Rekomendasi Helm Motor Trail Beserta Harganya

Helm trail yang direkomendasikan kebanyakan adalah buatan dalam negeri.


Helm motor trail

Tampilan orang berkendara (Foto:Free for Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times– Apakah kamu penyuka motor cross (trail)? Jika benar, berarti kamu wajib tahu dan memiliki helm motor trail yang cocok untuk digunakan ketika berkendara.

Seperti yang kamu ketahui, helm itu memiliki fungsi melindungi bagian terpenting di tubuh, yakni kepala agar ketika terjadi kecelakaan dan terbentur, dapat meminimalisir cedera.

Tidak hanya itu saja, helm juga salah satu komponen berkendara yang wajib dikenakan oleh semua pengendara motor untuk menghindari tilangan polisi.

Bila kamu ingin membelinya, harga helm motor trail cukup terjangkau dengan tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Rekomendasi Helm Motor Trail Beserta Harga

Helm trail yang direkomendasikan kebanyakan adalah buatan dalam negeri, seperti MDS, GM,NHK, KYT dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa helm dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau :

Helm Trail KYT

Pilihan pertama jatuh pada KYT dengan type Cross Over. Helm ini memiliki keistimewaan karena telah berlisensi DOT dan SNI.

Ventilasinya berjumlah 6 (enam), hal ini akan membuat kepala tidak gerah (kepanasan) serta menjadi lebih sejuk walau digunakan siang hari.

Selain itu pada helm ini juga telah dilengkapi dengan Double D Ring pada bagian tali pengikatnya.

Untuk kenyamanannya sendiri, busa di bagian pipi dapat kamu lepas ketika ingin dibersihkan. Lalu, helm KYT ini memiliki warna yang beragam dari polos sampai bercorak.

Harganya sendiri bervariasi, mulai dari 470 ribu-an sampai dengan 550 ribu-an. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Helm Trail MDS

Jika helm Trail keluaran MDS ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan helm lainnya, yaitu jika yang lain tidak memiliki visor dan menggunakan google sebagai penggantinya, maka helm ini menambahkan kaca di bagian depan serta kaca tambahan berwarna gelap.

Tentunya hal ini lebih nyaman digunakan untuk harian, walau ketika digunakan offroad akan terkesan tidak keren.

Tapi yang terpenting dari semuanya adalah keamanan dan kenyamanan dari pengguna. Untuk harga, helm ini terbilang lebih terjangkau karena dibanderol mulai dari 400 ribu-an.

Helm Trail GM

Jika helm trail lain memiliki ciri khas sempit bila digunakan, tidak begitu pada GM Super.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Organic Store Jakarta yang Siap Menyediakan Layanan Daring

Pada bagian sisi helm ini dilapisi karet dan mempunyai dimensi lebih besar dibandingkan helm trail lainnya. Untuk speksifikasi lain, tentunya banyak kesamaannya.

Helm GM memiliki banyak pilihan warna, dari yang polos hingga bercorak warna-warni.

Tali pengikatnya menggunakan micromatic strap, mudah untuk dipasang dan dilepas. Selain itu helm ini juga telah mengantongi lisensi DOT juga SNI. Ventilasi berjumlah 6 (enam) dan busa di pipi bisa dilepas.

Harga dari helm GM berkisar di angka 450 ribu sampai dengan 500 ribu-an.

Helm Trail Cargloss

helm trail satu ini memiliki desain yang proporsional antara moncong dan peak, sehingga akan enak dipandang. Mempunyai banyak pilihan warna, kamu bisa memilih warna sesuai keinginanmu,

Helm ini dibuat dengan material yang bernama ABS serta sudah berlisensi SNI. Untuk fiturnya, helm Cargloss telah dilengkapi dengan 4 (empat) ventilasi serta menggunakan Double D Ring, jadi tidak perlu khawatir tentang keamanan juga keselamatan.

Harga helm Cargloss mungkin adalah yang termurah dari yang lainnya, karena dibanderol mulai dari 300 ribu sampai dengan 350 ribu-an.

Kelebihan dan Kekurangan Helm Motor Trail

Sesuai dengan namanya, helm trail memiliki fungsi sebagai pelindung kepala dan banyak digunakan oleh pengendara motor trail.

Walau belakangan helm jenis ini mulai populer untuk motor lainnya. Jika dilihat dari bentuknya, memang seperti helm full face pada umumnya.

Namun, helm trail tidak memiliki visor. Sebagai pengganti untuk melindungi area mata, digunakanlah kacamata goggle. Memiliki desain bagian depan memang dibuat agak panjang dan tentunya tetap aman digunakan.

  1. Kelebihan helm trail
  • Lebih lega atau mudah bernapas.
  • Perlindungannya jauh lebih optimal.
  • Lebih nyaman ketika digunakan untuk off road.
  • Bagian depan memiliki desain seperti topi, ini membuat pengendara lebih nyaman karena sinar matahari dapat terhalang.
  • Tentunya pengguna helm trail akan terlihat lebih keren, membuatnya jadi pusat perhatian.
  1. Kekurangan helm trail
  • Didesain lebih sempit untuk digunakan dibanding dengan helm yang full face.
  • Menggunakan helm trail akan membuat pengguna merasa bising, apalagi ketika ngebut.
  • Akan kurang nyaman ketika hujan, karena helm trail tidak memiliki visor atau pelindung wajah. Jadi, ketika hujan deras wajah akan basah dan sakit karena menahan hantaman air.
  • Bagi kamu yang punya hobi balapan, tidak disarankan menggunakan helm trail. Soalnya helm jenis ini memang tidak dirancang untuk balapan. Jadi kalau kamu nekat yang ada lehermu akan tertarik kebelakang, karena bagian topi pasti tertiup angin.
Baca Juga:  6 Rekomendasi Wireless Gaming Mouse Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Itulah tadi beberapa rekomendasi helm motor trail beserta dengan harganya dan juga kelebihan dan kekurangannya yang wajib kamu ketahui. Kebanyakan helm jenis ini diproduksi di dalam negeri alias buatan lokal.

Tentu saja telah lulus uji dan memiliki logo DOT (department of transport) dan SNI (standar nasional indonesia). Ingat untuk tidak membeli helm bila tidak ada kedua tanda tersebut. 

Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan belanja

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru