahsyuran. Dibutuhkan bukti lain yang bisa jelasin kenapa Jazz RS 2008 pantas mendapat predikat mahsyur.

Jadi pertanyaannya: memangnya apa sih yang Honda Jazz RS 2008 kelihatan istimewa?

Kelebihan Jazz RS 2008

Akun Youtube Carmudi sempat membahas panjang lebar tentang Honda Jazz RS 2008. Berikut beberapa kelebihan Honda Jazz RS 2008 yang membuatnya pantas disebut legenda mahsyur hatchback top kaum urban.

  • Mesin yang dianggap terkuat di kelasnya

Jazz RS GE8 menggunakan mesin berkode L15A dengan kapasitas 1500cc. Ketika digeber di jalanan, Honda menjanjikan hatchback-nya itu sebagai kendaraan yang mampu menghasilkan daya 118HP dan torsi maksimum 145NM.

Jadi ketimbang pesaingnya seperti Yaris, Mazda 2, dan Swift dari generasi yang sama, Honda Jazz RS 2008 masih jauh lebih baik dari segi spek mesin.

  • Eksterior lebih cakep

Ketimbang Jazz generasi yang lebih baru, Honda Jazz RS GE8 memang punya tampang yang lebih cakep. Garis-garis bodinya lebih tajam, dan disaat bersamaan lebih luwes. Singkat cerita, nggak kaku seperti Jazz generasi terbaru yang bentuknya cenderung mengotak.

  • Irit bahan bakar

Siapa rupanya yang bisa membantah fakta satu ini?

Kekurangan Honda Jazz RS 2008

Kekurangan Jazz RS 2008 cuma satu: harganya yang cenderung stabil. Buat orang yang lebih suka mobil kekinian, harga Honda Jazz RS GE8 dianggap masih mahal.

Akan tetapi bagi orang yang demen menjadikan mobil sebagai ladang kecil investasi, RS GE8 kadung dianggap sebagai mutiara – karena toh harga bekasnya masih lumayan tinggi.

Pengalaman pribadi

Kami pernah mencoba mengendarai Honda Jazz RS GE8 dengan transmisi manual dan mendapati mobil satu ini relatif enak dikendarai. Beruntung kami menjajal unit yang kondisinya masih mantap, jadi bagian penting seperti pedal kopling dan tuas transmisi masih terbilang mulus dan enak dikendalikan.

Bahkan pedal koplingnya tergolong ringan. Kami tidak memerlukan tenaga ekstra untuk menginjaknya sedalam mungkin supaya bisa bekerja dengan baik ketika memindahkan tuas transmisi ke posisi yang diinginkan.

Kemudian untuk kendali setir, tampaknya pemilik Jazz RS GE8 yang meminjamkan mobilnya untuk kami melakukan perawatan dengan baik. Hasilnya pengendalian setir terasa halus, dan performanya pun terbilang bertenaga untuk pemakaian harian.

Anda berminat membeli Honda Jazz RS GE8? Jelas hatchback satu ini masih sangat layak dibawa pulang. Jadi kami menyarankan supaya jangan ragu ketika ingin meminangnya. Apalagi generasi kedua Jazz tersebut relatif mudah ditemui di pasaran.

Tapi sebelum membelinya, periksa dulu unit yang ditawarkan penjual mobil bekas. Cari tahu apakah Jazz RS GE8 yang dijual masih dalam kondisi baik, memiliki surat-surat yang lengkap, bebas bekas banjir dan tabrakan.

Anda bisa menyimak artikel dari Panji Mega Kurniantoro berikut ini untuk mencari tahu apakah sebuah kendaraan bebas dari bekas tabrakan atau tidak.

Iklan

Artikel Menarik Lainnya

Iklan