Media sosial kami

Halo, cari konten apa?

bikers-di-tengah-hujan
bikers-di-tengah-hujan
Ilustrasi pengendara motor di tengah hujan. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Otomotif

Biar Tetap Nyaman, Begini Cara Riding aman di Musim Hujan

Kami memberikan tips bagi bikers supaya tetap aman mengendarai motor di tengah hujan lebat sekalipun.

the Monkey Times – Musim hujan sepertinya belum mencapai puncaknya, namun kita sehari-hari sudah disuguhi pemandangan hujan terus-menerus.

Dalam kondisi seperti itu, penting bagi kita untuk tetap menerapkan safety riding di tengah hujan. Dan keamanan berkendara jadi jauh lebih penting bagi bikers, alias bagi pengendara motor.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan perlengkapan safety riding, yang sebaiknya tidak meninggalkan aspek kenyamanan dan keamanan berkendara motor.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan seorang bikers ketika membawa motornya melaju di tengah hujan?

  1. Menyiapkan sarung tas anti air

Berkendara dengan motor di tengah hujan menuntut seorang pengendara untuk melindungi seluruh barang bawaan, termasuk misalnya tas yang disandang.

Karena itu Anda sebaiknya menyiapkan sarung tas anti air untuk melindungi tas yang dibawa ketika berkendara. Akan lebih baik lagi bila Anda sudah memiliki tas anti air. Jadi Anda tidak perlu membeli sarung tas tambahan.

  1. Memakai sarung tangan

Walau kecil bentuknya, namun fungsi sarung tangan cukup krusial bagi bikers. Pilihlah sarung tangan full cover yang menutupi seluruh bagian telapak tangan.

Kami menyarankan Anda untuk membeli sarung tangan berbahan kulit yang kedap air. Atau setidaknya pilihlah sarung tangan dengan bahan lain, namun tahan air.

Dengan memilih sarung tangan anti-air, Anda akan tetap nyaman ketika harus menarik tuas gas di sepanjang perjalanan. Lagipula, sarung tangan anti-air biasanya juga mampu mencegah selip ketika Anda menarik tuas gas.

  1. Membungkus alas kaki dengan sarung sepatu

Sarung sepatu khusus diperlukan supaya sepatu Anda tetap memiliki daya cengkeram yang baik, bahkan di kondisi hujan lebat sekali pun.

Baca Juga:  Sedan Mewah Volvo S60 Generasi 3 Berdiri menantang Mercy dan BMW

Lalu, pilihlah sarung sepatu yang pas dengan ukuran kaki dan sepatu yang Anda pakai.

Namun bila Anda ingin opsi yang lebih tidak merepotkan, belilah sepatu khusus bikers yang memiliki fitur anti-air.

  1. Semprotkan cairan anti embun pada kaca helm

Embun di kaca helm tentu berbahaya bagi pengendara motor, sebab pandangan Anda terhalang rona-rona air yang menempel di bagian tersebut.

Solusinya, belilah cairan anti embun dan semportkan cairan tersebut di atas permukaan kaca helm.

  1. Memakai jas hujan yang tepat

Tepat disini maksudnya: pilihlah jas hujan dengan setelah bagian atas dan bawah yang terpisah. Dengan begitu Anda akan lebih nyaman ketika berkendara, sekaligus merasa aman dari resiko tersangkutnya jas hujan di jeruji roda motor.

Lalu sebaiknya Anda memilih jas hujan dengan warna cerah, agar pandangan pengendara lain di belakang Anda tidak tersamarkan oleh kondisi lingkungan sekitar yang gelap.

Kalaupun Anda sudah memiliki jas hujan berwarna gelap, pasanglah stiker reflektif yang warnanya terang, agar Anda senantiasa aman.

Setelah memastikan semuanya aman, siapkanlah surat-surat berkendara dan jangan lupa untuk menjaga kondisi fisik dengan baik sebelum mulai berkendara.

Jangan lupa patuhi rambu lalu lintas. Dan yang lebih penting: sebaiknya Anda tetap berada di rumah dan tidak memaksakan diri keluar di saat hujan lebat.

Kalaupun terpaksa pergi keluar, pastikan diri selalu aman dan nyaman ketika mengendarai motor kesayangan.

Artikel Menarik Lain

Otomotif

Apakah mobil Anda termasuk yang bermasalah?

Otomotif

Merek itu mulai menambah sarana pendukung kinerja fitur autopilot-nya.

Otomotif

Mercedes-Benz memperkenalkan T-Class, sebuah kendaraan MPV premium yang dirancang di bawah Konsep EQT. Akan resmi mengaspal 2022 mendatang.

Otomotif

Kini kamu bisa menikmati diskon PPnBM untuk beberapa tipe mobil yang lebih kencang dan bermesin diatas 1,500 cc.

Otomotif

Pemerintah memutuskan memperluas cakupan relaksasi PPnBM untuk kendaraan bermotor roda empat. Kini diberikan untuk mobil 2,500cc.

Otomotif

Tanpa sistem penggerak roda yang mumpuni, kita tidak bisa membayangkan sebuah mobil melibas jalanan perkotaan atau pegunungan.

Otomotif

Di Indonesia kita mengenal MPV. Tapi di Amerika Serikat, tipe mobil itu disebut minivan. Kami akan membawa Anda mengenalnya lebih jauh.

Otomotif

Mulai dari Toyota Avanza sampai Daihatsu Rocky, semua jenis mobil tersebut memperoleh manfaat relaksasi PPnBM yang diberikan pemerintah.