Penulis: Dandun Kusuma

Mengenal Richard Trevithick, Bapak Penemu Kereta Api Uap Pertama di Dunia

Pada tahun 1804, di Penydarren Ironwork di Wales, Trevithick membangun lokomotif uap pertama yang berjalan di sepanjang lintasan.

the Monkey Times – Kereta api yang sering kita naiki saat ini merupakan sebuah karya dari beberapa tokoh penemu kereta api, yaitu orang – orang sarjana Insinyur teknik yang berada di Great Britain atau Inggris Raya pada akhir abad 18 dan permulaan abad 19. 

Dalam kesejarahan Kereta Api di Dunia, sebuah peran perjalanan rel dimulai dari industri pertambangan untuk mengangkut hasil pertambangan rel kayu untuk gerobak sudah sejak tahun 1550 yang dikembangkan di Jerman. 

Wagonways dibuat untuk memberikan fasilitas pengangkutan bak barang. Jalur rel kayu yang disebut juga jalur kereta api adalah awal dari perkembangan transportasi kereta api modern. 

Alhasil memudahkan jalan kereta kuda atau gerobak untuk bergerak di sepanjang jalan tanah yang tentunya bergelombang dan berlubang sesuai dengan keadaan topografi masing – masing wilayah. 

Sebuah perkembangan teknologi ini sangatlah penting bagi kehidupan kita selanjutnya dan pada akhir 1700-an jalur kayu ini digantikan oleh jalur besi saat gerbong berevolusi menjadi “jalur trem” sehingga menjadi populer di seluruh Eropa waktu itu.

Mesin Uap 

Sebelum Insinyur teknik mekanik James Watt asal Skotlandia mengoptimalkan mesin uap, jauh sebelumnya ahli geometri Yunani, ahli matematik dan teknik yang menyumbang banyak tentang pengetahuan untuk anak cucu Yunani-Romawi, Babilonia, dan Mesir Kuno. 

Seorang Pahlawan pengetahuan besar, Heron dari Alexandria sekitar tahun 62 AD. Menjelaskan secara rinci apa yang dianggap mesin uap. 

Heron menyebutnya Aeolipile atau “bola angin”. Ia mendesain kuali air tertutup yang ditempatkan di atas sumber panas bara api.

Saat air mendidih, uap naik ke pipa dan ke dalam bola yang berongga. Uap keluar dari dua tabung outlet yang bengkok pada bola, kemudian membuahkan hasil rotasi bola.

Heron tidak menganggap penemuan aeolipile nya ini dapat berguna untuk aplikasi sehari – hari namun merupakan hal baru, mainan yang luar biasa.

Pada tahun 1712 AD, mesin uap dikembangakan oleh Thomas Newcomen yang mendesain mesin uap sebagai tenaga penggerak, hal tersebut menjadi cikal bakal penambahan fungsi mesin uap sebagai motor mesin uap milik James Watt. 

Pada tahun 1764 AD, James Watt memulai menyelidiki hal – hal yang berkaitan dengan hasil karya Newcomen, sehingga tahun 1769 James Watt menemukan kelemahan – kelemahan yang kemudian menjadi daya kekuatannya untuk membuat mesin uap yang bisa lebih optimal dan tidak mengalami pemborosan energi, di tahun itu pula ia mendapatkan hak paten atas mesin uapnya yang lebih efisien.

Perkembangan penemuan – penemuan yang dipelopori oleh James Watt mengalami perubahan peradaban secara besar – besaran.

Tahun 1772, banyak industri – industri pada saat itu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cepat dan besar.

Seperti halnya industri tekstil, kertas dan lain sebagainya. Begitu pun juga dengan sebuah penciptaan kereta api dan pesawat terbang tak lepas dari hasil karya James Watt yang dibantu oleh insinyur dari Inggris yang bernama Matthew Boulton.

Jaringan Rel Kereta Api 

Pembuatan jaringan rel kereta api yang diinisiasi oleh George Stephenson lahir di Wylam, dekat antara Newcastle juga Tyne sebuah tempat dimana terdapat banyak lahan batu baru dan banyak jalur trem kereta wagonways digunakan untuk mengangkut batubara dari tambang batu sampai ke dermaga kayu tepian sungai, dimana batu bara kemudian dikirim ke London.

Kombinasi pencapaian George Stephenson di bidang teknik sipil dan mesin secara langsung mempengaruhi banyak infrastruktur perkeretaapian kita.

Ia memprediksi jaringan rel secara Nasional, berjalan pada pengukuran standar dengan gradien minimal.

Rute yang ia bangun dan ia rancang melalui survei dan observasi panjang masih digunakan sampai sekarang.

Untuk karya embrio inilah ia dikenal sebagai bapak perkeretaapian. Dengan keberhasilan membuat jalur kereta Liverpool – Manchester ia kemudian banyak terlibat dalam proyek kereta api selama tahun 1830-an, selain Liverpool – Manchester juga menghubungkan ke Birmingham dan Leeds.

Richard Trevithick dan Lokomotif Kereta Api Uap Pertama di Dunia

Putra kebangsaan Inggris yang lahir pada tahun 1771 AD di illogan, Cornwall, merupakan insinyur dan penemu mesin Inggris yang berhasil memanfaatkan uap bertekanan tinggi dan membangun lokomotif kereta api uap pertama di Dunia pada tahun 1803 – 1804 AD.

Pada tahun 1804, di Penydarren Ironwork di Wales, Trevithick membangun lokomotif uap pertama yang berjalan di sepanjang lintasan.

Dengan menarik lima mobil yang memuat 10 ton besi dan 70 pekerja besi sejauh sekitar 9 mil, dan melaju dalam kecepatan sekitar 5 mil / jam.

Namun, dalam percobaan pembuatan tersebut muatan terlalu berat sehingga merusak rel dan membuat berhenti selama 3 kali percobaan perjalanan.

Empat tahun setelahnya 1808 AD, membuat lokomotif serupa dengan sebutan “Catch – me – who – can”. Mengangkut penumpang dalam lingkaran di sekitar Torrington Square di London. 

Pada tahun 1805 dan tahun 1806 AD Trevithick mencoba mengadaptasikan mesinnya untuk menggerakkan pabrik penggilingan besi dan menggerakkan kapal keruk uap pertama di Dunia.

Serta di tahun 1812 AD juga mengadaptasikan mesin uap sebagai mesin perontok di sebuah peternakan.

Mesin – mesin yang dihasilkan oleh Richard Trevithick dan rekan – rekannya para insinyur lokal untuk kebutuhan industri tidak akan berhasil tanpa perbaikan – perbaikan yang dilakukan oleh mereka.

Mulai tahun 1811 AD ia mengalami berbagai kegagalan bisnis yang ia jalani, karena ia merupakan sosok orang yang berkarakter pemarah, serta impulsif tergesa – gesa dalam bertindak dan kurang dalam hal berbisnis, sehingga banyak mitra yang tidak percaya dengan dirinya.

Berbeda dengan George Stephenson yang atas hasil karya penemuannya dia hidup kaya, sedangkan Trevithick meninggal dalam kemiskinan pada tahun 1833 AD setelah dia menghabiskan banyak petualangan ke Amerika Selatan kemudian pulang ke Inggris tahun 1827 AD tanpa uang sepeser pun, tetapi penemuannya dan karyanya tanpa keraguan tetap hidup dan banyak dimanfaatkan oleh orang banyak sampai saat ini, ia merupakan sosok sentral dalam pertumbuhan Industri.

Zaman Keemasan Kereta Api Uap

Masa keemasan Kereta Api berada di Amerika Serikat, orang – orang Amerika telah menggunakan kereta api sejak tahun 1820 – an.

Memang sebagian besar lokomotif awal di Amerika di impor dari Inggris Raya, namun mereka merespon dengan cepat dan membentuk pabrik – pabrik manufaktur lokomotifnya mereka sendiri.

Produksi lokomotif di Amerika Serikat dimulai pada awal awal tahun 1830-an. Kereta api telah menjadi modal alat transportasi terpenting bagi manusia selama periode Zaman Keemasan yang berkisar di tahun 1820-an hingga 1920-an,

kereta api sangatlah berguna untuk kepentingan transportasi umum sebelum adanya pesawat terbang.

Di awal abad 20 banyaknya bermunculan pembuatan Industri kereta api yang menggunakan tenaga diesel yang dirancang pertama kali oleh William Dent Priestman tahun 1894 AD.

Tahun 1906 AD selanjutnya lokomotif bertenaga diesel dibuat oleh Rudolf Diesel, Adolf Klose dan Gebruder Sulzer.

Sumber :

  1. https://www.britannica.com/biography/Richard-Trevithick
  2. https://www.history.com/this-day-in-history/richard-trevithick-introduces-his-puffing-devil
  3. https://internasional.kompas.com/read/2021/04/02/160007070/sejarah-kereta-api-di-dunia-penemu-dan-perkembangannya?page=all
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/George_Stephenson
  5. https://www.networkrail.co.uk/who-we-are/our-history/eminent-engineers/george-stephenson-1781-1848/