Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Jadwal Baru MotoGP 2020: Tiga Seri Hilang, Satu Balapan Ditambahkan

Malaysia, Argentina, dan Thailand akhirnya dicoret dari daftar penyelenggara MotoGP 2020. Tapi ada gantinya, walau masih misterius.

jadwal baru MotoGP 2020
MotoGP meniadakan Argentina, Malaysia dan Thailand di kalender balap 2020.

tmtimes.id – OR Thailand Grand Prix, the Gran Premio Motul de la Republica Argentina dan Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix resmi dibatalkan oleh pengelola MotoGP. Pengumuman ini disampaikan pada Sabtu (31/07) kemarin.

Sebelumnya pengelola MotoGP hanya menunda GP Argentina, Malaysia, dan Thailand dikarenakan wabah coronavirus. Namun serangkaian peristiwa rumit menyebabkan ketiga negara tersebut dicoret dari daftar penyelenggara MotoGP.

iklan

Walau begitu FIM, IRTA and Dorna Sports mengumumkan penambahan satu tuan rumah balapan di Eropa yang rencananya akan menutup helatan MotoGP 2020. Detilnya akan diumumkan pada 10 Agustus mendatang. Tuan rumah baru itu akan menyelenggarakan balapan setelah the Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana selesai diselenggarakan pada 20-22 November 2020.

Presiden FIM Jorge Viegas menegaskan optimisme yang kuat kendati tiga sirkuit balapan MotoGP dicoret dari kalender. Dia mengatakan FIM beradaptasi setiap hari dan yakin FIM MotoGP World Championship 2020 bisa terselenggara penuh dan kompetitif, demikian pernyataan Viegas seperti dikutip dari laman resmi MotoGP.

pebalap motoGP
Pebalap MotoGP di atas tunggangan andalannya.

Argentina, Malaysia dan Thailand tetap akan masuk di dalam kalender tuan rumah balapan MotoGP tahun depan, kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, dikutip dari laman resmi MotoGP.

Lebih jauh lagi, kesepakatan baru sudah dibuat dan promotor Thai GP sudah mengkonfirmasi keikutsertaan Chang International Circuit di kalender FIM MotoGP World Championship setidaknya sampai 2026. Sirkuit tersebut mulai masuk ke dalam kalender balap MotoGP mulai 2018.

Sementara itu nasib GP Malaysia dan Argentina di 2021 masih dalam tanda tanya. Namun Dorna bersama dengan promotor dari kedua negara dikabarkan sedang membahas kemungkinan tanggal penyelenggaraan MotoGP 2021 di kedua arena balap tersebut.

Ada rencana yang menyebut MotoGP Argentina akan diselenggarakan di sirkuit the Autodromo Termas de Rio Hondo. Sedangkan Malaysia akan menyelenggarakannya di Sepang International Ciruit.

Dalam sejarah MotoGP, sirkuit the Autodromo Termas de Rio Hondo pertama kali bergabung di kalender balap MotoGP pada 2014. Sejak itu Argentina jadi bagian dari kerumunan negara yang juga tercatat pernah menyelenggarakan MotoGP di Amerika Latin, seperti Paraguay, Bolivia, Kolombia, Peru, Chile, Brazil, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, Sepang International Circuit berusia lebih tua ketimbang saudara di Argentina. Sirkuit tersebut menyelenggarakan MotoGP pertama kali pada 1999.

Sumber: MotoGp | Konten dari Roda Cerita

iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya